Helo Indonesia

Siwo PWI Jateng Gandeng Sukun Gelar Kejuaraan Tenis Meja Antarmedia 2024

Ajie - Olahraga
Selasa, 16 Januari 2024 15:04
    Bagikan  
Siwo PWI Jateng Gandeng Sukun Gelar Kejuaraan Tenis Meja Antarmedia 2024

Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian dan Sekretaris Perusahaan PT Sukun, Deka Hendratmanto

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Seksi wartawan olahraga (Siwo) PWI Jawa Tengah bekerja sama dengan PT Sukun Wartono Indonesia menyelenggarakan Kejuaraan Tenis Meja Perseorangan Antarmedia bertajuk "Media Table Tennis Championship 2024" di Sukun Sport Center, Kudus, Sabtu 3 Februari 2024 mendatang.

Sejak pendaftaran dibuka pada 6 Januari 2024 lalu, saat ini tercatat sudah 20-an pendaftar yang siap bertanding dalam kejuaraan berhadiah total Rp 18 juta tersebut. Mereka adalah wartawan aktif dari berbagai media cetak, online, dan elektronik yang tersebar di Jateng. Bahkan, Plt Kepala RRI Semarang Hanifahridads dijadwalkan turut meramaikan event ini.

Baca juga: Pengelola Gencar Branding MAJT lewat Inovasi untuk Jaga Nuansa Keunggulan

Ketua Siwo PWI Jateng Erwin Ardian menyampaikan apresiasi atas tingginya antusiasme peserta dalam kejuaraan tenis meja antarmedia. Dia berharap hingga penutupan tanggal 26 Januari 2024 nanti, peserta sudah memenuhi target minimal 30 orang.

Dijelaskan dia, turnamen ini digelar bertujuan sebagai sarana menjaring para atlet yang akan diterjunkan pada ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2024 di Kalsel, Agustus mendatang, sekaligus mangayubagya Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

''Event ini juga bermanfaat guna menciptakan kebugaran dan silaturahmi antarwartawan. Kita harus ingat ungkapan Latin, Mens sana in corpore sano, bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,'' kata Erwin dalam keterangannya Selasa 16 Januari 2024.

Baca juga: Kemenparekraf Dukung Peresmian Komunitas Relawan Aeroscue Raksa Dirgantara

Diakuinya, selain bulutangkis dan tenis lapangan, cabang tenis meja menjadi cabang favorit di kontingen Jateng. Jateng pernah meraih era keemasan ketika menjadi juara umum tenis meja di Porwanas IX-2007 di Samarinda, dengan menggondol tiga emas, dan satu perunggu.

Lolos Verifikasi

Menurut dia, persyaratan peserta adalah pemegang KTP wilayah Jateng, wartawan aktif di media Jateng (dibuktikan dengan ID Card media atau surat keterangan dari media untuk wartawan magang/wartawan kontrak/calon wartawan) serta lolos verifikasi panitia.

Kejuaraan mengggelar nomor Tunggal Putra (Men’s Single) dimana jumlah peserta tiap media tidak dibatasi, serta Ganda Putra (Men’s Double) di mana media diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu tim, dan setiap tim dibatasi maksimal dua pemain.

Baca juga: Panglima TNI Salurkan 1.000 Paket Sembako Untuk Korban Gempa Sumedang

Sedangkan Sistem Pertandingan semua peserta akan menjalani pertandingan dengan sistem knock out untuk menentukan juara, semua pertandingan akan digelar dengan sistem best of five games.

Untuk hadiah juara I tunggal perseorangan menerima uang pembinaan Rp 3 juta, runner up Rp 1,5 juta dan semifinalis Rp 750 ribu. Sedangkan ganda perseorangan juara I Rp 6 juta, runner up Rp 3 juta, dan semifinalis Rp 1,5 juta.

Peserta digratiskan dalam pendaftaran. Menurut Ketua Panitia Lomba Yuliono, temu teknik akan dilaksanakan pada Sabtu, 27 Januari 2024, pukul 13.00 di Gedung Pers Jateng, Jalan Tri Lomba Juang No. 10 Kota Semarang. Untuk keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Yuliono (Hp 081225490521).

Pencarian Bakat

Di bagian lain Corporate Secretary PT Sukun, Deka Hendratmanto menjelaskan, pihaknya untuk kali pertama berkolaborasi dengan Siwo PWI Jateng dalam menggelar event tenis meja untuk menyambut dan memperingati HPN.

''Pemilihan cabang olahraga ini sesuai dengan kegiatan pembinaan olahraga tersebut di lingkungan perusahaan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun,'' tandasnya.

Baca juga: Capaian SPBE Kabupaten Purbalingga Tempati Peringkat 6 Se-Jawa Tengah

Dijelaskan Deka, perusahaan berharap, kerja sama ini bisa berlangsung rutin setiap tahun dan menjadi program tetap Siwo PWI Jateng dan PT Sukun dalam meramaikan peringatan HPN khususnya di wilayah Jateng. Dan dari event ini, korporasi juga ingin wartawan terpacu dan terpicu untuk lebih mendalami olahraga tenis meja.

’’Event ini juga bisa menjadi salah satu ajang pencarian bakat bagi teman-teman Siwo PWI Jateng untuk mempersiapkan atlet wartawan pada Porwanas. Selamat bertanding, dan semoga sukses,'' tambahnya. (Aji)