Helo Indonesia

Petani Padi di Desa Wonosari Mesuji Terancam Gagal Panen Akibat Banjir

Rabu, 17 Januari 2024 18:21
    Bagikan  
Petani Padi di Desa Wonosari Mesuji Terancam Gagal Panen Akibat Banjir

Kondisi sawah milik petani/foto Aan helo

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -

Akibat curah hujan sangat deras ratusan hektare sawah milik petani di Desa Wonosari Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji terendam banjir petani di pastikan terancam gagal panen. Rabu 17/01/24.

Bukan hanya di Desa Wono Sari Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji di beberapa wilayah persawahan yang ada di Kabupaten Mesuji juga ikut terendam banjir mengakibatkan padi yang baru ditanam terendam banjir .

Suparno (48) warga RK. 03 RT. 10 desa Wonosari terlihat cemas dengan kondisi tanaman padinya yang terancam busuk akibat terendam banjir.

“Saya sangat cemas sekali dengan kondisi air yang seperti ini, jika banjir di lahan persawahan kami tidak surut maka padi yang baru saya tanam akan membusuk dan nengakibatkan gagal panen"ungkap Suparno.

"Apa lagi modal untuk tanam padi saya dapat dari pinjaman di bank, gak tau bagaimana nantinya, apakah bisa di bayar atau tidak"ucap Suparno

Ketua Gabungan Kelompok Tani Sari Makmur Desa Wonosari Sugito saat ditemui wartawan mengatakan saat ini mulai musim tanam tetapi setelah beberapa hari diguyur hujan tanaman padi yang baru ditanam tenggelam air di musim penghujan.

Saya berharap kepada Dinas terkait untuk dilakukan normalisasi saluran air di areal persawahan di desa kami agar untuk kedepan padi yang kita tanam terhindar dari banjir”ucap Sugito.

“ada sekitar kurang lebih 500 hektare Persawahan milik petani yang saat ini terdampak banjir dan terancam gagal panen akibat batang padi yang membusuk" tutupnya.( Aan.S)