Helo Indonesia

Tingkatkan Produksi dan Produktivitas Hewan Ternak, Disnakeswan Gelar Sekolah Lapangan

Rabu, 21 Februari 2024 22:23
    Bagikan  
Tingkatkan Produksi dan Produktivitas Hewan Ternak, Disnakeswan Gelar Sekolah Lapangan

Saat memberikan Materi (Foto Rohman/Helo Indonesia Lampung)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM--Guna meningkatkan produksi dan produktivitas terhadap hewan ternak, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mengadakan sekolah lapang perbibitan hewan ternak ruminansia (sapi dan kambing).

Kegiatan itu berlangsung di Tiyuh (Desa) Totokaton, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Tubaba, Selasa (20/02/2024).

"Tujuan sekolah lapang perbibitan hewan ternak ruminansia ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak melalui perbibitan yang baik sebagai upaya dalam meningkatkan produksi dan produktivitas," kata Kepala Disnakeswan, melalui Kepala Bidang Perbibitan dan Produksi Ternak, Devita.

Lanjut dia, kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah guna memberikan pemahaman dan keterampilan kepada peternak khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Tubaba.

"Sekolah lapang perbibitan ini diisi dengan kegiatan pemaparan materi oleh dua narasumber, praktek pembuatan pakan, dan diskusi yang diikuti oleh 50 peserta," jelasnya.

Adapun narasumber yang mengisi dalam kegiatan ini yaitu, Gilang Setia Aji Wulandaru .dari SMKN 1 TBT, dengan materi pakan ternak ruminansia dan pembuatan Complete Feed, dan
Heri Yusmargana dari SMKN 1 Pekalongan, Lampung Timur/ Direktur Utama PT. Arta Agro Makmur, dengan materinya yakni Budidaya Ternak Ruminansia (pemilihan bibit dan manajemen kandang).

"Saya berharap melalui sekolah lapang perbibitan ini para peternak dapat menerapkan pedoman pembibitan ternak yang baik, serta dapat menerapkan teknologi pakan dengan memanfaatkan sumberdaya pakan yang ada di Kabupaten Tubaba,"imbuhnya (Rohman).