Helo Indonesia

Kelelahan, Tim Sepakbola Siwo PWI Jateng Kalah 1-5 dari Pemuda United

Rabu, 25 Oktober 2023 16:36
    Bagikan  
Kelelahan, Tim Sepakbola Siwo PWI Jateng Kalah 1-5 dari  Pemuda United

Pemain Siwo PWI Jateng Wahyu Wijayanto saat menguasai bola dalam laga happy game melawan Pemuda United

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Sepak Bola Siwo PWI Jateng harus mengakui keunggulan Pemuda United Kodim 0733 Kota Semarang dengan skor 1-5 di Stadion Balasuga, Semarang, Selasa 25 Oktober 2023.

Selain faktor kelelahan fisik, kekalahan PWI Jateng juga dikaitkan dengan keputusan wasit yang dianggap kontroversial.
Gol kemenangan Pemuda United dicetak Aklis dan Sulaiman lewat titik penalti menit ke-25 dan 50, Arief Rahman Hakim (ARH) menit ke-88 , Rochman Cas menit ke-100, dan Anton menit ke-105.

Baca juga: Rekam Jejak Madura United vs Singo Edan yang Loyo Menjadi Laga Berat untuk Keluar dari Zona Degradasi

Adapun gol tunggal Siwo PWI dicetak Iwan Cahyo menit ke-15.

Pertandingan happy game itu berlangsung cukup seru dan imbang. Sejak peluit babak pertama dibunyikan wasit Bimo, kedua tim terlihat saling melancarkan serangan dengan memanfaatkan lebar lapangan.

PWI dengan komposisi pemain terbaiknya yakni kiper Dany Dumbo, belakang Eko K, Ferry, Amir, dan Widodo. Tengah Gunawan, Lander, David, dan Wisnu. Depan Iwan Cahyo dan Yoyok Mardijo cukup merepotkan barisan pertahanan Pemuda yang dipersiapkan untuk Turnamen Balasuga Cup I U-40.

Striker PWI Iwan Cahyo berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat tendangan keras setelah mendapat umpan true-pass dari Gunawan di menit ke- 15.

Selang 10 menit kemudian terjadi benturan kepala antara pemain belakang PWI Fery dan striker Pemuda di kotak penalti PWI. Wasit Bimo meniup peluit. Namun, yang terjadi peluit tersebut bukan untuk menghentikan pertandingan, tapi wasit menilai ada sebuah pelanggaran terhadap Arief oleh salah satu pemain belakang PWI.

Baca juga: PSIS Semarang Tak Ingin Anggap Remeh Persija Jakarta

Wasit menunjuk titik penalti. Pemain PWI bingung dan melayangkan protes ke wasit. Namun, wasit tetap pada pendirian dan eksekusi penalti diselesaikan dengan baik oleh Aklis.

Mendekati menit akhir, Iwan Cahyo hampir saja menambah gol, sayang tendangan dari luar kotak penalti hanya mengenai mistar gawang yang dijaga Anwar.

Sampai akhir babak pertama, kedudukan masih imbang 1-1.

Paruh babak kedua PWI mengganti seluruh pemain dengan tenaga baru kiper Koh Pri, barisan belakang Afri, Widodo, Wawan, dan Yusuf. Sektor tengah Anggit, Ian Firhanusa January, Wahyu dan duet striker diisi Hery B dan Yusuf. Pemuda United yang bermarkas di Kodim 0733 Kota Semarang juga merombak pemainnya.

Permainan kedua tim usai turun minum tak kalah sengitnya.

Serangan silih berganti, membahayakan gawang kedua belah tim. Faktor pengalaman menjadikan Agus Saleh dkk unggul di lapangan tengah. Pemuda beberapa kali memberikan tekanan dengan membom barder gawang Koh Pri. Namun, serangan tersebut berhasil diredam barisan pertahanan PWI yang dikoordinasi  Afri. PWI membalas melalui serangan balik dengan memanfaatkan kecepatan pemain depannya.

Kebobolan

Menit ke-55 tendangan keras second striker Pemuda United mengenai tangan Wawan di area terlarang yang berujung penalti. Pemuda menambah satu gol lagi.

Baca juga: Hasil Liga Champions: Kalahkan Galatasaray di Kandang, Bayern Munchen Kokoh Puncaki Klasemen Grup A

\Kekuatan PWI sedikit melemah dengan cederanya Wahyu dan harus ditandu ke luar lapangan di menit ke-95. Pertahanan PWI pun selama 15 menit mudah ditembus oleh Pemuda. Dampaknya, gawang PWI secara beruntun kebobolan dua gol melalui kaki Kasyadi dan Anton.

Sampai wasit meniup peluit panjang kedudukan tidak berubah skor 5-1 untuk kemenangan Pemuda United.
Koordinator Sepak Bola Siwo PWI Jateng Gunawan Wibisono mengungkapkan, apapun keputusan wasit harus dihormati. Karena laga ini, sebagai ajang friendly game. Jadi, kalah menang adalah hal biasa.

"Terima kasih kami sampaikan kepada Dan ARH karena memfasilitasi happy game ini. Semoga jalinan silaturahmi terus berlanjut, dan bisa menjadi mitra yang baik dengan PWI khususnya sepak bola," paparnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda United yang juga Danramil Semarang Barat Mayor Inf Arief Rahman Hakim memuji permainan PWI dan berharap hubungan yang sudah berlangsung selama ini, semakin terjalin dengan baik.

“Pokoknya PWI mantap, saya salut. Kita cari waktu untuk revans. Terima kasih teman- teman PWI, semoga hubungan kita semakin kompak dan erat," tandas ARH. (Aji)