Helo Indonesia

Jokowi Puji Timnas Indonesia dan Erick Thohir yang Telah Mampu Datangkan Tim Besar Argentina

Winoto Anung - Olahraga
Selasa, 20 Juni 2023 09:45
    Bagikan  
Presiden Jokowi dan Erick Thohir
Channel Youtube Sekretariat Negara

Presiden Jokowi dan Erick Thohir - Presiden Jokowi memberikan keterangan usai laga Timnas Indonesia vs Argentina di Stadiom Utama GBK, Senin malam, 19 juni. (Foto: tangkapan layar).

HELOINDONESIA.COM - Usai laga Timnas Indonesia vs Argentina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pujian kepada Timnas Indonesia dan juga memuji Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Sebagaimana disaksikan, dalam laga FIFA Matchday, Senin malam 19 Juni, Timnas Indonesia vs Argentina berkesudahan 0-2 untuk tim tamu yang juga juara Piala Dunia 2022 di Qatar, alias peringkat 1 dunia, Indonesia peringkat 149 FIFA.

Jokowi memberi pujian Erick Thohir karena telah mampu mendatangkan tim besar sekelas Argentina yang nota bene Juara Dunia, sekaligus peringkat pertama FIFA. Mendatangkan tim besar bukan barang mudah kalau ketuanya PSSI bukan Erick Thohir.

Menurut Presiden Jokowi, Timnas Indonesia bermain luar biasa, sangat bagus. Meski kalah 0-2 tapi dengan peringkat yang terpaut jauh, ibarat bumi dan langit, Timnas Indonesia mampu mengimbangi.

Baca juga: SBY Bermimpi, Bersama Jokowi Jemput Megawati untuk Naik KA Gajayana ke Jawa, di Stasiun Gambir Presiden ke-8 Belikan Karcis

"Sangat bagus, kerja keras pemain-pemain kita itu luar biasa," kata Presiden Jokowi di Stadion GBK, Senin malam itu.

Berkali-kali Presiden Jokowi memuji Timnas Indonesia, bermain sangat bagus, padahal Argentina berada di rangking 1 FIFA. Sementara Indonesia, rangking 149.

"Harus kita lihat ya Argentina itu rangking 1 dan kita di rangking 149, tapi bisa mengimbangi meski kita kebobolan 2, dan kita harapkan ini awal kebangkitan persepakbolaan Indonesia," lanjutnya.

Jokowi mengaku sempat deg-degan saat babak pertama. “Saya khawatir kebobolan banyak. Tapi di babak kedua sangat bagus, mampu mengimbangi,” kata Jokowi.

Baca juga: Pelatih Argentina: Pertandingan Tidak Mudah, Indonesia Lakukan Pekerjaan Hebat

Selain memuji Timnas PSSI, Presiden Jokowi juga memberi pujian kepada Ketua Umum PSSI erick Thohir. Hal itu disampaikannya, saat awak media menanyakan kapan mendatangkan tim besar lagi, seperti Brazil.

Menurut Presiden Jokowi, mendatangkan tim besar, apalagi seperti Argentina, peringkat pertama dunia, itu bukan hal mudah kalau ketuanya PSSI bukan Erick Thohir. Dia menegaskan, apa yang disampaikan adalah terus terangnya.

"Ini mendatangkan klub besar seperti ini, apalagi ranking pertama, kan bukan barang yang mudah kalau Ketuanya (PSSI) bukan Pak Erick Thohir. Ini kita harus ngomong apa adanya," kata Presiden Jokowi. Erick Thohir yang berada di sebelahnya pun tampak tersenyum-senyum.

Menurut Presiden Jokowi, pertandingan persahabatan dengan tim besar seperti Argentina sangat penting untuk meningkatkan pengalaman bertanding Timnas Indonesia.

Baca juga: Meski Kalah 0-2, Timnas Indonesia Telah Berikan Perlawanan Gigih Pada Argentina

Jokowi menyatakan PSSI di bawah kepemimpinan Erick akan terus mendatangkan tim-tim besar untuk bertanding dengan Indonesia.  "Sehingga kita semakin banyak pengalaman, tim kita semakin hanyak berkompetisi, semakin banyak pengalaman," kata Jokowi.

Lantas, tim besar negara mana lagi yang akan dihadirkan untuk memberi pengalaman Timnas Indonesia, Presiden Jokowi mengatakan, hal itu jangan ditanyakan kepada Presiden, tapi ke Ketum PSSI.

"Tanya ke Ketua PSSI, masak tanya ke Presiden," kata Jokowi sambil tertawa.  Ketuim PSSI pun langsung menyambar. “Ojo kesusu, satu-satu, tahun depan lah, tahun depan kita lihat," ujarnya, semua tertawa. (*)

(Winoto Anung)