bjb Kredit Kepemilikan Rumah
Helo Indonesia

Arema FC Penentu Madura United ke Championship Series Atau Memberi Jalan Arema Lolos dari Jurang Degradasi

Minggu, 28 April 2024 21:00
    Bagikan  
BERJUANG
arema official/ madura united

BERJUANG - Dua tim akan berjuang mati-matian di akhir kompetisi Liga 1 Indonesia 2024 yang akan berlangsung, Selasa (30/4/2024) sore

HELOINDONESIA.COM - Laga derby Jatim antara Madura United vs Arema FC di laga pekan terakhir kompetisi Liga 1 Indonesia 2024 bisa dikatakan menjadi laga penentu kedua tim.

Laga kedua tim itu bakal digelar di kandang Madura United Stadion Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Selasa (30/4/2024) sore hari.

Dalam laga itu dipastikan bakal berlangsung sangat sengit mengingat laga itu menjadi laga penentu bagi kedua tim Madura United dan Arema FC.

Di sisi lain kemenangan Madura United menghadapi Skuad Singo Edan menjadi penentu untuk mendapatkan tiket Championship Series Liga 1 Indonesia 2024.

Baca juga: Laga Derby Jatim Madura United vs Arema FC, Ambisi Champhionship Series dan Lari Dari Degradasi

Sementara di satu sisi laga ini juga menjadi penetnu amannya tim Singo Edan agar terhindar dari jurang degradasi Liga 1 Indonesia 2024.

Skuad Singo Edan saat ini berada di peringkat 13 klasemen sementara yang menyisakan satu laga Liga 1 Indonesia dengan mengoleksi 37 poin.

Meski berada di peringkat ke-13 posisi Arema tetap masih belum aman dari jurang degradasi, lantaran hanya beda tipis selisih poin dengan tim lain yang sama-sama terancam dari jurang degradasi.

Baca juga: Lolosnya PSIS Semarang dan Madura United ke Championship Series Tergantung Dua Tim ini

Dalam klasemen sementara itu ada empat tim yang bisa terancam masuk jurang degradasi Liga 1 Indonesia seperti Rans Nusantara dengan 35 poin, dan Persita Tangerang, PSS Sleman memiliki sama-sama 36 poin.

Posisi Arema tetap belum Aman jika dalam laga melawan Madura United nanti kalah, Arema bisa saja masuk menjadi 3 tim terdegradasi dari Liga 1 Indonesia dengan catatan sebagai berikut.

Arema akan terkena degradasi dari Liga 1 Indonesia jika Rans Nusantara, Persita, PSS Sleman menang dan mendapatkan 3 poin penuh dalam laga Selasa (30/4/2024) nanti.

Baca juga: Tidak Ada Tempat Bermain, Balita Arema Hilang Kecemplung Kali Brantas

Namun Arema akan tetap aman jika salah satu dari tiga tim ini gagal mendapatkan poin penuh dalam laga pekan ke-34 Liga 1 Indonesia 2024.

Skuad Singo Edan juga menggantungkan laga Rans Nusantara, tim kesayangan Aremania ini juga bisa gagal masuk jurang degradasi, jika laga Rans Nusantara bermain seri menghadapi PSM Makassar.

Dalam laga pekan terakhir ke-34 musim konpetisi Liga 1 Indonesia akan digelar secara serentak 7 pertandingan dengan jam yang sama pukul 15:00 WIB.

Hasil laga ini menjadi sangat penting bagi Arema FC jika gagal menghadapi Madura United yang ngotot untuk mencapai mimpinya masuk Championship Series Liga 1 Indonesia.

Baca juga: Tiga Tim Lolos Championship Series, Madura United Berpeluang Kuat, Bhayangkara dan Persikabo Degradasi

Sementara dalam laga ini Arema juga jadi penentu nasib Madura United untuk mendapatkan tiket Championship Series Liga 1 Indonesia 2024 atau tidak.

Saat ini, baru tiga dari empat tim yang dipastikan memperoleh tiket menuju laga Championship Series, masing-masing ada Borneo FC Samarinda, Persib Bandung, dan Bali United yang bakal bermain untuk memperebutkan gelar juara Liga 1 Indonesia.

Sementara, Madura United memimpin persaingan dengan dua tim lainnya, PSIS Semarang dan Dewa United, Laskar Sape Kerrab berada di peringkat 4 dengan mengoleksi 54 poin.

Untuk bisa lolos ke fase Championship Series, Madura United harus bisa mengamankan tiga poin saat menjamu Arema nanti.

Baca juga: Lolosnya PSIS Semarang dan Madura United ke Championship Series Tergantung Dua Tim ini

Pasalnya, mereka hanya unggul tipis 1 poin dari PSIS di peringkat 5 dan selisih 3 poin dengan Dewa United di peringkat 6 klasemen sementara Liga 1 Indonesia.

Tantangan Madura United tentu bertekat mengarahkan Arema untuk meraih tambahan tiga poin di laga pamungkas ini, sebab, Skuad Singo Edan pun belum sepenuhnya aman dari jerat degradasi.

Sebenarnya, tanpa ‘bantuan’ Arema pun Madura United masih bisa melaju ke Championship Series.

Baca juga: PSIS Semarang Tatap 4 Besar Usai Gulung Persikabo 3-0, Syaratnya Menang Lagi dan Madura United Terpeleset

Mengingat Madura United saat ini sudah menempati peringkat ke-4 di klasemen sementara Liga 1 Indonesia 2024.

Syaratnya, dua pesaing mereka, PSIS dan Dewa United tak boleh ada yang menang di laga terakhir pekan ke-34 ini.

Masalahnya, kedua pesaing Madura United itu sama-sama akan menghadapi tim yang tanpa kepentingan lagi untuk melaju ke Championship Series.

Baca juga: Tiga Tim Lolos Championship Series, Madura United Berpeluang Kuat, Bhayangkara dan Persikabo Degradasi

PSIS akan bertandang ke markas Persija Jakarta yang sudah dipastikan tak punya peluang ke babak selanjutnya.

Sementara, Dewa United akan menjamu sang juara reguler series, Borneo FC Samarinda, yang ‘gemar’ bagi-bagi poin belakangan ini.

Jadi semua kemungkinan bisa saja terjadi di laga terakhir kompetisi bergengsi Liga 1 Indonesia pada Selasa (30/4/2024) nanti, apakah Madura United mampu merebut tiket Championship Series dan Arema FC bisa selamat dari degradasi Liga 1 Indonesia. **