Helo Indonesia

DPR: Pembangunan Museum dan Monumen Reog Ponorogo Perlu Diadopsi Daerah Lain

Winoto Anung - Nasional
Senin, 21 Agustus 2023 12:00
    Bagikan  
Monumen Reog
Ist

Monumen Reog - Monumen Reog Ponorogo, di kawasan pegunungan gamping, Sampung, Ponorogo. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Anggota DPR Fadli Zon mengapresiasi Pembangunan Monumen Reog dan Museum Peradaban menjadi Proyek Skala Nasional (PSN), di kawasan gunung gamping Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jawa Timur.

Menurut Fadli Zon, pembangunan seperti ini bukan hanya tentang fisik, tetapi juga tentang warisan budaya yang harus dijaga dan dihargai.

“Ini penting guna memperkuat identitas nasional yang kaya akan warisan budaya di tengah arus globalisasi modern yang kian meluas," ujar Fadli Zon terkait kunjungannya di Ponorogo dalam rangka Kunjungan BKSAP Day di Ponorogo, pada Sabtu 19 Agustus lalu.

Lebih lanjut, ia berharap bahwa langkah positif ini bisa diadopsi oleh daerah-daerah lain di Indonesia. "Dalam konteks ini, Monumen Reog dan Museum Peradaban di Ponorogo seharusnya menjadi contoh bagaimana budaya dapat menjadi modal penting bagi negara kita," tandas Fadli Zon.

Baca juga: Balada PSIS Semarang, Sudah Kalah dari Persib lewat Dua Penalti juga Kehilangan Pemain Pilar

Dia menggambarkan, Monumen Reog dan Museum Peradaban (MRMP) yang berdiri megah di kawasan gunung gamping Kecamatan Sampung, Ponorogo, itu setinggi 126 meter, dengan fokus perhatian dalam upaya pelestarian budaya di tengah era globalisasi yang semakin kuat.

"Kami mendukung terhadap peningkatan status Monumen Reog dan Museum Peradaban menjadi Proyek Skala Nasional (PSN), guna memperkuat identitas nasional yang kaya akan warisan budaya,” ujarnya.

Anggota DPR yang juga Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia (AMI) Putu Supadma Rudana menyebut MRMP sebagai visi besar persembahan abad 21.

Baca juga: Dulu SBY Tak Pernah Ragu Siapa Penggantinya, Kini Jokowi Masih Terus Pertanyakan Kapasitas Penerusnya

Indonesia sejatinya diwarisi peradaban masa lalu yang mulia. Namun, banyak pihak yang kurang memperhatikan warisan adiluhung itu.

‘’Saya mengapresiasi upaya Pemkab Ponorogo dalam hal ini Bupati Ponorogo yang memiliki visi dan gagasan besar menarasikan sejarah Reog Ponorogo,” ungkapnya.

Putu Supadma memberikan dukungan nyata terhadap usaha pelestarian budaya Indonesia. Monumen Reog dan Museum Peradaban di Ponorogo menjadi simbol penting dalam perjuangan melestarikan warisan budaya bangsa dalam era modern. (**)