Helo Indonesia

Tak Hanya Nyeri Haid, Jamu Kunyit Asam Juga Ampuh Atasi Berbagai Penyakit Berikut Ini

Syahroni - Ragam
Jumat, 28 Juli 2023 19:36
    Bagikan  
Jamu kunyit asam
Tangkapan layar Youtube

Jamu kunyit asam - Beragam manfaat jamu kunyit asam.

HELOINDONESIA.COM - Jamu merupakan salah satu warisan budaya yang harus terus dijaga kelestariannya. Bukan hanya karena nilai sejarahnya, namun juga karena manfaatnya yang sudah terbukti baik untuk kesehatan.

Dari sekian banyak macamnya, jamu kunyit asam adalah yang paling banyak diminati. Sama seperti namanya, jamu kunyit asam dibuat dengan mencampur parutan kunyit dan asam jawa.

Jamu kunyit asam sudah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat herbal untuk meredakan nyeri haid bagi wanita. Namun ternyata, khasiatnya lebih dari itu. Kunyit asam ternyata dapat juga mengobati beragam masalah kesehatan lain.

Baca juga: Minum Kunyit dan Daun Salam Manjur Sembuhkan Asam Urat, Cek Cara Penggunaannya

Berikut manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi nyeri haid

Jamu kunyit asam efektif membantu wanita untuk mengurangi nyeri haid. Hal ini dimungkinkan karena jamu kunyit asam mengandung senyawa kurkumin dengan efek analgesiknya yang efektif meredakan peradangan dan kontraksi rahim saat menstruasi.

Selain membantu mengatasi nyeri haid, jamu kunyit asem juga membantu wanita mendapatkan siklus haid yang lebih baik.

2. Menjaga kesehatan ginjal

Jamu kunyit asam adalah diuretik alami. Minum jamu kunyit asam dapat membuang kelebihan lemak, bakteri jahat, dan bahan lain yang tidak diinginkan melalui ekskresi urin.

Buang air kecil secara teratur akan membantu meningkatkan kesehatan ginjal, dan sepanjang saluran urin. Dengan begitu, kita juga bisa terhindar dari infeksi saluran kemih.

Baca juga: Rutin Minum Air Kunyit Setiap Pagi, Batuk, Radang Sendi dan Penyakit Lain Dijamin Pergi

3. Menjaga kekebalan tubuh

Tingginya kadar vitamin C yang dimiliki asam jawa mampu memberikan kontribusi yang baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan tameng utama untuk melindungi kita dari ancaman bakteri dan virus yang mungkin kita jumpai selama beraktivitas sehari-hari.

Jadi, dengan kandungan vitamin c itu juga dapat mencegah beberapa penyakit seperti flu dan sariawan.

4. Mengurangi resiko kanker

Kunyit mengandung antioksidan yang baik. Antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mengurangi risiko terkena kanker.
Berdasarkan beberapa studi klinis, kunyit dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker antara lain kanker prostat, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker paru-paru.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kurkumin dalam jamu kunyit asam dapat membantu wanita untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Itu terjadi karena kunyit membantu metabolisme normal dan secara efektif mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh yang merupakan salah satu faktor obesitas.

Baca juga: Kaya Manfaat Kesehatan, Berikut Resep Membuat Teh Kunyit Susu India Alias Haldi ka Doodh

6. Mengobati nyeri sendi

Sifat analgesik kurkumin dari jamu kunyit asam sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit. Selain efektif untuk mengurangi kram perut saat menstruasi, juga dapat mengurangi nyeri pada persendian terutama yang disebabkan oleh radang sendi.

Khasiat anti-inflamasi jamu kunyit asam membantu mengurangi peradangan di dalam persendian.

7. Mengatasi Keputihan

Ada berbagai cara mengatasi masalah keputihan, salah satunya mengonsumsi kunyit asam. Manfaat kunyit asam ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu hentikan dan cegah keputihan.

8. Mencegah Penuaan Dini

Jamu kunyit asam mengandung antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

Baca juga: Ditakdirkan untuk Bersama, Peneliti Ungkap Alasan Kenapa Kunyit dan Lada Hitam Tak Bisa Dipisahkan

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit asam mampu meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

10. Mencerahkan Kulit

Jamu kunyit asam baik untuk kulit. selain mengatasi jerawat, jamu ini juga dapat mencerahkan kulit. Kandungan vitamin A an C yang terdapat dalam kunyit asam memang dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih cerah.

11. Mengurangi Risiko Komplikasi Penyakit Jantung

Manfaat jamu kunyit asam yang selanjutnya adalah mengurangi risiko komplikasi penyakit jantung. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki fungsi utama sebagai antioksidan dan antiradang.

Selain itu dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kurkumin secara rutin dapat mengurangi risiko komplikasi akibat penyakit jantung.