Helo Indonesia

TPD Lampung Amin Tak Bantu Komika Aulia Atas Dugaan Penistaan Agama

Selasa, 12 Desember 2023 13:22
    Bagikan  
TPD Lampung Amin Tak Bantu Komika Aulia Atas Dugaan Penistaan Agama

TPD Lampung Amin saat membahas sikap atas keserimpetnya komika Aulia atas dugaan penistaan agama (Foto Hajim/Helo)

LAMPUNG HELOINDONESIA.COM -- Tim Pelaksana Daerah (TPD) Lampung Capres Cawapres Anies-Muhaimin (Amin) sepakat tak membantu secara hukum komika Aulia Rakhman (AR) atas dugaan penistaan agama saat mengisi acara kampanye Anies Baswedan.

Alasannya, materi stand up comedy yang membuat keserimpet komika tersebut di luar kesepakatan dengan panitia dan TKD Lampung Amin yang disampaikan pada acara kampanye bertajuk "Desak Anies di Kafe Bento, Kota Bandarlampung, pekan lalu.

"Materi yang disampaikan tidak sesuai dan melanggar arahan TKD. Tentu, TKD Lampung sangat kecewa dengan isi materi yang disampaikan AR," kata Ketua TPD Lampung Amin, Nover dalam rilis yang diterima Helo Indonesia, Selasa (12/12/2023).

Baca juga: Pemkab Mesuji Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD Tahun 2025 - 2045

Pihaknya sudah melakukan rapat internal terkait persoalan ini pada Senin sore (11/12/2023). Mereka yang hadir dari koalisi partai lainnya, antara lain Rakmat Husein DC dan Agus Kurniawan.

Hasilnya, tegas Nover, pihaknya tidak akan memberikan pendampingan hukum terhadap AR. Konten yang disampaikan oleh AR bukan yang diminta TKD Amin, tapi inisiatifnya sendiri. TKD Amin melalui panitia telah minta materinya tidak SARA.

Baca juga: Pemkab Mesuji Gelar Forum Konsultasi Publik RPJPD Tahun 2025 - 2045


Sejumlah elemen masyarakat melaporkan AR atas dugaan penistaan agama. Pernyataan yang membuat berang: "kayak penting aja nama Muhammad itu sekarang ya, udah dipenjara semua."

Menurut Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Umi Fadilah Astutik (50), Sabtu (9/12/2023), pihaknya sedang memeriksa Aulia Rakhma. "Komika tersebut diamankan di Polda Lampung dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," katanya. (Hajim)