Helo Indonesia

Jangan Asal Konsumsi, Berikut Efek Samping yang Bisa Timbul Usai Makan Buah Markisa

Syahroni - Ragam
Minggu, 9 Juli 2023 19:49
    Bagikan  
Buah markisa
pixabay/ DEZALB

Buah markisa - selain menyehatkan, buah markisa juga dapat menimbulkan efek samping buat sebagain orang.

HELOINDONESIA.COM - Selain menyegarkan, buah markisa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Sederet manfaat buah markisa bagi kesehatan dapat Anda temukan di sini

Untuk kesehatan, buah markisa umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi dan umumnya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan bila dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, orang dengan kondisi atau kepekaan tertentu mungkin mengalami beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping bagi mereka yang memiliki pertimbangan potensial:

1. Dapat menyebabkan reaksi alergi

Meski jarang, beberapa orang mungkin alergi terhadap buah markisa. Reaksi alergi dapat berkisar dari gejala ringan seperti gatal, ruam, atau gatal-gatal hingga reaksi yang lebih parah seperti kesulitan bernapas atau anafilaksis. Jika Anda telah mengetahui alergi terhadap buah lain atau mencurigai adanya alergi terhadap buah markisa, disarankan untuk tidak mengonsumsinya atau mencari saran medis sebelum memakannya.

Baca juga: Mulai dari Menjaga Kulit Tetap Segar, Hingga Menguatkan Tulang, Berikut 9 Manfaat Buah Markisa

2. Dapat menyebabkan masalah pencernaan

Buah markisa mengandung serat makanan, yang dapat membantu pencernaan bagi kebanyakan orang. Namun, mengonsumsi makanan kaya serat dalam jumlah berlebihan, termasuk buah markisa, dapat menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan seperti kembung, gas, atau diare, terutama pada individu dengan sistem pencernaan yang sensitif. Dianjurkan untuk mengkonsumsi buah markisa secukupnya dan dengarkan respon tubuh Anda.

3. Dapat berinteraksi dengan obat-obatan

Jika Anda mengonsumsi obat apa pun, terutama yang dimetabolisme di hati, disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Buah markisa mengandung senyawa tertentu yang dapat berinteraksi dengan obat tertentu, berpotensi memengaruhi keefektifannya atau meningkatkan risiko efek samping.

4. Memiliki asupan kalium yang tinggi

Buah markisa merupakan sumber potasium yang baik, yang umumnya bermanfaat bagi kesehatan. Namun, orang dengan masalah ginjal atau mereka yang menjalani diet pembatasan potasium mungkin perlu memantau asupan makanan kaya potasium, termasuk buah markisa. Dalam kasus seperti itu, asupan kalium yang berlebihan bisa berbahaya.