Helo Indonesia

Indonesia Memimpin Jumlah Produksi Game Indie Terbesar di Asia Tenggara ke Steam

Edo - Ragam
Senin, 15 Januari 2024 15:01
    Bagikan  
DATA STATISTIK
x.com @virualSEAsia

DATA STATISTIK - Data statistik jumlah produksi game indie menurut @virualSEAsia

HELOINDONESIA.COM - Perkembangan game di Indonesia berkembang luar biasa, terbukti depeloper gamer khusus game PC di tanah air terbukti unggul di Asia Tenggara hingga awal tahun 2024 ini.

"Indonesia dinobatkan sebagai penyumbang game terbesar di platform distribusi game PC Steam di Asia Tenggara awal tahun 2024," tulis @virualSEAsia dalam unggahannya di akun x.com, Sabtu (6/1 2024) lalu.

Data ini diperoleh dari @virualSEAsia yang merupakan salah satu kurator ternama Steam, Virtual SEA yang menggulas tentang game-game di Asia Tenggara, dalam unggahan di X yang sebelumnya bernama Twitter itu.

Baca juga: Nonton Drama Korea Deaths Game Episode 5 - 8 Sub Indo

Menurut data yang dibagikan itu melalui akun @VirtualSEAsia menyebutkan hingga awal Januari 2024, developer inde Indonesia menyumbangkan gam ke Steam sebanyak 256 karya game.

Jumlah ini menduduki peringkat pertama dalam memproduksi game inde di kawasan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Thailand dan Singapura yang dikenal sangat produktif dalam hal game tertinggal jauh dari Indonesia, hampir setengah dari jumlah game yang diproduksi developer Indonesia.

Baca juga: Atlet Peraih Medali SEA Games Terima Tali Asih, Pesan Suci: Jangan Tinggalkan Jateng!

Thailand berada diposisi kedua dengan jumlah produksi game indie sebanyak 158 game, sedangkan singapura sebanyak 134 game indie di Steam menduduki peringkat ke tiga.

Sementara Filipina berada diperingkat ke empat dengan jumlah produksi game inde sebanyak 92, disusul Malaysia dengan 80 game.

Sedangkan produksi games paling sedikit ada Myanmar dengan 5 game di susul Brunei Darussalam dengan 7 game, sementara Vietnam lebih banyak dari tiga negara di atas yakni 40 game di Steam.

Baca juga: Dibekali Joystick Hall Effect Makin Asyik Bermain, Konsol Game TerransForce Handle 5 Diluncurkan

Sementara urutan kedua negara Thailand merupakan peningkatan signifikan yang dicapai negara Gajah Putih ini yang sebelumnya posisi kedua ada di tangan Singapura.

Meskipun Thailand memiliki banyak permainan game dibanding SIngapura, namun Indonesia tetap menjadi kontributo utama dalam geme indie di Steam.

"Game Asia Tenggara* di Steam mulai Januari 2024! Indonesia ????????masih memegang pole position, tapi kita punya nomor dua baru: Thailand ????????, menyalip Singapura 痩untuk pertama kalinya! Semua permainan: https://bit.ly/SEA-STEAM * ," tulisnya di x.com.

Baca juga: Kabar Gembira bagi Para Gamers, Inilah Daftar 43 Game PC yang Telah Rilis di Bulan November 2023

Berikut ini data statistik dari X.com menyajikan daftar lengkap negara-negara Asia Tenggara penyumbang game terbanyak di platform Steam:

1. Indonesia             : 256 pertandingan
2. Thailand               : 158 pertandingan
3. Singapura            : 134 pertandingan
4. Filipina                 : 92 pertandingan
5. Malaysia               : 80 pertandingan
6. Vietnam               : 40 pertandingan
7. Brunei                  : 7 pertandingan
8. Myanmar             : 5 pertandingan

Baca juga: Drama Korea Deaths Game Jadwal Tayang, Pemain dan Sinopsisnya

Menurut kompas.com, VirtualSEA tak menyebutkan peringkat berapa Indonesia apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang berada di luar Asia Tenggara.

Namun yang jelas, dengan data di atas, bisa disimpulkan bahwa industri game Tanah Air terus berkembang hingga saat ini, dan Indonesia berhasil menjadi salah satu produsen game terpenting di Asia Tenggara, setidaknya untuk platform Steam.

Beberapa developer indie asal Indonesia saat ini bahkan memiliki beberapa game yang meraih sukes di mancanegara, salah satunya seperti A Space for The Unbound (Mojiken Studios).

Baca juga: Pengguna Windows dapat Kabar Baik, Kini Bisa Akses 3000 Game Gratis dengan Play Games PC

Dia memenangkan beragam penghargaan lokal dan internasional yang membuat depelomper ini sangat dikenal di internasional.

Sejumlah game buatan developer indie lokal lain yang cukup terkenal adalah Coffee Talk (Toge Productions), Troublemaker (Gamecom Team), Dreadout (Digital Happiness), Coral Island (Stairway Games), Grammarian Ltd (Algorocks), dan masih banyak lagi. **