Helo Indonesia

Disdikbud Pesawaran Larang Sekolah Study Tour Keluar Kota

Sabtu, 18 Mei 2024 19:58
    Bagikan  
Disdikbud Pesawaran Larang Sekolah Study Tour Keluar Kota

Kepala Disdikbud Kabupaten Pesawaran Anca Martha Utama/Foto: Ist

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran, menghimbau kepada seluruh sekolah yang ada di kabupaten setempat untuk tidak melakukan study tour keluar kota.

Kepala Disdikbud Pesawaran Anca Martha Utama mengatakan, pihaknya akan menyebarkan surat edaran terkait larangan kegiatan perpisahan yang mengajak siswa study tour keluar kota.

"Kalau kita melihat kejadian yang terjadi, memang benar itu musibah, namun kita mengantisipasinya untuk tidak melakukan kegiatan tersebut, dengan begitu bisa meminimalisir resiko, atau hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Anca, Sabtu (18/5/2024).

Menurutnya, sekolah-sekolah dapat melakukan kegiatan perpisahan dengan hal-hal yang bermanfaat, ataupun yang dapat menunjukan kemampuan anak murid dengan melaksanakan pentas seni.

"Selama ini kan, memang sudah jarang sekolah yang menggelar Pensi, karena banyak yang mengadakan study tour ke luar kota. Makanya kami minta sekolah untuk lebih menonjolkan kemampuan murid, apa itu tarian, teater atau pun lainnya," ujarnya.

Namun, pihaknya tidak melarang sekolah yang sudah melakukan MoU pada pihak travel, jauh sebelum adanya surat edaran dari Disdikbud Kabupaten Pesawaran.

"Saya minta, kalau memang harus pergi study tour pihak sekolah dapat memastikan kendaraan yang digunakan tersebut layak jalan jauh, dan mereka juga harus meminta surat pernyataan dari wali murid terkait izin," jelasnya.

Sementara itu, Ketua MKKS Pesawaran Suher mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan kepada masing-masing Kepala Sekolah yang ada di Bumi Andan Jejama.

"Kalau saya, minta kepada para Kepala Sekolah agar menggelar kegiatan perpisahan itu di dalam provinsi saja, atau melakukan kegiatan di areal sekolah, pentas seni misalnya, ataupun kegiatan yang lain," pungkasnya. (Rama)