Helo Indonesia

Hasil Survei: Dua Parpol Palemen Gagal Kembali ke DPR, Perindo dan Hanura Juga Gagal Lolos

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Jumat, 25 Agustus 2023 10:25
    Bagikan  
Bendera
Perindo

Bendera - Bendera Partai Perindo

HELOINDONESIA.COM - Semua parpol pasti kerja keras di tahum politik ini guna menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024. Mereka terus bersolek sebaik mungkin, guna menampilkan diri sebaik mungkin di hadapan rakyat calon pemilih.

Bahkan ada yang sudah sosialisasi pol-polan, seperti Perindo yang tiap hari muncul di televisi grup MNC. Di grup itu ada empat stasiun tv semua memberi kesempatan untuk sosialisasi Perindo.

Yang menjadi pertanyaan apakah kerja keras semua parpol itu sudah seperti yang diharapkan, misalnya bisa melolosakan diri ke Senayan.

Maksudnya bisa menjadikan parpol yang mumpuni untuk duduk di DPR dengan lelos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) 4 persen?

Baca juga: Akhirnya, Luis Rubiales Mundur Buntut Aksi Cium Bibir Jenne Hermoso di Panggung Piala Dunia Wanita 2023

Ada hasil survei mutakhir yang dikeluatkan Litbang Kompas, paling tidak bisa menjadi gambaran posisi masing-masing perpol, kini ada 18 parpol yang akan ikut Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.

Survei Litbang Kompas ini digelar pada 27 Juli – 7 Agustus 2023 dengan melibatkan sebanyak  1.364 responden dari seluruh Indonesia, menggunakan cara wawancara tatap muka.

Untuk tingkat keterpilihan atau elektabilitas, ada tujuh partai politik yang elektabilitasnya di atas 4 persen adalah PDI Perjuangan (24,4 persen), Partai Gerindra (18,9 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (7,6 persen), Partai Golkar (7,2 persen).

Baca juga: Gerindra Yakin PKB Tak Tergoda Tawaran PDIP : Hanya Candaan

Setelah itu, Partai Demokrat (7,0 persen), Partai Keadilan Sejahtera (6,3 persen), dan Partai Nasdem (5,9 persen). Sementara itu, PAN mempunyai elektabilitas 3,4 persen dan PPP 1,6 persen.

Dengan gambaran itu, maka dari 9 parpol parlemen, atau parpol yang sekarang duduk di DPR, ternyata ada 7 parpol lolos ke Senayan. Dan ada dua parpol yang tidak lolos ke DPR, yakni PAN dan PPP.

Akan halnya parpol non parplemen, terutama partai-partai baru, dari hasil survei Litbang Kompas, belum ada yang bisa lolos ke DPR. Partai lama, yakni Partai Hanura juga belum lolos lagi ke Senayan.

Baca juga: Indonesia Tekuk Thailand 3-1 Sekaligus ke Final Piala AFF U-23, Erick Thohir: Para Pemain Tampil Habis-habisan

Bahkan, termasuk Perindo yang sosialisasinya besar-besaran melalui televisi juga belum lolos dari batas minimal parliamentary threshold 4 persen, alias gagal masuk DPR

Partai Hanura  mendapat 0,8 persen, PSI 0,8 persen, Partai Garuda 0,5 persen, Partai Gelora 0,4 persen, Partai Ummat 0,2 persen, Partai Bulan Bintang  0,1 persen, dan Partai Buruh 0,1 persen.

Sebenarnya, di antara partai-partai baru, Perindo punya elektabilitas tertinggi yakni 3,4 persen, sedangkan partai-partai lainnya di bawah 1 persen. Perindo juga termasuk parpol polpuler, berada di peringkat 7, dengan 76 persen.

Baca juga: Laporan Ganjarian Soal Deklarasi Prabowo Ditolak Bawaslu, Begini Tanggapan Gerindra

Urutan popularitas parpol dari Litbang Kompas adalah: PDIP menjadi parpol yang paling populer dengan tingkat ketahuan 85,5 persen. Golkar (86,1 persen) mengikuti, lalu Demokrat (84,2 persen), Gerindra (82,3 persen), PAN (78,9 persen), NasDem (77,9 persen), dan Perindo (76, persen). Sedangkan tingkat kepopuleran 11 parpol sisinya di bawah 68 persen. (**)