Helo Indonesia

Berkat Sepak Terjangnya di Arema FC, Kiper Julian Schawarzer Mengaku Kembali Dipanggil Timnas Filipina

Kamis, 12 Oktober 2023 10:02
    Bagikan  
TIMNAS FILIPINA
ig @julianschwarzer

TIMNAS FILIPINA - Kiper Arema FC, Julian Schawarzer meninggalkan skuadnya di Malang untuk memenuhi panggilan Timnas Filipina.

HELOINDONESIA.COM - Ada dua pemain Arema FC yang dipanggil timnas yakni kiper Arema Julian Schwarzer dan Arkhan Fikri dipanggil untuk memperkuat tim negara mereka masing-masing.

Julian Julian Schawarzer yang merupakan berkewargaan negara Filipina kini kembali dipanggil Timnas Filipina untuk memperkuat tim negaranya.

Begitu juga dipanggil Shin Tae-Yong untuk membela Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di kualifikasi Piala Dunia 2026, Kamis 12 Oktober 2023.

Ada yang menarik dari sepak terjang pemain asing Arema FC untuk negara ASEAN, Julian dia dipanggil timnas negaranya karena kariernya di Arema FC.

Baca juga: Data Statisik Kiper Arema Julian Moncer, Mukin Faktor ini yang Menjadi Alasan Pelatih Fernando Belum Datangkan Pelatih Kiper

Julan mengakui juga timnas negara kembali memanggil dirinya karena jasa Arema FC, ia pun mengaku sangat senang mendapat kesempatan itu.

Julian Schawarzer julian hal itu merupakan kesempatan baik baginya untuk menunjukkan kulaitasnya sebagai pemain profesioal yang bermain di Arema FC.

Sejauh ini Julian tercatat telah bermain sebanyak 11 pertandingan dari 15 laga yang sudah di jalani Arema FC.

Berdasarkan data statistik putra dari legenda kiper Chelsea Mark Schwarzer ini, telah mengalami 15 kali kebobolan dan tiga kali cleansheet dan 41 penyelamatan.

Baca juga: Nama Daniel Chaves dan Nelson Leitao Akan Mendamping Fernando Valente, Kiper Arema Julian Belum Saatnya Sekarang

Julian Schwarzer mengatakan penampilannya di Arema selalu dipantau oleh pelatih timnas negaranya, hingga penampilannya pun mendapat perhatian mereka.

Dia merupakan salah satu kiper dari tiga kiper yang dipanggil pelatih untuk timna Filipina, untuk FIFA Matcday pada Oktober 2023 nanti.

Dia mengatakan Arema memberikan kesempatan dirinya yang benar-benar bagus, untuk menunjukkan kualitasnya di Liga kasta teratas Indonesia.

"100 persen Arema memberikan saya sebuah kesempatan yang benar-benar bagus, untuk menunjukkan kualitas saya di liga kasta teratas," ujar Julian seperti dilansir wearemania.net, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: Kiper Arema FC Julian Garcia Schwarzer Mati Langkah, Empat Gol Masuk Gawang, Serdadu Arema Frustasi

Menurut anak muda jebolan Akademi Fulham ini mengatakan jika kesempatan ini bukan pertama kali dia alami, namun sudah kelima kalinya.

Bahkan Julian ternyata tidak punya pengalaman menjadi pemain sepakbola di Timnas Filipina dari kelompok umur.

Ia mengau jika sejak memiliki paspor Filipina Julian langsung berbabung dengan timnas senior di negaranya.

"Ini sudah kelima kalinya saya mendapat pangglan dari Timnas Filipina, dan saya sudah tampil tiga kali untuk tim senior. Saya gak pernah bermain untuk tim junior Filipina, hanya di tim senior," ungkap mantan pemain Kuching City ini.

Baca juga: Tujuh Penyelamatan Kiper Arema Julian Mendapat Pujian Ayahnya, Sempurna! Pelatih Valente Sebut Kita Layak Menang

Di timnas Filipina, Julian mengungkapkan terjadi persaingan ketat, karena negaranya memiliki penjaga gawang terbaik.

Sedangkan dua kiper lainnya yang dimiliki Timnas Filipina, merupakan kiper yang memiliki usia di atasnya atau lebih senior dengan kualitas yang baik semuanya.

Dalam daftar 25 pemain yang dipanggil itu selain Julian ada dua nama besar lainnya yakni Neil Etheridge dan Kevin Ray Mendoza.

Baca juga: Kiper Arema FC Julian Garcia Schwarzer Mati Langkah, Empat Gol Masuk Gawang, Serdadu Arema Frustasi

Julian pun mengakui dua kiper yang lebih senior darinya merupakan kiper yang sama-sama bagus, seperti Mendoza bermain di Kuala Lumpur City.

"Saya beruntung di Filipina banyak memiliki penjaga gawang top," ujar Julian.

Sementara sepeninggal Julian dari Arema FC, untuk sementara kiper Teguh Amiruddin akan menggantikan posisi Julian sebagai kiper utama Arema.

Baca juga: Bermain Bagus Diputaran Kelima, Akun Instagram Julian Schwarzer Diserbu Aremania

Pemulihan Julian
Namun sayang kepergian untuk memenuhi panggilan Timnas Filipina tertunda lantaran Julian harus menjalani pemulihan di Malang bersama timnya.

Memang Julian masuk dalam daftar pemain Timnas Filipina dimana pada 17 Oktober 2023 nanti, timnya bakal melakukan ujicoba melawan Bahrain.

Sementara hingga Kamis (12/10/2023) pria berusia 23 tahun ini masih berada di kandang Singo Edan untuk menjalani masa pemulihan bersama skuadnya.

Menurut tim dokter Arema, dr Nanang Tri Wahyudi, Julian mengalami cedera bagian angkle kaki kiri ringan, sekarang masih tahap observasi awal.

Baca juga: Debut Kiper Arema FC Melawan Persis Solo ada 12 Kali Penyelamatan, itu Bentuk Pujian Kepada Julian Schwarzer

Saat ini Julian masih dalam proses pemulihan bersama fisioterapis Arema FC, Reta Arroyan.

Selama 90 menit dalam laga melawan Borneo FC lalu, Julian ternyata menahan rasa sakitnya untuk membela Arema, hal ini tidak ada yang mengetahuinya.

"Waktu latihan, sebelum laga sudah sedikit terasa sakit. Sekarang dalam pemulihan, butuh waktu kurang lebih seminggu, untuk pemilihan," kata Reta. **