Helo Indonesia

Cocok untuk Diet, Inilah 7 Buah-buahan yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan

Jumadi - Ragam
Sabtu, 30 September 2023 13:33
    Bagikan  
Buah-buahan
pixabay

Buah-buahan - Buah yang dapat menurunkan berat badan

HELOINDONESIA.COM - Memiliki berat badan berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan dan mempengaruhi penampilan seseorang.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, dan mengonsumsi buah-buahan untuk diet.

Kandungan serat dan vitamin pada buah bisa membantu perut merasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk makan terus.

Baca juga: Kaesang Akan Temui Prabowo, Gerindra Berharap PSI Gabung Koalisi Indonesia Maju

Berikut ini ada beberapa jenis buah yang bagus untuk diet yang bisa dikonsumsi.

1. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang menyehatkan karena mengandung Vitamin A, B, dan C serta serat.

Kandungan serat dan air inilah yang bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil dan membuat Anda tidak cepat lapar.

Apel juga tergolong dalam buah dengan indeks glikemik rendah terutama pada kondisi yang belum begitu matang sehingga bermanfaat menurunkan berat badan dan memiliki pengaruh minimal pada kadar glukosa darah.

Selain itu, buah apel juga mengandung flavonoid bernama quercetin.

Kandungan tersebut memiliki sifat antioksidan sehingga mampu melawan kanker, mencegah kerusakan sel, serta menjaga fungsi jantung dan paru-paru.

2. Pisang

Buah pisang bisa menahan rasa lapar karena mengandung serat yang tinggi.

Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral serta bebas lemak, kolesterol, tinggi kalium dan rendah natrium, sehingga bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, pisang mengandung indeks glikemik yang cenderung rendah ke sedang, sehingga bisa membantu mengontrol kadar insulin dan mengatur berat badan.

Baca juga: Hasto PDIP Bantah Kabar Hubungan Megawati-Jokowi Retak

3. Pepaya

Pepaya adalah jenis buah yang bagus untuk diet karena mengandung enzim yang bisa meredakan gangguan pada saluran pencernaan dan mengurangi kembung.

Pepaya juga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga cocok dijadikan menu di rumah yang menyehatkan.

Serat tersebut membantu pembuangan lemak di saluran pencernaan sehingga tidak terakumulasi di dalam tubuh.

4. Alpukat

Alpukat biasanya sering dikonsumsi oleh orang yang menjalani diet karena kandungan glukosa yang rendah dan kaya akan lemak baik yang mampu menurunkan berat badan secara signifikan.

Manfaat alpukat selain memberikan efek kenyang lebih lama adalah mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, lemak baik dalam alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

5. Buah beri

Buah beri bisa menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan yang membantu menurunkan berat badan.

Buah beri mengandung zat aktif yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan sehingga melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh reaksi peradangan dan radikal bebas.

Anda bisa mengonsumsi buah beri secara langsung atau menambahkannya pada sereal maupun yogurt, dicampur dengan smoothie, atau ditambahkan ke dalam salad agar lebih lezat.

Baca juga: KPU DKI : Logistik Pemilu Didistribusikan Mulai Oktober

6. Lemon

Minum air lemon secara rutin dan memperbanyak minum air putih dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

Hal ini karena lemon kaya vitamin C dan serat.

Selain itu, buah ini rendah kalori serta mengandung nutrisi lain yang baik bagi tubuh.

7. Semangka

Kandungan serat tinggi pada semangka sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Big Match Tottenham Hotspur vs Liverpool, Berikut Jadwal Siaran Langsung Premier League Pekan ke 7 Musim 2023/2024

Semangka mengandung 90 persen air, sehingga tidak hanya membantu tubuh terhindar dari dehidrasi, melainkan juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga cocok bagi orang yang sedang menjalankan program diet.