Helo Indonesia

Latih Daya Nalar Kritis, Mahasiswa Magister Hukum USM KKL ke MK

Kamis, 4 Juli 2024 18:56
    Bagikan  
Latih Daya Nalar Kritis, Mahasiswa Magister Hukum USM KKL ke MK

KKL: Mahasiswa Magister Hukum USM berfoto bersama saat Kuliah Kerja Lapangan di Mahkamah Konstitusi. Foto: Dok

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Mahkamah Konstitusi yang diatur dalam Undang undang Nomor 24 Tahun 2003; Tentang Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga yang berkedudukan sebagai lembaga tinggi negara, sejajar dengan MPR, DPR,  DPD, Presiden, BPK dan MA. Mahkamah Konstitusi juga sebagai salah satu pelaksana kekuasaan kehakiman, disamping Mahkamah Agung.

Hal ini disampaikan Dr Nalom Kurniawan SH MH Peneliti dan Asisten Ahli Hakim Agung Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, saat menerima mahasiswa Magister Hukum Universitas Semarang (USM) yang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan di Mahkamah Konstitusi, baru baru ini.

Nalom mengatakan, MK merupakan lembaga tinggi dalam sistem ketatanegaraan di suatu negara bersama dengan MA.

Lembaga ini memegang kekuasaan kehakiman, MK berhak mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk beberapa hal yaitu menguji UU terhadap UUD.

Sengketa

''Selain itu juga memutus sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh Undang-undang Dasar, memutus pembubaran partai politik, dan memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum,'' ujarnya.

Direktur Pascasarjana Universitas Semarang, Dr Indarto SE MSi mewakili Rektor USM Dr Supari Priambodo ST MT didampingi Kaprodi S2 Magister Hukum USM Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA S Sos SH MM MH mengucapkan terima kasih karena MK telah menerima KKL Mahsiswa S2 MH USM di Aula MK RI dengan sangat baik dan ramah.

Kaprodi Magister Hukum Universitas Semarang, Dr Drs H Kukuh Sudarmanto BA S Sos SH MM MH mengatakan, Kuliah Kerja Lapangan ini dimaksudkan untuk melatih daya nalar kritis dan logis seorang kandidat Magister Hukum ketika usai menerima teori di bangku kuliah selama tiga smester dari para profesor dan doktor Hukum serta dosen yang berkompeten di bidangnya. Latih Daya Nalar Kritis, Mahasiswa Magister Hukum USM KKL ke MK

''Kami berharap, setelah diwisuda sebagai Magister Hukum nanti, mereka menjadi kader pemimpin di Negara Indonesia yang kapabel, berintegritas, santun dan berdedikasi tinggi pada bangsa dan negara,'' katanya.

Menurutnya, Kuliah Kerja Lapangan di Mahkamah Konstitusi RI ini sangat penting , karena mahasiswa MH USM bisa langsung melihat, mendengar, mencocokkan data dan informasi yang selama ini diperoleh dari media, para narasumber, opini maupun berita berita  yang cukup gaduh dan menimbulkan atensi masyarakat. (ADE)