Helo Indonesia

Cegah Kebotakan, Berikut 9 Manfaat Henna Sebagai Bahan Alami Perawatan Rambut Anda

Syahroni - Ragam
Kamis, 27 Juli 2023 16:01
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - Manfaat henna untuk perawatan rambut.

HELOINDONESIA.COM - Henna atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama 'pacar' merupakan salah satu oleh-oleh khas dari Tanah Suci. Henna sendiri merupakan daun tanaman bernama latin Lawsonia inermis yang dikeringkan dan diolah menjadi pewarna alami rambut, kuku dan atau sebagai tinta tato temporer.

Di Timur Tengah, penggunaan henna sudah menjadi tradisi turun temurun. Di negara-negara yang masyoritas penduduknya muslim itu, henna digunakan untuk mwarnai kuku dan membuat hiasan tato temporer di tangan pada acara-acara seperti pernikahan.

Sebagai pigmen pewarna, henna bisa hilang sendiri dalam waktu sekitar 3 minggu. Sementara, sebagai perawatan rambut, henna bisa mengurangi kebotakan hingga menumbuhkan rambut dengan cepat.

Baca juga: Baik Diminum Atau Dijadikan Shampo, Berikut Manfaat Seledri untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anda

Berikut manfaat henna untuk perawatan rambut yang mungkin belum Anda ketahui

1. Mempercepat pertumbuhan rambut

Anda bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan cara alami seperti menggunakan henna. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut, gunakan henna sebagai essential oil yang berfungsi menutrisi rambut agar pertumbuhan rambut lebih cepat.

2. Mengurangi kerontokan rambut

Hena atau daun pacar bermanfaat untuk mengurangi kerontokan rambut. Rambut rontok yang dibiarkan saja bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu Anda harus meminimalisir agar rambut tidak rontok. Henna membantu menguranginya dengan meningkatkan kesehatan folikel

3. Melembabkan rambut

Rambut kering adalah tanda rambut tidak sehat. Selain itu, berbagai masalah yang bisa ditimbulkan oleh rambut kering mudah patah. Untuk melembabkan, kamu bisa menggunakan henna yang dicampur dengan telur dan digunakan sebagai kondisioner.

Baca juga: 6 Sumber Nutrisi Alami dalam Menjaga Kesehatan Rambut

4. Mencegah ketombe

Manfaat henna lainnya untuk rambut Anda adalah mencegah datangnya ketombe. Henna dapat menghilangkan kotoran di kepala sebagai penyebab ketombe. Tidak hanya menghilangkannya, henna juga mampu mencegah ketombe datang kembali

5. Masker rambut alami

Ingin membuat masker rambut alami? Pakai pacar saja. Kandungan nutrisi henna dapat membuat rambut Anda lebih sehat.

6. Memperbaiki rambut bercabang

Rambut bercabang disebabkan oleh rambut kering dan kurang nutrisi. Maka diperlukan ramuan yang dapat menutrisi rambut secara maksimal yaitu dengan menggunakan ramuan henna

Baca juga: Faktor-faktor Utama yang Menyebabkan Kerontokan Rambut pada Wanita

7. Membuat rambut tebal

Memiliki rambut yang sehat dan lebat adalah dambaan setiap wanita. Sekarang, kamu bisa membuat rambutmu lebih tebal dengan menggunakan henna. Karena henna mengandung tanin yang bisa membuat rambutmu lebih tebal.

8. Menyeimbangkan PH dan produksi minyak di kepala

Daun henna untuk pertumbuhan rambut membuat PH kepala seimbang sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih. Bagi Anda yang bermasalah dengan rambut lepek akibat produksi minyak berlebih, wajib mencoba henna

9. Menutrisi rambut dan kulit kepala

Menggunakan henna sebagai alternatif untuk membantu menjaga kesehatan rambut adalah cara terbaik yang bisa Anda lakukan. Dengan menggunakan henna, rambut Anda akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya.