Helo Indonesia

Lihat Faktanya Kemarau Panjang, Cuaca Panas, Kebakaran Terjadi Dimana-mana di Jawa Timur

Senin, 28 Agustus 2023 07:38
    Bagikan  
TERBAKAR
BNPB Jatim

TERBAKAR - Kondisi padang savana di bukit Budug Asu, lereng Gunung Arjuno terbakar pada Sabtu (27/8/2023)

HELOINDONESIA.COM - Kemarau panjang dan cuaca panas yang terjadi tahun 2023 ini menimbulkan kebakaran hutan dan lahan terbuka terjadi dimana-mana di wilayah Jawa Timur, khusus bulan Juli dan Agustus 2023.

Kebakaran terjadi mulai dari Ponorogo, Mojokerto, Pasuruan hingga Bondowoso, Kabupaten malang, Magetan dan Pasuruan dengan lahan hutan dan lahan terbuka mencapai ratusan hektar.

Terbaru kebakaran kembali terjadi di wilayah hutan Jati Gunung Bungkuk wilayah Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (27/8/2023).

Belum lagi kebakaran pada Sabtu (26/8/2023) kebakaran terjadi di lereng gunung Arjuno, wilayah Desa Pasawahan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Baca juga: Kabakaran Hutan di Jatim Mencapai 500 Hektar, di Ponorogo Saja Terjadi di 17 Titik Kasus Kebakaran

Kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Arjuno itu kemudian meluas hingga Curah Sriti dan Bukit Lincing, terjadi pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB.

Api melahap lahan perbukitan yang terbakar jenis vegestasi semak belukar dan padang savana di Bukit Budug Asu, Lereng Gunung Arjuno.

Tim gabungan sempat mengalami kesulitan dalam memadamkan api yang telah meluas hingga memasuki wilayah Pasuruan dan Mojokerto itu.

Hal ini disebabkan kebakaran terjadi di hutan terjal berada di punggung lereng Gunung Arjuno, medannya sulit untuk pemadaman, sementara penyebab kebakaran juga belum diketahui.

Baca juga: Kekeringan dan Kebakaran Mengancam Wilayah Kabupaten Pasuruan, Sebentar Lagi Terapkan Status Siaga Bencana

Menurut Kepala BNPB, Abdul Muhari menyebut luas lahan terbakar di kawasan itu jumlahnya mencapai 151 hektar.

Kondisi arah angin yang berubah-ubah menyebabkan kebakaran semakin meluas kemana-mana, sementara pemadaman dilakukan secara manual.

Sementara dilaporkan beberapa lahan yang terbakar meliputi blok Talaga Boga, Batu Luhur, blok Batu Kuda, blok Batu Beuheungan, blok Tegal Bodas, blok Jalan Malng, blok Panjak Rama, blok Karang Dinding dan blok Jalan Bukit Seribu Bintang.

Hingga Minggu (27/8/2023) petugas gabungan dan masyarakat sekitarnya terus melakukan upaya-upaya pemadaman dan pemantauan kemungkinan munculnya percikan api.

Baca juga: Kepulan Asap Dampak dari Kebakaran Hutan di Kanada, Mulai Mengancam Kesehatan Warga di Amerika

Kebakaran Hutan Jati
Sementara kebakarang juga terjadi di hutan jati seluas lima hektar di kawasan Gunung Bungkuk, Desa Bungkuk, Parang, Kabupaten Magetan bagian Selatan.

Kebakaran terjadi pada Minggu (27/8/2023) sekitar pukul 18.15 WIB, membakar hutan jati yang berada di sekitar 250 meter dari pemukiman masyarakat di desa itu.

Namun kebakaran tidak terjadi lama sekitar pukul 21.30 api berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan dan dibantu masyarakat setempat.

Kejadian kebakaran di Gunung Bungkuk merupakan kebakan kebakaran yang kedua kali terjadi dalam bulan Agustus 2023 ini.

Baca juga: 5 Hari Kebakaran Hutan, 3 Hotel Hangus, 2000 Warga Rhodes Selatan Yunani Diungsikan Pakai Perahu

Sebelumnya juga pernah terjadi pada Minggu (13/8/2023) lalu, api bermula pada sore hari dan berhasil dipadamkan pada pukul 23.00 WIB.

Berikut ini beberapa kebakaran yang berhasil di catat selama bulan Agustus 2023 di wilayah Jawa Timur.

Mojokerto
Hingga 12 Agustus 2023, empat titik kebakaran hutan di wilayah Kabupaten Mojokerto.

16 Agustus 2023, kebakaran Taman Hutan Rakyat (Tahura) R Soerjo, Gondang, Mojokerto, 18 hektar terbakar.

Baca juga: Pimpin Rakor, Gubernur Arinal Tekankan Sinergi Dalam Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan

Pasuruan
2 Agustus 2023, kebakaran di wilayah KPH Pasuruan di Desa Sumberjati, Kecamatan Jatirejo

Ponorogo
11 Agustus 2023, terjadi kebakaran di hutan lindung wilayah Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo, 12 hektar lahan Perhutani terbakar.

Selain itu, sebelumnya juga terjadi kebakaran hutan dan lahan terbuka di 10 wilayah kecamatan di Ponorogo, kecamatan Sambit dan Sawoo merupakan kecamatan paling banyak titik kebakarannya.

Wilayah kecamatan Sambit ada 4 titik kebakaran hutan dan lahan terbuka sedangkan di wilayah Kecamatan Sawoo ada 3 titik lokasi kebakaran.

Selain itu juga terjadi di wilayah Kecamatan Jenangan dan Bungkal masing-masing terjadi dua lokasi kejadian kebakaran hutan dan lahan terbuka.

Hutan dan lahan terbuka yang terbakar luasnya mencapai 35,5 hektar, dengan rician 21,5 hektar di hutan lindung di 10 lokasi, dan hutan rakyat 14 hektar, di 7 lokasi kebakaran.

Baca juga: Lomba Desain Logo Hari Jadi Provinsi Jatim ke-78 Disiapkan Hadiah Total Puluhan Juta

Bondowoso
10 Agustus 2023 Kebakaran di bukit di kawasan hutan di Desa Kalianyar, Sempol, Kabupaten Bondowoso dan api berhasil dipadamkan, luas kebakaran mencapai 35 hektar hutan dan lahan terbuka.

Magetan
Kebakaran hutan Jati di Gunung Bungkuk wilayah Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Minggu (27/8/2023), 5 hektar hutan terbakar.

Sebelumnya Minggu (13/8/2023), api juga membakar kawasan itu, kebakaran terjadi sejak sore hari dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Inilah Tujuh Kasus Kebaran Hutan Mendapat Reaksi DPRD Jatim, Belum Diketahui Penyebabnya

Kabupaten Malang
Sabtu, 26 Agustus 2023, kebakaran terjadi di lereng gunung Arjuno, wilayah Desa Pasawahan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sementara berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim terdapat 500 hektare hutan dan lahan terbuka terbakar selama musim panas hingga pertengahan Agustus tahun 2023 lalu.

Kebakaran hutan dan lahan terbuka itu terjadi di 14 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah provinsi Jawa Timur.

Kebakaran yang terjadi sebanyak 54 kejadian kebakaran hutan dan lahan terbuka, titik terbanyak di Ponorogo dan Bondowoso, dan Mojokerto.

Di Ponorogo menurut radio gemasuryafm.com kebakaran terjadi di 17 lokasi dalam kurun waktu selama dua bulan saja, bulan Juli dan Agustus 2023. **