Helo Indonesia

Baik Diminum Atau Dijadikan Shampo, Berikut Manfaat Seledri untuk Menjaga Kesehatan Rambut Anda

Syahroni - Ragam
Kamis, 20 Juli 2023 06:00
    Bagikan  
jus seledri
ist

jus seledri - manfaat seledri untuk kecantikan rambut.

HELOINDONESIA.COM - Jika anda memiliki masalah pada rambut anda, mungkin daun seledri bisa menjadi solusinya. Daun sledri adalah pilihan perawatan kesehatan rambut yang aman, alami serta murah meriah dan tentu saja sangat mudah ditemukan. Daun seledri tebukti mengandung banyak zat yang bisa menyehatkan rambut kita.

Daun seledri sarat akan mineral dan vitamin penting seperti folat, kalium, vitamin B6, vitamin K dan vitamin C. Ini adalah salah satu sayuran yang juga punya banyak manfaat untuk kecantikan, termasuk kecantikan rambut. Berikut beberapa manfaat sledri untuk kesehatan rambut.

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Seledri mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A,B,C dan E yang di butuhkan oleh rambut agar tetap sehat dan kuat. Nutrisi tersebut dapat menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan.

Baca juga: Hilangkan Jerawat Hingga Cegah Kanker, Berikut 10 Manfaat Kesehatan Jus Seledri untuk Tubuh Anda

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Bagi anda yang mengalami kebotakan, cobalah menggunakan daun seledri untuk mengatasinya. Kandungan Vitamin A dan E pada seledri juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

3. Mengatasi Ketombe

Kandungan nutrisi pada seledri seperti Vitamin B dan C dapat mengurangi produksi minyak berlebihan pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan mengurangi rasa gatal yang di sebabkan ketombe .

4. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Seledri mengandung antioksidan yang dapat membantu masalah kulit kepala seperti iritasi dan infeksi, selain itu kandungan pada seledri juga dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala.

5. Mengurangi Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada rambut seperti rambut kering, rapuh dan mudah patah. Seledri mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas sinar matahari serta dapat melembabkan rambut.

Baca juga: Atasi Peradangan Hingga Cegah Kanker, Berbagai Ini Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

6. Mengurangi Kebotakan

Masalah kebotakan pada rambut sering disebabkan oleh berbagai faktor keturunan, usia dan kekurangan nutrisi. Seledri mengandung senyawa yang di sebut apigenin yang dapat membantu mengurangi kebotakan pada rambut.

7. Melembabkan Rambut

Seledri mengandung banyak air dan juga memiliki sifat kelembaban. Kandungan air pada seledri dapat membantu menjaga kelembaban pada rambut dan membuat rambut menjadi lebih sehat serta berkilau. Serta dapat mengatasi rambut kering dan kusam.

8. Meningkatkan kesuburan Rambut

Senyawa-senyawa pada seledri dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut baru serta meningkatkan elastisitas rambut.

Baca juga: 6 Sumber Nutrisi Alami dalam Menjaga Kesehatan Rambut

9. Menjaga Warna Alami rambut

Kandungan nutrisi pada seledri seperti vitamin A,B dan C dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah warna rambut menjadi kusam.

Selain dikonsumsi, jus seledri bisa digunakan sebagai rutinitas perawatan rambut. Seledri dapat membantu pertumbuhan rambut, serta menutrisi akar dan helai rambut. Berikut cara perawatan rambut dengan menggunakan seledri.

  • Siapkan seledri kemudian cucui bersih

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan seledri yang akan digunakan. Lalu, cuci hingga bersih agar bebas dari kotoran dan kuman.

  • Potong - potong

Potong - potong kecil seledri menjadi beberapa bagian, tidak perlu terlalu kecil. Hal Ini untuk memudahkan saat dimasukkan ke dalam blender.

  • Blender seledri

Blender batang dan daun seledri yang sudah dipotong. Tambahkan sedikit air hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Usahakan jangan terlalu encer.

  • Saring jus

Setelah selesai diblender, saring jus seledri untuk memisahkan ekstrak dan ampasnya.

  • Gunakan pada rambut

Oleskan jus seledri pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat (sekitar 10 sampai 15 menit), dan kemudian bilas.

Itulah manfaat dan cara menggunakan daun seledri untuk rambut. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

(Jumadi)