Helo Indonesia

Jokowi Batal Tinjau Jalan Provinsi Bak Kubangan Kerbau Hari Ini

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 3 Mei 2023 08:21
    Bagikan  
Presiden Jokowi, Gubernur Arinal saat meninjau, dan perataan jalan rusak yang hendak dikunjungi pres
Presiden Jokowi, Gubernur Arinal saat meninjau, da

Presiden Jokowi, Gubernur Arinal saat meninjau, dan perataan jalan rusak yang hendak dikunjungi pres - (Foto Kompilasi Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Presiden Jokowi dikabarkan batal meninjau jalan provinsi bak "kubangan kerbau" yang viral di Seputih Banyak - Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, hari ini, Rabu (3/5/2023). Sebelum ke lokasi, Pemprov Lampung meratakan jalan yang akan dilalui Jokowi.

Informasi yang diperoleh Helo Indonesia Lampung, Selasa malam (2/5/2023), Kepala Negara memundurkan kunjungannya ke Lampung karena akan ke lebih dulu ke Provinsi Bengkulu dan Labuhan Bajo, NTT, Manggarai Barat, Povinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Namun, Rabu pagi ini (3/5/2023), Presiden Jokowi juga membatalkan kunjungannya ke Provinsi Bengkulu. Di Bengkulu Utara, dia juga akan meninjau infrastruktur. Di NTT, Presiden Jokowi dalam rangka kesiapan KTT ke-42 ASEAN (9-1/5/2023).

Dikonfirmasi Helo Indonesia Lampung ke Wasekjen DPP Bara JP Relly Reagen yang selalu hadir setiap Jokowi datang ke Lampung membenarkan batalnya kedatangan Presiden Jokowi ke Lampung hari ini.

"Informasinya, Pak Jokowi datangnya besok (Kamis, 4/5/2023)," katanya. Dia juga tak bisa memastikan apakah pasti besok atau lusa (Jumat, 5/5/2023).

Sebelum meninjau lokasi jalan provinsi bak "kubangan kerbau", Gubernur Lampung Arinal Djunaidi telah lebih dulu melihat lokasi rencana kunjungan naik helikopter, Senin (1/5/2023).

Alat berat juga diturunkan meratakan jalan rusak yang sempat viral akhir-akhir ini jelang kedatangan Presiden Jokowi ke Seputih Banyak - Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Pemantauan Kepala Biro Helo Indonesia untuk Kabupaten Lampung Tengah, Zen Sunarto, sejak Senin (1/5/2023), alat berat telah bekerja meratakan ruas jalan yang telah menghebohkan jagat tanah air.

Hingga hari ini, Selasa (2/5/2023), alat berat masih bekerja meratakan jalan yang sempat viral bak kubangan kerbau. Dengan alat-alat tersebut, pekerjaan meratakan jalan lebih cepat, sekali jalan.

Perbaikan ruas jalan tersebut memang sudah masuk APBD Provinsi 2023. Namun, sebelumnya, Pemkab Lampung Tengah belum tahu kepastian kapan waktu perbaikanya alasannya masih proses tender.

Bulan Maret lalu, Sabtu (4/3/2023), Kepala Bappeda Lampung Tengah Rusmadi mengatakan pemerintah sudah ancang-ancang perbaikan ruas jalan Rumbia dan bisa dipastikan selesai tahun ini.

Namun, untuk waktu pengerjaannya masih belum pasti, sebab bulan Maret masih dalam proses open tender ruas jalan provinsi Kotagajah - Seputih Raman - Seputih Banyak - Rumbia - Seputih Surabaya - Gaya Baru, katanya.

Sempat pula dikatakannya, proses perbaikan ruas jalan tersebut akan merata. Sebab, dengan alasan anggaran minim, skema proses perbaikan jalan tersebut nantinya akan selektif, beberapa titik perbaikan.

"Perbaikannya nanti selektif, tidak rata semua diperbaiki, hanya titik yang kerusakannya rusak parah saja yang diperbaiki," katanya.

Selain itu, dirinya juga tidak bisa memastikan ancang-ancang perbaikan akan dimulai bulan berapa. Sebab, dirinya belum menerima informasi jumlah titik yang akan diperbaiki, serta estimasi waktu pengerjaan perbaikan jalan yang hanya dipilih yang rusak parah itu.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, meninjau ruas Jalan Rumbia Lampung Tengah, Senin (1/5/2023). Kunjungan Gubernur ke lokasi jalan rusak Kotagajah, Simpang Randu dan Sadewa Seputih Banyak jelang kunjungan Presiden Jokowi yang direncanakan Rabu (3/5/2023).

Dalam kunjungan itu gubernur didampingi Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika, Danrem, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dan Kapolres Lampung Tengah AKBP. Doffi Fahlevi Sanjaya, Sekda Lampung Tengah, ketua OPD terkait.

Rencana, sebelum meninjau jalan rusak ke Lampung Tengah, Presiden Joko Widodo akan memberikan bantuan dan pembagian sembako di Pasar Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Kemudian di Lampung Tengah Presiden Joko Widodo akan neninjau ruas jalan di beberapa titik dan salah satunya Ruas Jalan Seputih Banyak - Rumbia yang selama Puluhan tahun menjadi Keluhan Masyarakat. (HBM)