Helo Indonesia

Pelatih Boneo FC Samarinda Pieter Huistra, Diikat Sampai Tahun 2025 Dengan Sederet Prestasinya

Rabu, 7 Februari 2024 09:11
    Bagikan  
DIPERPANJANG
borneo fc samarinda

DIPERPANJANG - Pelatih Borneo FC Samarinda, Pieter Huistra kembali diikat manajemen Borneo FC hingga tahun 2025.

HELOINDONESIA.COM - Klun pemuncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024, Borneo FC Samarinda secara resmi memperpanjang durasi kontrak pelatih kepala Pieter Huistra sampai tahun 2025.

Manjemen menilai kemimpinan Pieter Huistra dinilai sukses membawa Klub Pesut Etam ini secara konsisten menapaki prestasinya hingga di puncak klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Hingga pekan ke-24 peringkat Borneo FC Samarinda berada di puncak klasemen sementara dengan mengantong 54 poin.

Baca juga: Gustavo Kembali Raih Top Skor Sementara, Meskipun Pelatih Persija Sebut Blunder Bek Hansamu

Skor yang diperoleh tim besutan Pieter Huistra ini jauh di atas tim lainnya selisih 10 poin lebih, seperti PSIS Semarang yang merupakan runner up klasemen sementara mengoleksi 42 poin begitu juga dengan Persib Bandung dan Bali United mengoleksi 41 poin.

Masuk di tengah musim 2022/2023 bukan menjadi hal yang mudah untuk Pieter meramu skuadnya, namun finish di peringkat empat menjadi raihan terbaik Borneo FC sepanjang kompetisi.

"Ya coach Pieter Huistra masih bersama kami sampai tahun 2025, semoga dengan perpanjangan membuat Pieter semakin termotivasi untuk memberikan gelar juara ke Kota Samarinda," ujar presiden klub Borneo FC, Nabil Husien Said Amin.

Baca juga: Pecah Telor di Menit ke-81 Melalui Tendangan Penalti, Persik Unggul Naik Peringkat 5 Besar

Bersama Pieter, Borneo FC di musim ini menjadi tim yang konsisten dalam hal bertahan maupun menyerang.

Hal ini turut membuat klub berjuluk Pesut Etam ini punya peluang besar untuk lolos ke babak championship dan menyelesaikan target menjadi juara Liga 1 2023/2024.

Pieter Hustra sendiri sejauh ini bukanlah pelatih kaleng-kaleng, pria berpaspor Belanda ini punya banyak pengalaman melatih.

Beberapa klub Liga belanda pernah dia asiteki seperti FC Groningen, De Graafschap hingga tim muda Ajax Amsterdam U-21.

Baca juga: Gawat! Arema Terpuruk Dihabisi PSIS Semarang 1-4, Semakin Dalam di Zona Degradasi Fernando Tak Bisa Berbuat Banyak

Bagi kalangan sepakbola di Indonesia Pieter Huistra sendiri sebenarnya bukan orang asing, karena dia pernah menjabat Direktur Teknis PSSI tahun 2014-2015.

Dia pun juga pernah melatih interim Timnas Indonesia 2015, namun saat dia menjabat sebagai pelatih interim, Timnas Indonesia sedang terkena hukuman dari FIFA.

Perjalanan kepelatihan di luar belanda selain menjabat Direktur Teknis PSSI Pieter Huistra juga pernah mengarsiteki klub asal Uzbekistan, Pakhtakor musim 2021/2022.

Baca juga: Kemenangan Persebaya Membawa Korban, Kiper Enando kini Dalam Pengawasan Dokter, Radja Nainggolan Tak Berkutik

Dia juga pernah menjadi penasehat mantan klub Witan Sulaeman yaitu AS Trencin hingga akhirnya menjadi pelatih kepala Boneo FC Samarinda hingga sekarang.

Ketajaman Pieter Huistra pernah menemukan Van Dijk saat berusia 20 tahu, dia menyarankan manajemen timnya yang dia arsiteki FC Groningen agar merekrut Van Dijk.

Saat itu Pieter Huistra melihat bakat Van Dijk saat bermain di salah satu klub muda Willem II FC, berkat sarannya dia kemudian manajemen merekrut Van Dijk.

Baca juga: Carlos Fortes Mundur dari PSIS Semarang, Begini Komentar Bos Yoyok Sukawi Menanggapi Keputusannya

Hingga akhirnya Van Dijk menjelma menjadi pemain hebat setelah bergabung dengan Southampton, hingga didatangkan Liverpool dari Southampton Januari 2018, dengan mahar sekitar Rp1,3 triliun.

Siapa tak kenal Van Dijk yang kini menjadi bek andalan The Reds --julukan Liverpool yang diarsiteki pelatih Jurgen Klopp.

Profil Pieter Huistra:

Nama Lengkap    : Pieter Egge Huistra
Lahir                     : 18 Januari 1967
Tempat Kelahiran : Geonga, Belanda
Kewarganegaraan: Belanda
Formasi disukai    : 4-2-3-1. **