Helo Indonesia

Dijamin Efektif, Cara Membuat Perut Sixpack pada Wanita

Ratu Mandiri - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 8 Maret 2024 12:04
    Bagikan  

Olahraga -

HELOINDONESIA.COM - Cara membuat perut sixpack atau berotot sering kali dianggap sulit bagi sebagian besar orang. Tak hanya para pria yang mengidamkan perut sixpack, banyak perempuan datang ke pusat kebugaran untuk mendapatkan perut sixpack. Namun bagi perempuan, untuk mendapatkan bagian perut yang ramping bukanlah hal yang mudah. 

Cara membentuk sixpack wanita

Ada beberapa cara yang perlu dilakukan untuk membentuk sixpack wanita. Beberapa cara tersebut, antara lain:

1. Awali mengonsumsi makanan sehat

Cara membuat perut sixpack untuk perempuan yang pertama ialah dengan memakan makanan yang sehat. Kita harus memperbanyak mengonsumsi sayur, karena sayur memiliki serat yang tinggi.

Selain itu, perbanyak konsumsi protein, dan lebih dianjurkan untuk lebih sering konsumsi protein ikan, dibanding daging merah atau daging ayam. Serta mengurangi makanan berlemak sangat berguna bagi perut.

Lemak di perut dominan timbul dari stres, kurang tidur, dan juga makanan berlemak. Jika kamu ingin memakan camilan manis, kamu bisa mengganti camilan dengan buah-buahan, seperti jeruk, apel atau mangga.

Perbanyak konsumsi air putih. Untuk mendapatkan perut six pack, kita harus mengurangi konsumsi minuman manis atau beralkohol, dan mengganti dengan minum air putih secara rutin.

2. Tidur Teratur

Mulai perbaiki kualitas tidur dengan segera, tips ini menjadi cara membuat perut sixpack untuk perempuan yang wajib diterapkan. Mengutip Centers for Disease Control and Prevention di Amerika, orang dewasa harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam. Tidur yang cukup akan membuat tubuh tetap berenergi sepanjang hari serta menurunkan tingkat penambahan massa tubuh.

Bagi wanita, mendapatkan perut sixpack bukanlah hal yang mustahil. Tetap makan makanan yang seimbang dan rendah kalori, lakukan olahraga secara teratur, dan pertahankan gaya hidup yang baik, ya.


3. Olahraga kardio

Selepas menerapkan kebiasaan hidup yang baik, butuh adanya latihan otot sebagai cara membuat perut sixpack untuk perempuan yang wajib diterapkan. Selain memotong kalori, Anda perlu membakar lebih banyak kalori untuk membuat defisit kalori lebih dalam.

Olahraga kardio adalah segala sesuatu yang secara ritme menggerakkan kelompok otot utama dan meningkatkan detak jantung untuk jangka waktu yang lama.

Lakukanlah olahraga berlari, jogging, bersepeda, mendayung, berenang, aerobik, kickboxing cardio, latihan elips, berputar dan menari aerobik. Jenis olahraga tersebut merupakan bentuk latihan cardio yang sangat baik, mampu membakar kalori dalam jumlah yang cukup. Nikmati olahraga kardio selama 30 hingga 45 menit pada intensitas sedang.


4. Lakukan gerakan plank

Melakukan gerakan plank sangat berguna sebagai cara membuat perut sixpack untuk perempuan. Gerakan plank ini dilakukan selama 30 detik sampai 1 menit. Semakin terbiasa melakukannya, maka akan semakin lama kalian bisa melakukannya.

Plank crawl out

Caranya ialah dengan menggunakan lengan dan kaki Anda dalam latihan ini menambah intensitas dan resistensi otot. Anda dapat membuat latihan ini lebih sulit dengan mengangkat satu kaki sebelum mengulurkan tangan. Berikut caranya:

- Berdirilah tegak dengan kedua kaki menyatu dan otot inti bertaut.

- Tekuk pinggul dan coba menyentuh lantai. Segera setelah ujung jari menyentuh lantai, angkat tangan hingga mencapai posisi push-up.

Plank samping

Tidak seperti plak biasa, Anda akan menopang berat badan hanya pada dua titik kontak. Ini membutuhkan lebih banyak usaha dari otot inti untuk tetap stabil. Punggung dan perut Punggung dan perut bekerja bersama untuk menjaga agar tulang belakang memanjang. Berikut caranya:

- Mulailah dari sisi kiri, dengan siku tepat di bawah bahu dan lengan tegak lurus dengan tubuh.

- Tumpuk kaki atau letakkan satu di depan yang lain.

- Kontraksikan perut dan angkat pinggul dari lantai sampai tubuh membuat garis diagonal dari bahu ke kaki.

- Tahan posisi ini selama 30 hingga 45 detik.

- Beralih ke sisi kanan dan ulangi.

5. Lakukan gerakan leg raise

Gerakan Leg Raise ini juga berguna untuk mengencangkan otot bagian bawah perut. Teknik ini ialah dengan mengangkat kaki perlahan. Leg raise ampuh dilakukan sebagai cara membuat perut sixpack untuk perempuan Lakukan gerakan Leg Raise ini hingga 15 repetisi.

6. Lakukan gerakan bent leg v-up.

Melakukan gerakan Bent Leg V-Up ini berguna bagi keseluruhan otot perut, karena gerakannya cukup sulit dan melibatkan gerakan tangan dan kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 15 repetisi per satu kaki.

8. Lakukan gerakan V crunch.

Melakukan gerakan V Crunch ini berguna bagi pembentukan otot perut bagian bawah. Lakukan gerakan V Crunch ini sebanyak 20 hingga 50 repetisi.