Helo Indonesia

18 Tanaman Herbal untuk Mencegah Kerontokan dan Menumbuhkan Rambut Sehat Impian Anda

Syahroni - Ragam
Selasa, 1 Agustus 2023 18:10
    Bagikan  
Ilustrasi
ist

Ilustrasi - 18 tanaman herbal untuk mengatasi kerontokan rambut.

HELOINDONESIA.COM - Rambut adalah mahkota, begitulah istilah populer yang sering kita dengar. Namun sering kali bagi kebanyakan pria, mereka kehilangan mahkotanya alias mengalami kebotakan.

Kerontokan rambut adalah masalah yang umum terjadi baik pada pria maupun wanita. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti genetika, kekurangan vitamin, perubahan hormonal, dan kondisi medis seperti penyakit tiroid.

Meskipun tidak ada solusi ajaib untuk menumbuhkan rambut, penelitian telah menemukan bahwa beberapa jenis tanaman herbal dapat membantu memperlambat kerontokan rambut atau mendorong pertumbuhan rambut baru.

Beberapa tanaman herbal yang dapat membantu mengatasi kerontokan atau membantu menumbuhkan rambut baru.

Baca juga: Sehatkan Rambut Hingga Jantung, Berikut 13 Manfaat Jeruk Bali untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung enzim khusus yang dapat membantu menghilangkan sel-sel mati yang dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut. Folikel rambut yang tersumbat dapat memengaruhi pertumbuhan rambut.

Memakai gel lidah buaya secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Henna

Daun Henna berasal dari India. Bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana wanita India bisa mempertahankan warna rambut alami mereka sehitam malam, rahasianya terletak pada daun henna.

3. Kemiri

Sejak zaman dahulu, kemiri telah digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut terutama mereka yang menyukai rambut panjang. Tak hanya itu, kemiri juga baik untuk mempertahankan warna rambut asli dan membuatnya tampak alami.

4. Biji rami

Biji rami terkenal dengan manfaat kesehatan asam lemak omega3. Dengan kata lain, biji rami sangat baik untuk mengeluarkan racun dari kulit kepala dan menghilangkan sel-sel mati untuk mendorong pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan membersihkan kulit kepala.

Baca juga: Rangsang Rambut Baru Tumbuh, ini Manfaat Minyak Kemiri Rawat Kesehatan Kulit Kepala

5. Jahe

Banyak sekali manfaat jahe dan diantara manfaat yang luar biasa dari ramuan ini, jahe juga sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi pada folikel rambut untuk pertumbuhan yang lebih cepat dan sehat.

6. Kembang sepatu

Dengan mengoleskan pasta hibiscus ( kembang sepatu kering dicampur dengan minyak kelapa ) secara teratur tidak hanya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut tetapi juga mencegah ketombe dan uban.

7. lemon

Lemon adalah sumber manfaat vitamin C yang sangat baik. Vitamin C baik untuk kesehatan kulit kepala dan sangat membantu menghilangkan ketombe, rambut rontok dan beberapa kondisi rambut dan kulit kepala lainnya.

8. Lavender

Lavender terkenal sebagai anti peradangan kulit dan sangat baik untuk mengatasi kekeringan pada kulit kepala yang dapat menyebabkan beberapa kondisi kulit kepala terutama ketombe.

9. Licorice

Sejak Yunani kuno, teh licorice telah digunakan sebagai pelembab kulit kepala dan rambut untuk menghidrasi kulit kepala yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang sehat dan rambut yang kuat.

Baca juga: Cegah Kebotakan, Berikut 9 Manfaat Henna Sebagai Bahan Alami Perawatan Rambut Anda

10. Peterseli

Sejak zaman kuno, peterseli digunakan secara tradisional sebagai tonik rambut. Dengan mengoleskan hair tonic berbahan peterseli secara rutin dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan mencegah rambut lemah.

11. Mawar

Manfaat kesehatan air mawar untuk pertumbuhan rambut adalah dengan menghilangkan minyak berlebih yang diproduksi di kulit kepala dan menjaga keseimbangan pH untuk mencegah ketombe dan kondisi kulit kepala lainnya.

12. Pepperminta

Minyak peppermint dapat mencegah kerontokan rambut dengan merangsang pertumbuhan rambut dan pada kandungan mentol yang terdapat pada peppermint juga baik untuk menyegarkan kulit kepala dan rambut.

13. Rosemary

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minyak rosemary dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan merangsang sirkulasi darah dan mengatasi kerontokan rambut untuk mencegah kebotakan.

14. Thyme

Thyme mengandung sifat anti jamur dan antiseptik yang kuat bersama dengan beberapa manfaat penting dari mineral seperti manfaat kesehatan dari potasium, selenium dan magensium untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca juga: Baik Diminum Atau Dijadikan Shampo, Berikut Manfaat Seledri untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anda

15. Ginkgo Biloba

Ramuan ginko biloba tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Ini merangsang sirkulasi darah dan mengalir ke seluruh tubuh, menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lebih cepat serta rambut yang indah.

16. Kelor

Kelor atau Moringa adalah ramuan tiosianat yang memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Ini juga mendorong pertumbuhan rambut baru dan berfungsi sebagai kondisioner alami.

17. Ginseng

Ginseng, ramuan Cina yang banyak digunakan, adalah obat alami untuk berbagai masalah kesehatan, termasuk kerontokan rambut. Ini secara efektif mengobati kebotakan dan mendorong pertumbuhan kembali rambut dengan menutrisi dan memperkuat rambut.

18. Jelatang

Tanaman jelatang membantu menghalangi produksi DHT, sehingga mencegah kerontokan rambut. jelatang juga memiliki sifat antijamur dan antibakteri, yang membuatnya efisien dalam mengatasi kondisi seperti ketombe.