Helo Indonesia

Kaya Manfaat Kesehatan, Berikut Resep Membuat Teh Kunyit Susu India Alias Haldi ka Doodh

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 27 Juni 2023 07:00
    Bagikan  
Haldi ka Doodh
istockphoto

Haldi ka Doodh - Haldi ka Doodh atau teh kunyit India memadukan teh dan kunyit yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Beberapa orang menyebutnya Turmeric Latte. Sementara orang India menyebutnya Haldi ka Doodh. Namun apapun namanya, resep yang menggabungkan antara teh dan kunyit ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan Anda.

Resep Haldi ka Doodh sendiri muncul dari kebiasaan orang India yang senang minum the herbal. Pantas saja mereka jarang pergi ke dokter umum karena ternyata minuman ini banyak manfaat kesehatannya. Mari kita ulas mengapa minuman ini sangat berkhasiat.

Apa itu kunyit dan dari mana asalnya?

Kunyit sendiri berasal dari India Selatan dan kini penyebarannya sudah sampai hamper ke seluruh penjuru dunia. Dalam budaya Weda, kunyit telah digunakan untuk tujuan keagamaan dan terus memegang peranan penting hingga saat ini. Penggunaannya dapat ditelusuri kembali ke 4000 tahun yang lalu, dengan Cina menangkap sekitar 700 SM dan Afrika pada 800 SM.

Kunyit sendiri adalah akar tanah yang berwarna oranye-kuning, terlihat mirip dengan jahe di luar dan di atas tanah, tanaman itu sendiri memiliki bunga terindah yang pernah Anda lihat. Terlepas dari namanya yang berbeda dalam bahasa yang berbeda (Kunyit India, Kunyit, Huldee Doodh dalam bahasa Hindi dan dalam bahasa Tamil Palile Manjal), tanaman batang tanah ini sebenarnya berasal dari keluarga jahe dan secara ilmiah dikenal sebagai Curcuma longa.

Baca juga: Stop Sekarang Juga, Ini 5 Bahayanya Jika Menambahkan Gula ke dalam Cangkir Teh Anda

Bagaimana kunyit digunakan saat ini?

Orang-orang di India maupun Indonesia kerap memakan, meminum, dan bahkan memakainya dengan cara dilumurkan ke tubuh. Yah, ketika terluka, kunyit efektif menghentikan pendarahan dan menjaga luka tetap bersih dari bakteri karena kunyit juga merupakan antibiotik alami.

Selain obat, akar yang sangat serbaguna ini juga digunakan sebagai pewarna tekstil, sebagai stimulan aromatik dan dalam industri makanan dan minuman. Kunyit juga pernah digunakan sebagai parfum di zaman kuno. Dalam budaya India, akarnya ditumbuk menjadi bubuk dan dicampur dengan ramuan tradisional lainnya hingga membentuk pasta. Pasta ini dioleskan ke kulit pengantin pada malam sebelum pernikahan dalam sebuah upacara, agar mereka mendapatkan cahaya keemasan untuk hari istimewa mereka. Saat ini toko kesehatan di seluruh dunia memiliki berbagai macam teh yang tersedia dan sudah saatnya Anda mengetahui alasannya.

Manfaat kunyit

Kunyit mengobati ratusan penyakit. Karena saking banyaknya masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan kunyit, berikut daftar singkat yang bisa kami rangkum:

Baca juga: Tak Sama Rasa dan Khasiatnya, Ini Perbedaan Antara Teh Hijau dan Matcha yang Harus Anda Ketahui

  • Kunyit bersifat anti-inflamasi
  • Antibakteri
  • Antioksidan
  • Antivirus
  • Ada sifat penyembuhan yang juga membantu mencegah dan mengobati kanker,
  • Mengurangi gejala radang sendi
  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • Membantu menyeimbangkan IBS (sindrom iritasi usus besar)
  • Dapat membantu mengobati dan mencegah alzheimer
  • Membantu mengelola dan mencegah diabetes, kondisi paru-paru
  • Dan yang tak kalah pentingnya mengurangi risiko masalah kardiovaskular.

Bagaimana cara menggunakannya dalam teh dan minuman lainnya?

Teh Kunyit berasal dari India dan merupakan minuman pokok di setiap rumah. Tanyakan kepada anak-anak India mana pun dan mereka akan memberi tahu Anda bahwa itu adalah hal terakhir yang mereka konsumsi sebelum tidur dan hal pertama yang mereka minum jika mereka masuk angin. Ada banyak cara menyiapkan minuman, baik dengan air maupun dengan susu. Akarnya digiling menjadi bubuk dan ditambahkan ke dalam panci berisi susu, kemudian direbus dan disaring menjadi cangkir sebelum diminum.

Mari berbagi beberapa resep:

Haldi ka Doodh/ (Susu Kunyit):

Dalam mangkuk kecil campur bersama bahan-bahan berikut-

  • ¼ sdt bubuk kunyit,
  • ¼ sdt kapulaga bubuk,
  • ¼ sdt lada hitam,
  • Jahe giling,
  • Sejumput cengkih bubuk.

Baca juga: 5 Jenis Teh Termahal di Dunia, yang dari Kotoran Panda Saja Dibandrol Rp44 Juta per 50 Gramnya

Panaskan susu dalam panci selama sekitar 3-4 menit, sampai panas. Tambahkan sedikit madu murni sesuai selera dan beberapa tetes ekstrak vanila. Tambahkan 1 sdt campuran bumbu kunyit ke dalam susu dan kecilkan api selama sekitar 2-3 menit. Setelah susu siap, saring ke dalam cangkir Anda dan nikmati.

Teh Kunyit Jahe untuk pilek dan flu:

Masukkan air ke dalam panci dan tambahkan:

  • Beberapa irisan jahe (sesuai selera Anda, semakin banyak Anda menambahkan semakin baik kerjanya),
  • Sepotong kayu manis/ ½ sdt bubuk kayu manis, 2 atau 3 gilingan lada hitam.
  • Setelah semuanya mendidih, tambahkan madu murni dan ½ sdt bubuk kunyit dengan api kecil.
  • Saat Anda siap untuk menikmati minuman ajaib ini, saring ke dalam cangkir dan nikmati.

Tambahan lainnya:

Anda juga dapat menambahkan susu almond atau santan untuk membantu menyerap bubuk yang juga cocok untuk vegan yang mencari alternatif susu sapi. Untuk rasa, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes lemon/jeruk nipis.

Pilihan variasi dan rasa tidak terbatas, begitu pula manfaatnya.

Dapatkan sebungkus akar / bubuk kunyit, ambil rempah-rempah Anda, dan bakar tubuh, dan jiwa Anda dengan keajaiban yaitu teh Kunyit. Aman untuk vegan, ini adalah minuman penghangat tubuh yang sempurna yang dapat menenangkan hari yang penuh tekanan.

Dapatkan langganan Anda dan jelajahi dunia rasa Teh hari ini karena kunyit adalah salah satu bahan yang tidak akan pernah ketinggalan tren.