Helo Indonesia

Hasil Survei, Partai Demokrat Paling Disukai, PDIP di Peringkat Kelima, tapi Elektabilitas Tertinggi

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Jumat, 25 Agustus 2023 07:22
    Bagikan  
Ketua DPP PDIP Puan Maharani Bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY
Foto : Tangkapan Layar

Ketua DPP PDIP Puan Maharani Bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY - (Instagram)

HELOINDONESIA.COM - Menghadapi Pemilu dan Pilpres 2024, semua partgai politik terus bersolek. Mereka ingin menampilkan sebaik mungkin di hadapan rakyat calon pemilih.

Bukan saja parpol yang duduk di parlemen, jumlahnya 9 partai, tetapi juga partai-partai non parlemen, mereka berlomba menampilkan performa dan gagasan untuk merayu rakyat calon pemilih.

Dan terkait dengan itu, lembanga survey juga berlomba-lomba menunjukkan hasil jajak pendapatnya di Tengah-tengah Masyarakat, dengan menyoroti berbagap sisi, seperti elektabilitas, partai yang disukai, yang akan dipilih, dan lainnya.

Dalam kaitan ini Litbang Kompas juga telah melakukan hal-hal tersebut. Menariknya, hasil survei terbaru Litbang Kompas menunjukkan Partai Demokrat menjadi partai politik (parpol) yang disukai publik, sementara Perindo berada di peringkat keempat dan PDIP kelima.

Baca juga: Anies Pimpin Tim 8 Temui Surya Paloh, Diduga Bahas Cawapres, Netizen: Gelagatnya SP Khawatir Dipanggil Kejaksaan

Ada 18 parpol peserta Pemilu 2024 yang dimasukkan dalam survei Litbang Kompas, yakni dengan menanyakan kesukaan responden. Hasilnya, Demokrat jadi parpol yang paling disukai dengan 54,8 persen. Dan ternyata PDIP berada diperingkat kelima.

Diikuti oleh Golkar (51 persen), Gerindra (49,8 persen), Perindo (45,6 persen), PDIP (44 persen), PAN (42,9 persen), dan NasDem (40,2 persen). Sementara parpol lainnya hanya raih tingkat kesukaan di bawah 40 persen.

Untuk kepopuleran parpol, PDIP menjadi parpol yang paling populer dengan tingkat ketahuan 85,5 persen. Golkar (86,1 persen) mengikuti, lalu Demokrat (84,2 persen), Gerindra (82,3 persen), PAN (78,9 persen), NasDem (77,9 persen), dan Perindo (76, persen). Sedangkan tingkat kepopuleran 11 parpol sisinya di bawah 68 persen.

Baca juga: PDIP Pecat Budiman sudjatmiko Buntut Dukung Prabowo

Sedangkan untuk  tingkat keterpilihan atau elektabilitas, PDIP punya elektabilitas tertinggi. Ada tujuh partai politik yang elektabilitasnya di atas 4 persen adalah PDIP (24,4 persen), Partai Gerindra (18,9 persen), Partai Kebangkitan Bangsa (7,6 persen), Partai Golkar (7,2 persen).

Lantas, Demokrat (7,0 persen), Partai Keadilan Sejahtera (6,3 persen), dan Partai Nasdem (5,9 persen). Sedangkan, PAN mempunyai elektabilitas 3,4 persen dan PPP 1,6 persen.

Litbang Kompas dlam Survei ini juga menangkap elektabilitas partai politik nonparlemen dan partai-partai baru. Hasilnya, tidak ada yang elektabilitasnya di atas 4 persen.

Baca juga: Indonesia Tekuk Thailand 3-1 Sekaligus ke Final Piala AFF U-23, Erick Thohir: Para Pemain Tampil Habis-habisan

Sejumlah partai itu, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) punya elektabilitas tertinggi yakni 3,4 persen, sedangkan partai-partai lainnya di bawah 1 persen.

Berikut  partai-partai terserebut, Partai Hati Nurani Rakyat (0,8 persen), Partai Solidaritas Indonesia (0,8 persen), Partai Garuda (0,5 persen), Partai Gelora (0,4 persen), Partai Ummat (0,2 persen), Partai Bulan Bintang (0,1 persen), dan Partai Buruh (0,1 persen). (**)