Helo Indonesia

Pelatih Bojan Tak Ragukan David Silva, Marc Klok Sebut Piala Asia 2023 Membuka Matanya

Selasa, 13 Februari 2024 05:44
    Bagikan  
ANDALAN
persib official

ANDALAN - Dua pemain andalan Persib Bandung, pelatih Bojan tak ragukan kemampuan keduanya

HELOINDONESIA.COM - Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak masih tak meragukan kemampuan David da Silva, meskipun absen mencetak gol dalam empat pertadningan terakhir.

Sebab dalam Laga terakhir menghadapi Persis Solo, David Silva menyumbang dua assist untuk timnya, keraguan itupun menjadi sirna bagi Bojan.

Penyerang asal Brasil itu memberikan assist brilian untuk gol Stefano Beltrame dan Ciro Alves yang membawa Persib unggul 2-0.

Baca juga: Ditinggal Carlos Fortes, Peringkat PSIS Semakin Melejit Menyalib Peringkat Persib Bandung dan Bali United

Walaupun sayang pada akhirnya pertandingan Persib harus berbagi poin dengan Persis dalam skor 2-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

"Saya pikir soal penyerangan dia adalah yang terbaik, bukan hanya mencetak gol ia juga bisa memberikan assist kepada Stefano lewat umpan silang yang fantastis," jelas Bojan.

Meski tidak mencetak gol David juga memberi assist untuk gol Ciro, siapapun yang mencetak gol, terpenting adalah mendapatkan gol.

Pelatih 52 tahun itu mengatakan masalah Persib yang tak bisa mencetak gol dalam tiga pertandingan sekarang sudah mulai terpecahkan.

Baca juga: Ze Valente dan Al Hamra Pemain Terbaik Pekan Ke-24, Berstatus Pinjaman Ingin Persik Juara Juara Liga 1

Peran gelandang baru Stefano Beltrame mulai memberi dampak positif, bagi perkembangan tim, sehingga Bojan punya variasi baru kini di lini depan.

"Masalah kami di lini depan mulai terpecahkan, sebelumnya saat Stefano belum banyak bermain, kami kesulitan di lini depan. Tapi sekarang semuanya terlihat lebih baik. Pemahaman antara dia dengan David, Ciro, dan Beckham sudah cukup bagus," jelasnya.

Jadi untuk penyerangan Bojan mengaku sangat senang, terutama pada babak kedua (lawan Persis Solo) ada banyak pergerakan yang bagus, setidaknya 20 tendangan.

Baca juga: Apa yang Dilakukan Madura United Menghadapi Persib yang Kehilangan Marc Klok, Begini Kata Pelatih Mauricio

Sementara kapten Persib Bandung, Marc Klok akan menambah posi latihan individu sendiri usai sesi latihan Senin (12/2/2024) di Stadion Sidolig.

Ini sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai pemain profesional untuk terus meningkatkan level kebugarannya maupun teknik dan skill yang dia miliki.

Apalagi Klok baru saja menjalani libur latihan selama sepekan ke belakang sebagai pengganti.

Karena ia belum menjalani libur di periode Desember sampai Januari kemarin karena sibuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Baca juga: Ze Valente dan Al Hamra Pemain Terbaik Pekan Ke-24, Berstatus Pinjaman Ingin Persik Juara Juara Liga 1

"Ya saya pikir kita tidak bisa tetap diam di zona nyaman saja. Saya mau perbaiki dan harus mendorong diri sendiri untuk menaikkan diri ke level yang berikutnya," kata Klok.

Piala Asia 2023 telah membuka mata Klok bahwa levelnya masih jauh di bawah pemain-pemain lainnya yang berkompetisi.

Klok ingin terus mendorong dirinya sendiri untuk mencapai level yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: Selamat Datang Widodo C Putro di Arema FC, Terima Kasih Fernando Valente

"Saya harus mendorong diri untuk mencapai level yang lebih tinggi, untuk mencapai itu ada banyak faktor dan itu harus saya lakukan, dan salah satu faktornya adalah dengan menambah latihan sendiri," ungkapnya.

Klok hanya ingin menuntut dirinya, bahwa rasa lelah itu sebenarnya hanya sebuah pola pikir yang harus dilawan.

"Selesai latihan itu mungkin kita lelah, tapi itu mungkin hanya pada pola pikir. Saya bilang ke diri sendiri, saya belum lelah dan ayo tambah lagi, nanti ikut akan naik sendiri untuk fisik. Jadi itu alasannya," paparnya. **