Helo Indonesia

Ajak Seluruh Warga ke TPS Memilih PDIP dan Ganjar, Gibran Sudah Kampanye?

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Senin, 21 Agustus 2023 14:35
    Bagikan  
Gibran Rakabuming
X / @ruhutsitompul

Gibran Rakabuming - Gibran Rakabuming mengajak seluruh warga memilih PDI Perjuangan (PDIP) dan Pak Ganjar. (Foto: tangkapan layar video / X / @ruhutsitompul)

HELOINDONESIA.COMGibran Rakabuming mulai mempromosikan PDIP (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan) dan Ganjar Pranowo.  Gibran yang juga Wali Kota Solo tampil di video yang muncul di media sosial dengan baju seragam PDIP dan logo partai partai banteng itu juga.

Dalam narasinya, seperti dalam unggahan Ruhut Sitompul (@ruhutsitompul) mengajak warga berbondong-bondong ke TPI 14 Februari nanti untuk memilih PDI Perjuangan dan Pak Ganjar.

“Selamat siang, saya Gibran Rakabuming mengajak seluruh warga untuk berbondong-bondong ke TPS di 14 Februari nanti untuk memilih PDI Perjuangan dan Pak Ganjar. Terima kasih,” ujar Gibran di dalam video tersebut.

Boleh dikata, Gibran Rajabuming melakukan kampanye, karena sudah melakukan ajakan untuk memilih PDIP dan memilih Pak Ganjar. Dan Ruhut pun memberi catatan, sudah terang-benderang.

Baca juga: Prabowo dan Ganjar Berebut Pengaruh Jokowi, Para Pembesar Parpol Hilang Digdaya Ditekuk Gibran

“Sudah terang benderang ya, mari Kita S u k s e s kan Kami mohon izin dan dukungan “Suara Rakyat Suara Tuhan” MERDEKA,” ungkap Ruhut Sitompul.

Mungkin ada yang mengartikan Gibran sudah berkampanye, meski belum waktunya kampanye Pileg maupun kampanye Pilpres. Apalagi dia sudah menggunakan baju PDIP dan di video itu ada logo PDIP juga.

Namun, menyikapi hal itu, perlu dicermati. Gibran pinter berkelit kalau sudah soal kata-kata. Kalau kita cek lagi, nada kata-katanya memang seperti kampanye, namun kata-katanya tampaknya belum lengkap.

Baca juga: DPR: Pembangunan Museum dan Monumen Reog Ponorogo Perlu Diadopsi Daerah Lain

Kita Simak lagi kata-kata yang diucapkan Gibran: “Saya Gibran Rakabuming mengajak seluruh warga untuk berbondong-bondong ke TPS di 14 Februari nanti untuk memilih PDI Perjuangan dan Pak Ganjar. Terima kasih.”

Sepintas tidak ada yang perlu dicermati lagi, namun kalau kitga cek, ada ‘14 Februari nanti’ ini perlu disimak lebih lanjut. Maksudnya kapan, dia tidak menyebut tahun.

Kalau kita cek, jadwal Pilpres 2024 adalah 14 Februari 2024. Nau di situ, Gibran tidak menyebut angka tahun. Gibran bisa berkelit, soal waktu itu, bisa saja tahun depannya lagi.

Baca juga: Guntur Romli Ngaku Keluar PSI Gegara Prabowo ke PSI, Ternyata Dia Sudah Caleg PDIP

Lantas, ada yang kurang lengkap lagi, Gibran menyebut ‘Pak Ganjar’. Nah, Pak Ganjar ini dalam rangka apa dipilih. Kalau memang terkait Pipres 2024, mestinya menyebut calon presiden dan namanya juga lengkap.

Nama Ganjar kemungkinan banyak, bukan Ganjar Pranowo saja. Dalam hal ini Gibran bisa berkelit lagi kalau ada tudingan sudah berkampanye. Kemudian, frase ‘seluruh warga’ itu juga belum jelas, Dia tidak menyebut seluruh warga negara Indonesia. Mungkin, saja yang dia maksud seluruh warga Solo. (**)