Helo Indonesia

Idu Adha Momentum Merawat Toleransi dan Kebinekaan di Tanah Air

Aris Mohpian Pumuka - Nasional
Senin, 17 Juni 2024 12:28
    Bagikan  
Idul Adha
Ist

Idul Adha - Kapolri mengatakan perayaan Idul Adha sebagai momentum merawat toleransi dan Kebinekaan.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan, hari raya Idul Adha 1445 H merupakan momentum pengingat untuk mewujudkan toleransi yang harus terus digaungkan.

"Pada hakikatnya,  Hari Raya Idul Adha menjadi momentum dalam memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim AS bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail AS sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT," kata Listyo Sigit kepada wartawan, pada Senin (17/6/2024) di Jakarta. 

Kapolri juga mengajak bersama-sama masyarakat, memperingati Hari Raya kurban dengan semangat toleransi dan persatuan kesatuan untuk menjaga utuhnya kebhinekaan. 

Ia pun tak lupa mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1445 Hijriyah kepada umat Islam yang merayakan. “Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

Baca juga: Jokowi Solat Idul Adha di Semarang, Mbak Ita: Jadi Penyemangat Masyarakat

Kadiv Humas Polri Sandi Nugroho menyatakan, jajarannya telah memberikan hewan kurban sebanyak 8.583 ekor. Terdiri atas 5.209 ekor sapi dan 3.374 ekor kambing.

Hewan kurban itu sebanyak 611 sapi dan 17 kambing, merupakan hasil upaya yang dikumpulkan oleh Satker Mabes Polri. Kemudian, di jajaran Polda sebanyak 4.598 sapi dan 3.357 kambing.

“Untuk pendistribusian hewan qurban PJU Mabes diarahkan ke Komplek Polri, Asrama Polri, Ponpes dan Yayasan Yatim Piatu, Mako Polres. Serta Polsek se-Jabodetabek,” ujar Sandi. 

Jajaran pejabat utama (PJU) Mabes Polri pun melakukan salat Idul Adha di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Khutbah Idul Adha pun diisi oleh Wakil Rektor III Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Ali Munhanif.

Baca juga: Pengobatan Massal dan Bantuan Sosial Alumni AKABRI 94 : Wujud Pengabdian 30 Tahun