Helo Indonesia

Declan Rice Bungkam Kritik Roy Keane, Arsenal Tundukkan Manchester City di Community Shield

Winoto Anung - Olahraga
Senin, 7 Agustus 2023 11:36
    Bagikan  
Arsenal
Arsenal.com

Arsenal - Arsenal mengangkat trofi kemenangan setelah mengalahkan Manchester City lewat adu penalti, Minggu. (foto: arsenal.com)

HELOINDONESIA.COM - Arsenal menundukkan Manchester City melalui adu penalti untuk memenangkan gelar Community Shield kelima mereka selama dekade terakhir. Ini sekaligus ajang pembuktian dan debut pemain baru Declan Rice di Arsenal.

Kiprah debut Declan Rice dengan kemenangan Arsenal ini sekaligus membungkam kritik Roy Keane yang sebelumnya menyebut pemain itu tak layak dibeli The Gunners dengan harga mahal.

Pada laga ini, The Sky Blues ataun Man City membuka skor melalui Cole Palmer, tetapi gol pemarin Arsenal Leandro Trossard di pada babak kedua perpanjangan, menit 101, sukses membuat Arsenal menyakakan kedudukan hingga mengirim permainan ke adu penalti.

Secara umum Manchester City mendominasi bola di babak pertama tetapi berjuang untuk menciptakan peluang berkualitas.

Baca juga: Kejutan Apalagi yang Bakal Dibuat Persik Kediri Menghadapi Lawannya yang Juga Belum Pernah Dikalahkan ini

The Gunners yang menurunkan rekrutan baru lainnya musim panas,  Kai Havertz dan Gabriel Martinelli, masing-masing menyia-nyiakan  peluang bagus sebelum tanda setengah jam.

Pemain internasional Jerman itu menyia-nyiakan peluang gol kedua tepat sebelum jeda, ketika ia digagalkan oleh Stefan Ortega.

Saat pertandingan langsung dua kali babak tambahan tak ada pemenang, maka menuju adu penalty. Di sana, tembakan Kevin de Bruyne membentur mistar gawang dan Rodri gagal menaklukkan Ramsdale.

Baca juga: Cak Imin Bacapres Ganjar, Partai Gerindra Ditinggal PKB, Prabowo: Gus, Jangan ke Mana-mana Gus...

Arsenal tidak ada kegagalan dari titik penalti, dengan Martin Odegaard, Trossard, Saka dan Fabio Vieira masing-masing mencetak satu gol untuk membantu The Gunners meraih Community Shield.

Kemenangan ini menjadi ajang pembuktian pemain Tengah rekrutan baru Arsenal, Declan Rice. Ia sekaligus memenangkan trofi pertama Arsenal. Dia menjawab kritikan keras dari Roy Keane, mantan pemain MU yang kini jadi komentator.

Memang, sebelum pertandingan, semua perhatian tertuju pada tiga pemain Arsenal yang datang musim panas saat Rice, Kai Havertz dan Jurrien Timber menjalani debut kompetitif mereka.

Baca juga: Misteri Pelukis Radin Inten II dan Penghianatan Perjuangannya

Declan Rice yang jadi sorotan utama. Itu tak terlepas dari kritikan Roy Keane tersebut. "Dia jelas akan dikelilingi oleh pemain yang lebih baik, tuntutan yang berbeda," kata Keane kepada ITV.

"Mereka (Arsenal) jelas telah membayar terlalu banyak untuknya. Dia jelas tidak bernilai lebih dari £100 juta! Kita akan mengetahui dalam satu atau dua tahun ke depan seberapa bagus Declan,” tandas Roy Keane.

Declan Rice sendiri, menurut media The Sun, menampilkan performa yang bagus selama pertandingan dan menunjukkan tanda-tanda mengapa The Gunners membayar begitu banyak untuknya.

Baca juga: 6 Khasiat Biji Durian untuk Kesehatan Pria, Tingkatkan Kesuburan Hingga Bikin si Joni Tambah Perkasa

Ada saat-saat di mana dia bisa sedikit lebih baik dalam penguasaan bola, tetapi dia memenangkan bola kembali pada beberapa kesempatan dan memastikan ada keuletan dalam tekelnya - sesuatu yang tidak dimiliki Arsenal musim lalu.

Usai pertandingan, Declan Rice mengatakan, dia begitu bersemangat untuk laga bersama tim barunya ini, Arsenal. Dia mengaku sangat Bahagia.

 "Saya bersemangat, inilah yang saya visikan ketika saya bergabung. City memberi kami apa yang kami harapkan, tetapi saya bersemangat, sangat Bahagia,” ujarnya.

Baca juga: Dramatis, Aleix Espargaro Juara MotoGP Inggris Usai Salip Bagnaia di Tikungan Terakhir

Dia lantas memberikan kunci kemenangan Arsenal atas Machester City pada ajang Community Shield kali ini. Laga Community Shield adalah pertemuan antar juara kompetisi Liga Inggris (Premier Leage) dan pemegang Piala FA musim lalu. Digelar menjelang kompetisi tahunan berikutnya dimulai.

“Anda harus memiliki kesabaran melawan mereka, Anda harus memiliki permainan mini dalam pertandingan melawan mereka seperti yang dikatakan manajer kepada kami sebelumnya,” ujar Rice.

"Untuk menang hari ini, pertama saya untuk klub. Saya merasa saya telah banyak berkembang dalam tiga minggu terakhir. Ada banyak informasi yang harus diambil dari apa yang diinginkan manajer. Saya ingin belajar dan terus berkembang. Saya Saya yakin kami bisa meraih apa pun musim ini - kami hanya perlu tetap fokus," tandas Declan Rice. (*)

(Winoto Anung)