Timnas Indonesia Menang atas Thailand, Jokowi Harus Traktir Menteri dan Gubernur di Medan

Rabu, 17 Mei 2023 18:07
Presiden Jokowi nonton bareng siaran pertandingan final sepak bola SEA Games Kamboja, antara Timnas Indonesia vs Thailand, Selasa maam 16 Mei. twitter / @jokowi

HELOINDONESIA.COM - Saat laga final Timnas Indonesia vs Thailand sepak bola SEA Games di Kamboja, ternyata Presiden Jokowi menggelar nonton bareng (nobar) di Rumah Dinas Wali Kota Medan, Selasa Malam 16 Mei.

Presiden Jokowi didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istri Kahiyang Ayu, dan putra sulung Presiden Gibran Rakabuming Raka, serta sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) yang juga ikut menonton.

Jokowi tampakn bersemangat saat nobar, sesekali teriak dan mengangkat tangan. Di ruangan terdengar beberapa kali bersorak penonton lainnya yang antusias menyaksikan laga antara Indonesia dan Thailand tersebut yang berlangsung cukup alot pada awalnya.

Saat Indonesia unggul 2-0 Presiden tampak gembira. Tapi juga sempat merasa kena prank oleh peluit wasit karena dikiran sudah selesai, pun karena pelatih dan official sudah berangkulan mungkin menganggap sudah menang. Ternyata, belum usai. Bola mati ditengang pemain Thailand ke arah gawang, dan terjadilah gol.

Baca juga: Jadi Tersangka, Johnny G Plate Harus Meringkuk di Rutan Salemba Selama 20 Hari

“Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan [kemasukan] gol kaget juga gitu,” sambungnya.

Tapi akhirnya Indonesia menang setelah melalui perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Indonesian unggul 5-2 atas Thailand. Nah, karena Indonesia menang, Presiden Jokowi pun harus memenuhi janjinya, kalau Indonesia menang atas Thailand maka akan mentraktrir para menteri, Gubernur, dan lainnya, yakni traktir makan durian.

Ini sebagai bentuk perayaan kemenangan timnas Indonesia dalam laga tersebut, Presiden kemudian mengajak seluruh rombongan yang ikut serta dalam kunjungan kerjanya untuk makan durian bersama.

“Tadi sore memang saya janjian, kalau menang, para menteri, Pak Gub, dan lain-lain, kalau menang mau saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng, jadi karena menang ya harus traktir, janjiannya seperti itu,” ucap Presiden Jokowi.

Baca juga: Johnny G Plate Dijeblosin ke Penjara, Ini Sejumlah Peran dan Permintaan Uang Tiap Minggu Rp 500 Juta Secara Rutin

Hadir dalam kesempatan itu Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri Tito Karnavian, Seskab Pramono Anung, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, dan Wagub Sumut Musa Rajekshah.

Sebelumnya, Jokowi memberikan apresiasi kepada para pemain Timnas Indonesia U-22 yang berhasil meraih medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja. Presiden menilai hal tersebut merupakan hasil kerja keras dari seluruh pihak yang terlibat.

“Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali,” kata Presiden Jokowi di di Si Bolang Durian, Kota Medan, Sumatra Utara, Selasa (16/05/2023).

Tentang kemenangan timnas Indonesia setelah menunggu selama 32 tahun untuk menjadi juara SEA Games, Presiden merasa sangat bahagia. Presiden pun menilai para pemain dalam laga tersebut bermain dengan mental juara.

Baca juga: Kejagung Geledah Dua Tempat Usai Tetapkan Menkominfo Johnny G Plate Jadi Tersangka

“Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada. Main tanpa beban mental, tapi ini kan sudah kita tunggu 32 tahun untuk menjadi juara di Asia Tenggara. 32 tahun kita nunggu,” kata Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga bercerita mengenai jalannya pertandingan antara Indonesia dan Thailand tersebut.

“Pertama, gol pertama tadi Ramadhan Sananta itu golnya satu, yang kedua, kemudian yang ketiga Irfan Jauhari, itu yang ketiga juga menimbulkan semangat lagi, untuk keempat tadi Fajar Fathur Rahman golnya juga, yang terakhir ditutup Beckham Putra ya udah lima rampung,” jelas Presiden.

“Karena memang sebelumnya juga saya keliru juga, sudah diselametin ternyata masih main dan [kemasukan] gol kaget juga gitu,” tegas Jokowi. (*)
(Winoto Anung)

Berita Terkini