Helo Indonesia

Popnas 2023: Atletik Jateng Pagi Ini Tambah Dua Emas, Taekwondo Perbaiki Prestasi

Ajie - Olahraga
Jumat, 1 September 2023 10:32
    Bagikan  
Popnas 2023: Atletik Jateng Pagi Ini Tambah Dua Emas, Taekwondo Perbaiki Prestasi

Dua sprinter Jateng Hanscelindo dan Muhammad Akbar yang meraih emas dan perak 100 meter putri Popnas saat naik podium, serta Latifa Sekar dan Nurlita yang merebut emas dan perak tolak peluru

PALEMBANG, HELOINDONESIA.COM - Pelempar cakram putra Adi Firmansyah dan petolak peluru putri Jawa Tengah Latifa Sekar Maheswari mempersembahkan medali emas cabang atletik di arena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI 2023 di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Jumat pagi 1 September 2023.

tolak peluru

Jateng juga menambah satu perak atas nama Nurlita Diyan (tolak peluru), satu perunggu atas nama Adi Cahyo (lompat tinggi putra).
Atlet asal Kota Salatiga Adi Firmansyah menggaet emas usai melempar cakram sejauh 45.61 meter. Medali perak dan perunggu milik Aidil Yoga (NTB/43.63 meter), dan I Ketut Parel (Bali/42.12 meter).

Baca juga: Menuju Bonus Demografi, Ganjar Dorong Indonesia Kirim Tenaga Kerja Trampil ke Luar Negeri

Sedangkan Latifa berjaya di tolak peluru putri dengan tolakan sejauh 11.29 meter, disusul Nurlita (Jateng/11.99 meter), dan Yurmi Eka Putri (Sumbar/11.76 meter).

Sehari sebelumnya, Kamis (31/8), dua sprinter Jateng masing-masing Hanscelindo Vicky A dan Muhammad Akbar Jabalu meraih medali emas dan perak di nomor bergengsi 100 meter putra.

Selain emas dan perak dari nomor 100 meter putra, Jateng juga menambah medali perak dan perunggu atas nama Adelia Lola (lompat jauh putri), dan Meita Aura Pramesti (lempar cakram putri).

Hingga pagi tadi posisi Jateng masih di urutan keempat klasemen sementara dengan 16 emas, 23 perak, dan 18 perunggu. Posisi teratas ditempati DKI Jakarta dengan 49 emas, 27 perak, 25 perunggu, disusul Jatim (32-28-25) dan Jabar (28-21-33).

Tambahan emas yang direngkuh Jateng, selain dari atletik disumbangkan atlet taekwondo Ariqfallah Rasyid Indrayana (U 59 Kg Putra), karateka Salwa Alya Ersatama (Kumite kelas - 48 Kg Putri) dan atlet panahan Irfan Ginting Prabowo (eliminasi individual divisi compound putra).

Baca juga: Musyawarah Terakhir, Akhirnya Warga Wadas Setujui Pembebasan Lahan

Pencapaian Jateng di nomor 100 meter putra membanggakan karena bisa menyabet emas dan perak. Sprinter Jateng Hanscelindo menjadi manusia tercepat di arena Popnas usai merebut emas dengan catatan waktu 11.01 detik, disusul rekan sedaerahnya Muhammad Akbar yang meraih perak (11.15), sedangkan perunggu milik Mahdi Halim (Jatim/11.22).

Pada nomor lompat jauh Jateng Adelia Lola harus puas dengan mendapatkan perak dengan lompatan sejauh 5.84 meter. Emas dan perunggu didapat Katyea Ebri (Kalbar/5.84 meter) dan Najla Natalia (Jabar/5.23 meter).

Memburu Emas

Hingga pelaksanaan hari ketiga atletik hari ini, Jateng berhasil mengumpulkan 5 medali emas, 3 perak 2 perunggu. Pelatih atletik Jojon Siswanto bersyukur dan bangga karena target atletik yaitu 3 emas di Popnas sudah terlewati.

''Meskipun target terlampaui, kami masih memburu emas untuk nomor 200 meter dan estafet,'' katanya.
Sementara itu, dengan tambahan satu emas kemarin, taekwondo secara total mengumpulkan 2 emas, 1 perak, 3 perunggu. Capaian itu jauh lebih baik dibanding Popnas 2019 yang waktu itu cabang taekwondo meraih 2 perak, dan 3 perunggu.

''Kami mengapresiasi perjuangan anak-anak, dan berterima kasih kepada semua pihak yang memberikan support terhadap taekwondo di Popnas ini,'' tandas Pelatih Aulia Meythia Hapsari.

Pada Jumat (1/9) hari ini, Jateng berharap pundi-pundi emas, diantaranya dari cabang atletik, wushu, sepak takraw, dan panahan. (Aji)