Helo Indonesia

MPR RI Sebut Survei Capres Hanya Akal-akalan Lembaga Survei

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Rabu, 21 Juni 2023 13:01
    Bagikan  
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Asrul Sani
Foto : Ist

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Asrul Sani - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia Asrul Sani, menanggapi hasil survei yang menunjukan elektabilitas bakal calon presiden (capres) tertentu pada lembaga survei.

Dia menilai hasil survei lembaga survei merupakan rancangan atau akal-akalan. Kata dia, hasil survey bisa ditentukan oleh responden yang dipengaruhi oleh surveyor yang sudah diarahkan lembaga survei. 

Karena itu Asrul meminta masyarakat tidak langsung mempercayai hasil survei terkait capres untuk pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

"Atau bahkan sudah dirancang presentasenya oleh lembaga survey. Karena itu, tak usah kita imani hasilnya,” kata Asrul Sani dalam keterangannya, Rabu (21/6/2023).

Baca juga: Setelah Dilaporkan, Rekanan PT KAI Akhirnya Bayar Upah Pekerjanya

Jadi, dia melanjutkan, hasil survei terkait elektabilitas sosok capres tertentu dapat ditentukan oleh redponden. Dikatakannya, hasil survei capres beberapa waktu terakhir belim menjadi gambaran elektabilitas capres tertentu.

Elektabilitas itu bisa ditentukan oleh responden secara murni,” ujar Asrul Sani

Sebelumnya, sebuah hasil survei teranyar dari Indonesia Political Opinion (IPO) menempatkan Prabowo Subianto . elektabilitas tertinggi. Kemudian disusul Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan, dalam simulasi pertanyaan semi terbuka dengan 40 pilihan nama yang diajukan kepada responden, hanya ada 16 nama mendapatkan respons.

Baca juga: Denny Indrayana: Cawe-cawe Jokowi Jegal ABeWe, Anis Segera Jadi Tersangka Korupsi di KPK

Baru-baru ini, LSI Denny JA juga merilis survei terkait tingkat kesukaan pemilih yang menyukai Presiden Jokowi terhadap tiga nama bacapres 2024, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Dari 35,1%, Prabowo unggul di pemilih yang suka dengan Jokowi, Soeharto, dan Gus Dur. Capres lainnya menyusul yaitu Ganjar dan Anies.

Survei tersebut digelar pada 30 Mei hingga 12 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Sample survei diambil dengan metode multi-stage random sampling.

Baca juga: Studi Menunjukan Tidur Siang Menjaga Kesehatan Otak

Lagi-lagi capres Prabowo Subianto unggul dalam survey yang dirilis LSN atau Lembaga Survei Nasional. Hasil survei tingkat elektabilutas terhadap tiga bacapres yang belakangan mengemuka, yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies. Hasil survei LSN secara nasional menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas sebesar 38,5%, Ganjar3 2,8%, dan Anies 21,9%.