Helo Indonesia

Kasus Perselingkuhan Terbongkar, Anggota Parlemen Singapura dan Petinggi Partai Buruh Undurkan Diri

Winoto Anung - Internasional
Rabu, 19 Juli 2023 23:51
    Bagikan  
Mr Leon Perera,  Ms Nicole Seah
The Straits Times

Mr Leon Perera, Ms Nicole Seah - Mr Leon Perera dan Ms Nicole Seah mengakui bahwa mereka berselingkuh, yang dimulai setelah pemilihan umum tahun 2020. FOTO: MCI, LIANHE ZAOBAO

HELOINDONESIA.COM - Berita besar bikin heboh di Singapura. Anggota parlemen Partai Buruh Leon Perera dan pemimpin senior Nicole Seah telah mengundurkan diri dari partai setelah awalnya berbohong tentang perselingkuhan yang kemudian terbongkar, dalam insiden terbaru yang mengguncang kancah politik negara.

Membuat pengumuman pada konferensi pers pada hari Rabu, kepala WP Pritam Singh mengatakan bahwa sekitar akhir 2020 dan awal 2021, dia diberitahu oleh pengemudi Mr Perera melalui WhatsApp bahwa Mr Perera dan Ms Seah sangat sering bertemu di restoran dan hotel, dan telah terlihat saling berpelukan dan bergandengan tangan.

Baik Mr Perera dan Ms Seah awalnya membantah tuduhan tersebut. "Tidak ada bukti atau informasi yang menguatkan untuk mendukung tuduhan itu," kata Singh, menambahkan bahwa dia bertanya kepada Perera apakah ada sesuatu yang terjadi antara dia dan Ms Seah.

Mr Perera mengatakan kemudian dia dalam perselisihan yang sedang berlangsung dengan sopirnya dan akan menghentikan layanannya. Dia mengatakan dia juga telah meminta nasihat hukum atas tuduhan pengemudinya, kata Mr Singh.

Baca juga: Persib Belum Punya Pelatih Tetap, Marc Klok Ajak Rekannya Manfaatkan PSM  yang Masih Down

Selanjutnya selama beberapa bulan berikutnya, sopir Pak Perera juga mendekati anggota WP lainnya dengan informasi yang sama, yang semuanya berusaha memverifikasi tuduhan tersebut dengan Pak Perera.

Mr Perera juga mengatakan kepada mereka bahwa tuduhan itu tidak benar. "Tidak ada bukti atau informasi yang menguatkan untuk mendukung tuduhan itu," kata Singh, menambahkan bahwa dia bertanya kepada Perera apakah ada sesuatu yang terjadi antara dia dan Ms Seah.

Mr Perera mengatakan kemudian dia dalam perselisihan yang sedang berlangsung dengan sopirnya dan akan menghentikan layanannya. Dia mengatakan dia juga telah meminta nasihat hukum atas tuduhan pengemudinya, kata Mr Singh.

Baca juga: Usai Bertemu Prabowo, Yunarto Charta Politika Ucapkan Selamat ke Budiman Sudjatmiko, Gabung Gerindra?

Selanjutnya selama beberapa bulan berikutnya, sopir Pak Perera juga mendekati anggota WP lainnya dengan informasi yang sama, yang semuanya berusaha memverifikasi tuduhan tersebut dengan Pak Perera.

Mr Perera juga mengatakan kepada mereka bahwa tuduhan itu tidak benar. Secara terpisah, anggota komite eksekutif pusat lainnya juga mendekati Ms Seah, setelah diberitahu tentang tuduhan yang sama. Ms Seah menjawab bahwa tuduhan itu tidak benar.

Ketika video keduanya muncul pada 17 Juli, itu adalah pertama kalinya anggota partai melihatnya, kata Singh. Dia segera menghubungi Tuan Perera dan mengatur untuk bertemu dengannya di sore hari. Dia juga mengatur untuk bertemu dengan Ms Seah secara terpisah.

Baca juga: Pengamat: Perubahan Sikap Politik Istana, Surya Paloh - Jokowi Kembali Guyub Karena Anies Sahabat Seperjuangan

Keduanya mengaku menjalin asmara, yang dimulai setelah pemilihan umum 2020. Tapi sudah berhenti beberapa waktu lalu, kata Mr Singh.

Dalam pertemuannya dengan Mr Singh, Mr Perera mengakui bahwa dia seharusnya lebih terbuka ketika Mr Singh dan anggota partai lainnya pertama kali mendekatinya tentang tuduhan yang dibuat oleh sopirnya.

Partai tersebut menerima surat pengunduran diri Ms Seah pada hari Selasa. Mr Singh mengatakan bahwa Mr Perera mengundurkan diri pada hari Rabu, dan juga telah memberitahu Penjabat Ketua Parlemen.

Baca juga: Sebut Popularitas Presiden Menurun di Akhir Jabatan, Apa Maksud Hitam Putih Pada Orasi Ganjar Pranowo?

“Konstitusi Partai Buruh mewajibkan para kandidat untuk jujur ​​dan terus terang dalam berurusan dengan partai dan rakyat Singapura,” katanya.

“Perilaku Leon dan tidak jujur ​​ketika ditanya oleh pimpinan partai tentang tuduhan tersebut tidak memenuhi standar yang diharapkan dari anggota parlemen WP. Ini tidak bisa diterima. Seandainya dia tidak mengajukan pengunduran dirinya, saya akan merekomendasikan kepada CEC agar dia dikeluarkan dari partai.”

“Sejak pihak mengetahui video tersebut, kami bergerak secepat yang kami bisa, mengingat bahwa kami harus adil kepada semua orang, menyelesaikan masalah dan memperbaikinya.”

Baca juga: Suami di Serpong Aniaya Istri yang Lagi Hamil Hingga Babak Belur, Puan Mengaku Miris: Sangat Keji

Tentang pengaturan serah terima di Aljunied GRC, ketua partai Sylvia Lim mengatakan bahwa sesi Temu Rakyat akan berlangsung seperti biasa, dan anggota parlemen pengganti telah ditunjuk hingga akhir tahun untuk meliput sesi di Serangoon.

Dia menambahkan bahwa untuk tugas dan pekerjaan dasar lainnya, anggota parlemen akan segera bertemu dengan tim sukarelawan Serangoon untuk menyelesaikannya.

Pada hari Senin, WP mengatakan sedang melihat klip video yang beredar online yang menyarankan “pertukaran yang tidak pantas antara dua anggota senior partai”.

Tampaknya menunjukkan Mr Perera berbagi momen intim dengan Ms Seah. Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan Mr Perera membelai tangan seorang wanita yang mirip Ms Seah, saat keduanya minum anggur di sebuah restoran.

Baik Tuan Perera dan Nyonya Seah sudah menikah. Mereka juga berada di komite eksekutif pusat partai yang beranggotakan 15 orang – badan pembuat keputusan tertinggi. (*)

(Winoto Anung)