Helo Indonesia

Menko Mahfud MD Nonton Bola di GBK Tidak di Jejeran Presiden Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir, Ada Apa?

Winoto Anung - Nasional -> Politik
Selasa, 20 Juni 2023 15:25
    Bagikan  
 Mahfud MD dan Royhan Akbar
@mohmahfudmd

Mahfud MD dan Royhan Akbar - Menko Polhukam Mahfud MD dan putranya, Royhan Akbar, saat menonton Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama GBK, Senin 19 Juni. (Foto: @mohmahfudmd)

HELOINDONESIA.COM - Saat menonton laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama GBK, Senin malam 19 Juni, Presiden Jokowi menjejerkan Menhan Prabowo dengan Ketum PSSI Erick Thohir. Dan netizen menyebutnya sebagai kode empuk, pasangan serasi capres-cawapres.

Nah, saat itu ternyata Menko Polhukam Mahfud MD juga menonton, tapi anehnya kok tidak berada di deretan Presiden Jokowi, Prabowo dan Erick Thohir di tribun utama tersebut. Ada apa?

Menko Mahfud diketahui beliau menonton, bisa dilihat dari unggahan foto di akun twitter-nya @mohmahfudmd. Mahfud MD duduk berdua bersama puteranya Royhan Akbar.

“Gemuruh lagu Indonesia Raya dan Garuda di Dadaku di GBK Senayan  beberapa menit sebelum pertandingan Indonedia vs Argentina dimulai, Senin, 19/6/24. Mudah-mudahan ada kejutan ...,” tulis @momahfudmd.

Baca juga: Nonton Bola di GBK, Jokowi Jejerkan Prabowo-Erick Thohir, Netizen: Kode Empuk, Pasangan Serasi Capres Cawapres

Salah satu netizen berkomentar tentang kemiripan wajah ayah dan anak tersebut, dan didoakan sang anak punya kejujuran dan kepinteran alayaknya sang Bapak, Mahfud MD.

“Pakde anaknya mirip banget sm bapaknya copy paste. Mudah2an aja kejujuran, kepinterannya & keberaniannya nurun juga kyk bpknya. Tlg jaga jgn smp terkontaminasi / slh pergaulan,” tulis netizen @widiasmoro_kris.

Di unggahan sebelumnya, saat menyatakan hendak ikut menonton, Menko Mahfud MD juga menunggah foto dirinya bersama Ketum PSSI Erick Thohir dengan jaket sama warnanya. Nah, kok di tribun Stadion Utama GBK, Mahfud MD tidak duduk sesama Menteri di samping Presiden Jokowi, sekali lagi, ada apa?

Kembali soal dijejerkannya Prabowo dan Erick Thohir di atas, mungkin benar, itu kode keras, kode empuk, ataupun sinyal banget, seperti diungkap netizen: “Mojok bertiga dengan Pak Jokowi dan Pak Prabowo ... kode empuk nih,” tulis netizen @lexanderA_.

Baca juga: Jokowi Puji Timnas Indonesia dan Erick Thohir yang Telah Mampu Datangkan Tim Besar Argentina

Dan boleh dikata, ini juga disengaja. Salah satu pendulumnya, sebenarnya Menko Polhukam Mahfud MD malam itu ikut nonton itu tadi. Namun, Menko Mahfud MD tidak berada di barisan ketiga pemimpin tersebut.

Padahal, secara hirarki, Menko Mahfud lebih tinggi posisinya dibanding Menhan Prabowo dan Erick Thohir selaku Menteri BUMN, namun sang Menko tidak berjejer bersama ketiganya. Jadi, tidak terlalu salah, kalau posisi duduk ketiga tokoh ini, Jokowi, Erick Thohir, dan Prabowo, disengaja pengaturannya.

Terlebih kalau kita cek tempat duduk dan jenis kursi yang diduduki Menko Mahfud MD, sangat berbeda. ATempat duduknya seperti tribun biasa. Dia menonton bersama putranya, Royhan Akbar, yang menyempat kandatang ke Jakarta untuk menonton laga Timnas Indonesia vs Argentina.

Bila dicek lebih detil, di deretan ketiga tokoh, berikutnya ada Menpora Ario Tedjo, di samping Presiden Jokowi ada Ibu Iriana (kalau tidak salah, karena di situ ada anak kecil, Jan Ethes). Itu kalau melihat foto yang diunggah laman Setkab.

Baca juga: SBY Bermimpi, Bersama Jokowi Jemput Megawati untuk Naik KA Gajayana ke Jawa, di Stasiun Gambir Presiden ke-8 Belikan Karcis

Jadi, di deretan itu tidak ada sosok Menko Mahfud MD. Ini kalau dilihat detil lagi di foto unggahan @mohmahfudmd, dia duduk berdapingan dengan sang Putera Royhan Akbar. Kursi yang ditempati warna merah, dan lantainya warna seperti abu-abu (warna semen). Di dapannya tidak ada meja.

Sedangkan kursi tempat Presiden Jokowi, Erick, dan Prabowo, warna putih. Di depannya ada meja dan sajian makanan dan minuman. Lantainya, tampak seperti karpet, berwarna merah.

Ini semua agak mengherankan, Menko Polhukam Mahfud MD yang posisinya lebih tinggi tidak tampak di samping Presiden. Maka tak terlalu berlebihan kalau ada yang menduga, memang disengaja bahwa Presiden Jokowi menjejerkan Prabowo dan Erick Thohir di sampingnya, sebagai sinyal atau bahasa netizen, kode empuk, mereka: “Pasangan serasi Capres Cawapres 2024,” tulis @BuniverseD32286 di unggahan Erick Thohir.

(Winoto Anung)