Helo Indonesia

Indonesia Tekuk Thailand 3-1 Sekaligus ke Final Piala AFF U-23, Erick Thohir: Para Pemain Tampil Habis-habisan

Winoto Anung - Olahraga
Jumat, 25 Agustus 2023 05:28
    Bagikan  
Timnas Indonesia U-23
pssi.org

Timnas Indonesia U-23 - Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Thailand 3-1 dan melaju ke final Piala AFF U-23 menghadapi Vietnam. (Foto: pssi.org)

HELOINDONESIA.COM - Kemenangan dramatis. Timnas Indonesia menekuk tuan rumah Thaiand 3-1 di semifinal Piala AFF U-23 yang digelar di Rayong, Thailand, Kamis malam 24 Agustus.

Dengan hasil ini, TImnas Indonesia U-23 akan bertemu Vietnam di final Piala AFF 2023. Vietnam sudah melaju ke final setelah mengalahkan Malaysia du semifinal. Laga final akan digelar pada Sabtu 26 Agustus.

Atas hasil kemenangan ini Ketua Umum PSSI Erick Thohir sangat terharu, dan bersyukur kepada Tuhan, serta memuji daya juang para pemain yang dinilainya telah tampil habis-habisan.

Menurut Erick AThohir, ini kemenangan bersejarah, karena mengalahkan Thailand di kandangnya dengan sekor cukup telak, 3-1.

Baca juga: PDIP Pecat Budiman sudjatmiko Buntut Dukung Prabowo

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh J Sroyer menit 10, M Ferarri menit 24, dan dari N Prosombooon menit 45+1 (GBD). Ada pun gol Thailand dicetak oleh t c Wanprashapao pada menit 27.

Dan ini sekaligus catatan kemenangan dua kali secara beruntun, setelah yang pertama dihasilkan saat di final SEA Games yang lalu dengan skor 5-2.

"Alhamdulillah. Pemain tampil baik, rakyat berdoa, dan Allah pun beri jalan," ujar Erick.

Baca juga: Laporan Ganjarian Soal Deklarasi Prabowo Ditolak Bawaslu, Begini Tanggapan Gerindra

Ketua Umum PSSI itu menyatakan terima kasih kepada pemain dan seluruh ofisial yang telah mempersiapkan laga dengan sangat baik.

"Hari ini kembali para pemain tampil habis-habisan dengan kualitas teknis dan mental yang baik. Terbukti Thailand yang selama ini sulit kita taklukkan, dua kali beruntun kita kalahkan," ujar Erick.

Meski telah menang atas Thailand, Erick Thohir menyatakan bahwa ini belum menghasilkan juara, maka dia mengajak seluruh tim agar tidak jemawa.

Baca juga: Gerindra Yakin PKB Tak Tergoda Tawaran PDIP : Hanya Candaan

Erick Thohir mengatakan, yang justru dihadapi adalah perjuangan lebih berat, yakni laga final melawan Vietnam, dan ini juga musuh bebuyutan yang sangat Tangguh.

"Lawan kita di final Vietnam, tim Tangguh juga. Masih ada 90 menit plus perpanjangan jika imbang. Jadi kita akan terus berjuang hingga akhir," tandas Erick Thohir.

Timnas Indonesia U-23 asuhan Shin Tae-yong sempat dicibir di turnamen Piala AFF U-23 ini karena di babak awal keok 2-1 dari Malaysia, dan hanya menang 1-0 atas Timor Leste. (**)