Helo Indonesia

Mangga Alpokat Pasuruan Naik Kelas, Masuk Lapangan Golf di Turnamen Bupati Charity Cup XXI

Edo - Ragam
Senin, 28 Agustus 2023 13:26
    Bagikan  
MANGGAL ALPOKAT
humas pemprov jatim

MANGGAL ALPOKAT - Mangga alpokat salah satu buah andalan Kabupaten Pasuruan yang memiliki keistimewaan khusus dalam cara memakannya, selain rasa, tekstur dan aroma tidak seperti mangga pada umumnya.

HELOINDONESIA.COM - Bagi masyarakat di Pasuruan dan masyarakat di Jawa Timur umumnya sangat familiar dengan sebutan mangga alpukat, yang merupakan buah unggulan dari Kabupaten Pasuruan Jatim.

Mangga alpokat juga dikenal dengan nama mangga klonal 21 adalah merupakan salah satu potensi unggulan Kabupaten Pasuruan.

Buah mangga alpokat tidak seperti mangga pada umumnya, selain cara makannya yang fenomenal, mangga alpukat ini mempunyai keistimewaan lain yaitu daging buahnya yang lebih tebal, tekstur lebih padat.

Selain itu juga jumlah serat buah yang sedikit, kadar air yang lebih rendah serta ukuran pohonnya yang tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan dalam memetiknya. Anda mungkin perlu mencobanya jika sedang berada di daerah Pasuruan, Jawa Timur.

Baca juga: Lihat Faktanya Kemarau Panjang, Cuaca Panas, Kebakaran Terjadi Dimana-mana di Jawa Timur

Dalam kegiatan Bupati Charity Cup XXI, Golf Tournament 2023 yang dibuka oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mangga alpukat turut ditampilkan dengan membuka khusus stan sendiri.

Kegiatan pameran mangga khas Pasuruan dalam kontestasi golf ini, berlangsung di Finna Golf & Country Club, Desa Gambiran Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jatim, Sabtu (26/8/2023).

Mendekati masa panen raya yang diprediksi akan jatuh pada bulan September hingga Oktober 2023, kehadiran mangga klonal disambut hangat oleh para peserta dan pengunjung tunamen golf.

Hal itu terbukti dari ramainya transaksi penjualan selama perlombaan golf yang merupakan ajang turnament golf bergengsi di Pasuruan.

Baca juga: Inilah Fakta Peningkatan dan Penurunan Ekspor-Impor Jawa Timur Selama Bulan Juni dan Juli 2023

Dalam pameran itu, satu kardus mangga alpukat berbobot 5 Kg yang dibandrol dengan harga Rp300 ribu tersebut laris-manis diborong dalam waktu sekejab.

Hal itu disampaikan oleh Vero Ladi Santoso, petani Mangga Klonal 21 asal Desa Oro-oro Ombo Wetan, Kecamatan Rembang yang diajak-serta memeriahkan gelaran stan Bupati Charity Cup XXI.

"Alhamdulillah kami sangat senang dilibatkan lagi di turnamen golf Bupati Charity Cup. Kabar baiknya lagi, dari 200 Kg Mangga Alpukat masak pohon yang kami bawa laris-manis. Ada sekitar 40 kardus yang banyak diborong Bapak Ibu pegolf juga pengunjung," ujarnya.

Baca juga: Alhamdulillah Angka Kematian Ibu di Jawa Timur Menurun Signifikan di Tahun 2022

Sesaat sebelum turnamen golf dimulai, Bupati Irsyad berkesempatan mempromosikan beragam potensi daerah Kabupaten Pasuruan kepada para peserta dan pengunjung.

Dan menyampaikan keyakinannya bahwa event bergengsi tahunan hasil kerjasama dengan Finna Golf & Country Club tersebut dapat memberikan benefit secara keekonomian bagi masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Baca juga: Inilah Tiga Klub Bola Jawa Timur yang Terperosok di Pusaran Zona Degradasi Klasemen Sementara Liga 1 2023/2024

Dalam turnamen golf tersebut Bupati Irsyad melakukan branding terhadap beberapa produk unggulan Kabupaten Pasuruan yang ditampilkan di venue.

Satu diantaranya produk Kapiten - Kopi Asli Kabupaten Pasuruan dan Mangga Klonal 21 yang selama ini menjadi icon komoditi hortikultura andalan Kabupaten Pasuruan. **