Helo Indonesia

Apa Arti Winamp Playlist yang Viral di Instagram Story? Tahun Kapan Keluarnya? Gen Z Dibikin Bingung

Selasa, 11 Juni 2024 16:39
    Bagikan  
Trending
Instagram

Trending - ‘’Winamp Playlist’ yang viral digunakan di Story Instagram. Apa artinya? Kapan tahun keluarnya?

HELOINDONESIA.COMBelakangan ini ramai istilah ‘’Winamp Playlist’ yang viral digunakan di Story Instagram. Apa artinya? Kapan tahun keluarnya? Simak penjelasannya sebagai berikut ini. 

Beberapa orang, terutama Gen Z, mungkin tidak tahu atau bingung apa itu Winamp dan kapan aplikasi tersebut muncul.

Akhir-akhir ini muncul tren prompt Instagram Story "Lagu apa yang masuk playlist Winamp kamu dulu?"

Bagi kamu yang belum mengenal, mari kita pelajari lebih dalam tentang Winamp, perjalanan popularitasnya, dan makna dari viralnya playlist Winamp di Instagram.

Baca juga: Warga Tapin Tengah Pelaku Pemerkosa Nenek Ditangkap

Apa itu Winamp? 

Winamp adalah program atau aplikasi pemutar audio untuk komputer Windows yang mendukung berbagai format seperti MP3, AAC, FLAC, WAV, dan WMA. 

Sebelum aplikasi streaming seperti Spotify menjadi populer, Winamp adalah aplikasi yang banyak digunakan untuk memutar musik secara offline di komputer.

Dikutip India Today, Winamp pertama kali diluncurkan pada tahun 1997, dikembangkan oleh Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev di bawah Nullsoft, menurut laman Tech Spot. 

Baca juga: Tips Makeup Buru-Buru Hanya 10 Menit

Program ini menjadi populer pada akhir 90-an hingga awal 2010-an, termasuk di Indonesia. Laman India Today melaporkan bahwa Winamp mencapai puncak popularitas dengan 90 juta pengguna, menjadikannya aplikasi yang sangat ikonik.

Namun, setelah AOL mengakuisisi Nullsoft pada tahun 1999, situasinya mulai berubah. Kebijakan manajemen AOL, seperti promosi layanan dial-up melalui Winamp, menimbulkan ketidakpuasan di kalangan pengguna.

Popularitas Winamp semakin menurun dengan munculnya iPod pada tahun 2001.

Baca juga: Link Nonton Anime Date A Live Season 5 Episode 10 Sub Indo Resolusi 1080p

Apakah Winamp Masih Ada di Tahun 2024?

Pada tahun 2013, AOL berencana menghentikan Winamp, tetapi akhirnya menjualnya ke Radionomy, sebuah layanan radio daring asal Belgia. 

Setelah periode stagnasi, Radionomy memperbarui Winamp pada tahun 2018. Pada tahun 2022, pengembangan dilanjutkan, dan kandidat rilis Winamp 5.9 tersedia untuk diunduh. 

Jadi, hingga kini, Winamp masih ada meski mengalami berbagai naik turun.

Baca juga: Berikut Kode Redeem Game Free Fire Hari ini, Selasa 11 Juni 2024

Daya tarik Winamp terutama terletak pada nostalgia yang dibangkitkan di antara para penggunanya. Menurut India Today, Winamp akan membuka kode sumbernya bagi para pengembang di seluruh dunia pada tanggal 24 September 2024. 

Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan kreativitas dan keahlian komunitas pengembang global guna meningkatkan dan menyempurnakan perangkat lunak tersebut.

Demikian penjelasan mengenai apa itu Winamp dan kapan aplikasi tersebut pertama kali muncul. Semoga menjawab rasa penasaran Anda!