Helo Indonesia

Ditakdirkan untuk Bersama, Peneliti Ungkap Alasan Kenapa Kunyit dan Lada Hitam Tak Bisa Dipisahkan

Syahroni - Ragam -> Makanan
Selasa, 6 Juni 2023 13:00
    Bagikan  
Kunyit dan Lada Hitam.
Doc/ Health Digest

Kunyit dan Lada Hitam. - senyawa curcumin pada kunyit akan lebih baik diserap tubuh jika ada senyawa piperine dari lada hitam.

HELOINDONESIA.COM - Kunyit adalah bumbu dapur yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Tapi tahukah Anda bagaimana cara agar kunyit lebih ampuh ketika dikonsumsi manusia? Lada Hitam. Yah, itulah pasangan hidup kunyit yang tidak bisa dilepaskan jika ingin mendapatkan khasiat yang lebih dari kunyit.

Penelitian menunjukkan bahwa Curcumin, zat alami dalam kunyit, tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Tapi piperin, senyawa yang ditemukan dalam lada hitam, dapat membantu meningkatkan penyerapan Curcumin.

Curcumin dengan sendirinya cepat meninggalkan tubuh, yang berarti Anda mungkin kehilangan beberapa manfaat kesehatan kunyit, menurut Courtney Schuchmann, MS, RD, LDN, ahli diet terdaftar di University of Chicago Medicine.

Baca juga: Mengungkap Fakta, Manfaat Rendaman Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dilansir dari Verywell, Schuchmann menyebut bahwa piperin bekerja dengan "memblokir jalur metabolisme Curcumin ", yang membantu tubuh mengambil dan menggunakan Curcumin. Piperine bekerja dengan cara yang sama dengan nutrisi lain dan juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi, beta-karoten, dan selenium.

Oleh karena itu, lain kali Anda memasak dengan kunyit, pikirkan juga untuk mengambil penggiling merica yah agar kedua pasangan ini tidak terpisahkan lagi.

“Coba gabungkan kunyit dan lada hitam untuk saus, kari, bumbu perendam, saus salad, dan bahkan dalam smoothie untuk memanfaatkan potensi manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan curcumin,” kata Schuchmann.

Haruskah Anda Selalu Makan Kunyit dan Lada Hitam Bersama?

Meskipun memasak dengan kunyit dan lada hitam mungkin merupakan ide yang bagus, jangan stres jika Anda kehabisan lada atau tidak suka menambahkannya. Kunyit mungkin masih menawarkan manfaat anti-inflamasi dan kesehatan lainnya tanpa lada hitam, kata Monique Richard, MS, RDN, LDN, ahli diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics yang berbasis di Johnson City, TN.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Teh Chamomile Menurut Tinjauan Penelitian

“Sedikit lebih mudah bagi tubuh kita untuk menggunakan senyawa aktif dalam kunyit dengan memasangkannya dengan piperin, tetapi tetap bermanfaat tidak peduli bagaimana kita mengkonsumsinya,” kata Richard kepada Verywell.

Lada hitam bukan satu-satunya bahan yang dapat membantu tubuh menyerap kunyit. Curcumin larut dalam lemak, yang berarti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun extra virgin, dan alpukat semuanya dapat membantu tubuh Anda menyerap dan menggunakan curcumin, jelas Richard.

Kunyit telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda dan masakan Asia selama berabad-abad, dan bumbu ini sering digunakan dalam resep yang mengandung ikan, kacang mete, dan sumber lemak sehat lainnya.

“Kita harus ingat bahwa kita tidak mengkonsumsi sesuatu dengan sendirinya. Semua hal ini bekerja secara sinergis bersama-sama,” katanya.

Kunyit Mungkin Juga Mempengaruhi Mikrobioma Usus

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa penyerapan bukan satu-satunya cara tubuh mengakses kurkumin. Zhaoping Li, MD, PhD, seorang profesor kedokteran dan kepala divisi nutrisi klinis di University of California, Los Angeles, mengatakan bahwa kita mungkin mendapatkan lebih banyak manfaat kesehatan dari kunyit melalui dampak bumbu pada mikrobioma usus daripada dari apa yang diserap dalam darah.

Baca juga: Rutin Minum Teh Jahe Setiap Hari, Rasakan 8 Manfaat Kesehatan Berikut Ini

Li ikut menulis sebuah studi tahun 2019 yang menemukan bahwa takaran bumbu kuliner mengubah komposisi mikrobioma usus. Para peneliti menggunakan campuran kayu manis, oregano, jahe, lada hitam, dan cabai rawit untuk penelitian tersebut. Meskipun mereka tidak menggunakan kunyit secara khusus, temuan menunjukkan bahwa manfaat yang kita dapatkan dari rempah-rempah dapat dikaitkan dengan efek prebiotik yang memberi makan bakteri sehat di usus.

Diperlukan lebih banyak penelitian, khususnya pada kunyit, tetapi Li mengatakan bahwa intinya adalah kunyit dan lada hitam dapat memberikan manfaat kesehatan baik dikonsumsi bersama atau tidak.

“Makan lada hitam, makan [kunyit] sebanyak yang kamu mau,” kata Li. “Jika tidak, Anda mungkin tidak perlu khawatir karena masing-masing dari mereka secara mandiri dapat membantu Anda meskipun tidak benar-benar terserap.”

Apa Artinya Artikel Ini Bagi Anda

Menambahkan lada hitam dapat meningkatkan penyerapan curcumin, sehingga tubuh Anda dapat memanfaatkan sifat anti-inflamasi curcumin dengan lebih baik.