Helo Indonesia

Kebakaran Gunung Lawu Semakin Meluas Mengarah ke Sendang Panguripan Cemoro Sewu, Petugas Damkar Siaga di Bawah

Jumat, 20 Oktober 2023 08:12
    Bagikan  
KEBAKARAN LAWU
istimewa

KEBAKARAN LAWU - Kondisi kebakaran Gunung Lawu yang mengarah ke Selatan Lawu hingga jalur pendakian Cemoro Sewu dilihat dari kawasan Telaga Sarangan.

HELOINDONESIA.COM - Kebakaran hutan Gunung Lawu terus meluas hingga di jalur pendakian via Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan hingga Kamis (19/10/2023) malam.

Sementara Pemkab Magetan ini mengerahkan tiga unik mobil pemadam kebakaran (Damkar) dengan belasan personel bersiaga di Bascame, jalur Pendakian Cemoro Sewu, Desa Ngancar Plaosan, Magetan, Jumat (20/10/2023) sejak 00.05 WIB.

Menurut informasi kebakaran kawasan Gunung Lawu itu, kembali terjadi sejak Senin (16/10/2023) sore.

Baca juga: Lagi Kebakaran Hutan Gunung Lawu Bagian Utara, Masuk Wilayah Kabupaten Ngawi dan Karanganyar

Awalnya titik api kebaran muncul di jalur pendakian, tepatnya di pos 4 dan pos 5 pendakian Cemoro Sewu pada sore dan malam 19:00 WIB secara visual titik api semakin terlihat dari kawasan Telaga Sarangan.

Kawasan yang terpakar itu terpantau masuk wilayah RPH Sarangan petak 73B, wilayah administrasi Desa Getarsanyar, Kecamatan Sidorejo.

Selanjutnya api menjalar hingga petak 73A Bedagung, Desa Sidomulyo, Sidorejo Kabupaten Magetan.

Baca juga: Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Welirang dan Arjuno Terus Meluas, Membutuhkan Relawan Berpartisipasi

Kapolres Magetan AKBP Muhammad Ridwan kepada wartawan di Magetan mengungkapkan para relawan, BPBD, TNI Polri sudah melakukan antisipasi agar tidak meluas, dengan membuat ilaran (penyekatan hutan) mengatasi kebakaran.

Menurut Kapolres petugas juga membuat posko penangan kebakaran hutan di Kantor Kelurahan Sarangan, Plaosan wilayah Kabupaten Magetan.

Selain itu sejumlah mobil damkar dan unit mobil rescue dan truk suply juga sudah disiagakan dan mobil suply air milik PMI Magetan di kawasan Pos1 Cemoro Sewu.

Baca juga: Luasan Wilayah Kebakaran Gunung Lawu Mencapai 1.990 hektar, Belum Ada Laporan Satwa Liar Turun Gunung

Kabid Damkar Satpoll PP dan Damkar Magetan Ali Sukamto menjelaskan di Mako Damkar masih ada 5 unit mobil dan petugas pikit untuk stand by.

Dilaporkan hingga Kamis (19/10/2023) malam api sudah mencapai ke kawasan Petak 73 RPH Sarangan BKPH Lawu Selatan KPH Lawu mengarah ke Sedang Panguripan di gawah Pos 1 Jalur Pendakian Cemoro Sewu.

Baca juga: Kebakaran Puncak Gunung Lawu! Alhamdulillah Warung Mbok Yem Selamat, Tiga Warung Puncak Hargo Dalem Ludes Terbakar

Sejumlaj petugas dan warga akhirnya turun demi keamanan, hingga saat ini petugas melakukan pemantauan di Pos Lapangan Penangan Kebakaran hutan Gunung Lawu di basecam jalur pendakian Cemoro Sewu. **