Helo Indonesia

Jangan Dibuang! Tips Memanfaatkan Makeup yang Sudah Expired

Ratu Mandiri - Ragam
Kamis, 11 Juli 2024 15:29
    Bagikan  
Makeup expired.
pinterest

Makeup expired. -

HELOINDONESIA.COM - Pernahkah kamu memeriksa tanggal kadaluwarsa setiap produk? Setiap produk makeup memiliki jangka waktu expired yang harus diperhatikan untuk memastikan produk tersebut aman digunakan.

Seorang dokter estetik dari ISAAX Luxe, Dr Geetika Mittal Gupta menyebut produk makeup yang expired kemungkinan telah tercemar bakteri, jamur, maupun patogen berbahaya lainnya. Hal ini akan membahayakan kesehatan kulit jika produk makeup yang expired tersebut masih digunakan.

Oleh karena itu, ada baiknya memang produk makeup yang expired dibuang dan digantikan dengan yang baru. Namun ternyata kamu tidak perlu langsung buru-buru membuang produk makeup yang expired karena bisa bermanfaat untuk hal lain. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

1. Mascara

Maskara akan expired pada tiga hingga enam bulan pemakaian. Jangan langsung dibuang! Kamu masih manfaatkan spoolie atau kuas pada bagian mascara untuk merapikan alis. Selain itu, kamu bisa bisa menggunakan kembali maskara yang expired untuk mewarnai uban yang tiba-tiba muncul.

2. Eye shadow

Terkadang beberapa warna dalam palet eyeshadow sudah habis karena sering digunakan. Kemudian sisanya akan dibiarkan hingga expired. Daripada dibuang, kamu bisa memanfaatkan sisa warna pada eyeshadow sebagai cat kuku. Kamu bisa campurkan bubuk eyeshadow dengan cat kuku transparan sebagai tambahan warna. Kamu juga bisa membuat gradasi-gradasi warna untuk makeup yang sudah expired.

3. Lipstik

Kamu bisa gunakan kembali lipstik yang expired sebagai produk dekoratif dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Tujuannya untuk membunuh bakteri dan jamur yang bersarang pada lipstik. Akan lebih baik jika dimasukkan ke dalam UV Sterilizer untuk memastikan semua bakteri benar-benar mati. Setelah itu, campur dengan petrolium jelly untuk dijadikan sebagai lip balm. Bisa juga kamu sumbangkan untuk mua makeup jenazah.

4. Loose Powder

Produk bedak tabur yang sudah kadaluwarsa bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan minyak di rambut. Fungsinya mirip dengan dry shampoo. Kamu hanya perlu taburkan sedikit loose powder di bagian rambut yang lepek kemudian diusapkan perlu untuk penyerapan minyak berlebih di rambut.

5. Eyeliner

Jika eyeliner-mu masih banyak namun expired, masih bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik tampilan kuku. Kemu bisa menggunakan eyeliner pen untuk membuat grafis pada kuku.

6. Lip balm

Produk lip blam yang sudah expired bisa dimanfaatkan untuk melembapkan ristleting yang macet atau memoles sepatu. Kamu bisa aplikasikan sedikit lip balm pada ristleting yang macet sebagai pelumas sehingga bisa digunakan kembali. Pada sepatu, kamu memerlukan sikat sepatu untuk meratakan produk seluruh area sepatu agar terlihat shining.

Tags
makeuptips