Helo Indonesia

10 Cara Atasi Masuk Angin dengan Bahan Alami yang Mudah Didapat!

Restiyan Ningsih - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 18 Juni 2024 22:33
    Bagikan  
Jahe
freepik

Jahe - Mengatasi masuk angin dengan Bahan Alami

HELOINDONESIA.COM - Masuk angin adalah kondisi umum yang sering menyerang saat musim pancaroba atau cuaca dingin. Gejalanya seperti bersin, pilek, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, batuk, pegal linu, dan badan terasa lemah.

Meskipun bukan penyakit serius, masuk angin dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Untungnya, ada banyak cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masuk angin, lho!

Berikut beberapa bahan alami yang mudah didapat dan efektif untuk meredakan gejala masuk angin:

Baca juga: Pola Makan Bisa Berdampak pada Kesehatan Mental, Ini Pandangan Ahli

1. Jahe

Jahe terkenal dengan sifat anti-inflamasi dan antivirusnya yang dapat membantu meredakan peradangan dan melawan infeksi virus penyebab masuk angin. Anda bisa minum air rebusan jahe hangat dengan madu, atau mengunyah permen jahe.

2. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Minumlah teh hangat dengan madu, atau tambahkan madu ke dalam air putih hangat.

3. Air Lemon Hangat

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Minumlah air lemon hangat dengan madu untuk meredakan gejala masuk angin.

Baca juga: Viral! Pasangan Muda Diduga Mesum di Parkiran Mall Bandung

4. Sup Ayam

Sup ayam hangat kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu meredakan peradangan dan hidung tersumbat. Sup ayam juga membantu menghidrasi tubuh dan memberikan energi.

5. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang kuat. Anda bisa mencampurkan bawang putih ke dalam masakan, atau mengunyah siung bawang putih mentah (jika Anda tahan dengan rasanya).

6. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting untuk membantu tubuh melawan infeksi. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam.

7. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup membantu menghidrasi tubuh dan mengeluarkan racun dari tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

Baca juga: Viral! Pasangan Muda Diduga Mesum di Parkiran Mall Bandung

8. Hindari Makanan Berminyak dan Berlemak

Makanan berminyak dan berlemak dapat memperlambat proses pemulihan. Sebaiknya konsumsi makanan yang mudah dicerna dan kaya akan vitamin dan mineral.

9. Hindari Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol dapat memperburuk gejala masuk angin. Hindari konsumsi kafein dan alkohol selama Anda sedang sakit.

10. Hirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat dapat membantu mengencerkan dahak dan melegakan hidung tersumbat. Anda bisa menggunakan diffuser dengan minyak esensial seperti peppermint atau eucalyptus, atau hirup air panas dari baskom.

Ingatlah bahwa jika gejala masuk angin Anda tidak membaik dalam beberapa hari atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter.

Semoga tips ini membantu!