Helo Indonesia

Fenomena Empat Anggota Keluarga Kades Mojokrapak Jombang Terpilih Jadi Anggota DPRD

Kamis, 7 Maret 2024 09:05
    Bagikan  
KPU
kpu jombang

KPU - Salah satu Gedung KPU di Kabupaten Jombang, Jawa Timur

HELOINDONESIA.COM - Jika keluarga Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo gagal masuk parlemen, berbeda dengan keluar Kades di Desa Mojokrapyak, Tembelang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur ini.

Keluarga Kades H Warsubi ini dipastikan suaranya memenuhi syarat untuk duduk di Parlemen DPRD Kabupaten dan DPRD Provoinsi Jawa Timur 2024-2029.

Dalam satu keluarga Kades Mojokrapak ada empat orang yang terpilih menjadi anggota dewan di rumahnya, mereka akan menjadi satu kantor di gedung wakil rakyat.

Keluarga Kades Warsubi masing-masing adalah dua anak dan dua menantunya pengusaha sukses maju sebagai Caleg di DPRD Jombang dan DPRD Jatim.

Baca juga: Dua Alasan Saksi Ganjar-Mahfud Menolak Tanda Tangani Rekapitulasi Kabupaten Sidoarjo

Anak pertama Warsubi, Octadella Bilytha Permatasari mencalonkan dari dapil (daerah pemilihan) Jombang 6 yang meliputi Kecamatan Megaluh, Tembelang dan Kesamben.

Octadella merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Jombang, yang dipastikan dalam Pileg 2024 ini terpilih sebagai anggota dewasn.

Sedangkan suaminya, Farid Kurniawan Aditama maju sebagai Caleg DPRD Provinsi dari Dapil Jatim 10 terdiri dari wilayah Kabupaten Mojokerto dan Jombang.

Dalam Pileg 2024 ini, Octadella merah suara tertinggi dari seluruh Caleg di Jombang dengan jumlah suara sebanyak 21.760 suara.

Baca juga: Inilah Tujuh Kasus Kebaran Hutan Mendapat Reaksi DPRD Jatim, Belum Diketahui Penyebabnya

Sementara Caleg Novadona yang tak lain adalah adik Octadella sendiri dan nomor urut berada di bawah memperoleh 2.394, namun mendapat limpahan suara dari kakaknya.

Dengan demikian Caleg Gerindra, Novadona juga ketiban berkah limpahan suara dari kakaknya, sehingga Novadona dipastikan akan terpilih sebagai anggota dewan di Jombang.

Begitu jugta dengan perolehan suara Farid Kurniawan yang juga suami Octadella juga mendapatkan suara yang signifikan.

"Alhamdulillah kami terpilih menjadi anggota dewan. Jumlah keluarga Pak Warsubi yang terpilih ada empat orang," ujar Octadella seperti dilansir beritajatim.com, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Cegah Keluar Negeri, Periksa Seluruh Anggota DPRD Jatim Terlibat Korupsi Dana Hibah Pokmas Rp 39,5 M

Selain anak dan menantu pertama serta anak kedua, sekarang menantu anak kedua Warsubi, yakni Achmad Fachruddin juga maju sebagai caleh di dapil Jombang 5.

Dapil Jombang 5 meliputi, Kecamatan ploso, Plandaan, Kabuh dan Ngiskan, menantu Warsubi ini berada di nomor urut satu , dengan memperoleh suara sebanyak 10.909 suara.

Bahkan di dapil Utara Kali Brantas Kabupaten Jombang ini Gerindra memborong dua kursi sekaligus, karena Caleg nomor urut dua, Irwan Trisaksono juga mendapat suara cukup ting sebanyak 7.271 suara.

Baca juga: Inilah Calon Anggota DPR-RI Wilayah Dapil IX Bojonegoro-Tuban, Kursi Demokrat Hilang Golkar Bertambah

Di wilayah Kabupaten Jombang di Pemilu 2024 ini, jumlah kursi Partai Gerindra diperkirakan naik 100 persen dari empat kursi sebelumnya kini tahun 2024 menjadi 8 kursi.

Selain keluarga Kades Wasubi ada relasi keluarga juga terjadi di Partai Golkar, yakni Ketua DPD Partai Golkar Basuki Rahmat yang maju melalui Dapil 4, Perak, Gudo, Ngoro dan Badarkedungmulyo maju bersama sang anak.

Hanya saja sang anak Rahmat Agung Saputra tidak maju dalam satu dapil, Agung maju di Dapil Jombang 2, Kecamatan Diwerk, Sumobito, Jogoroto, hasilnya Adik dan Agung berhasil merebut suara cukup tinggi.

Baca juga: Dari Dapil Mataraman Ibas Yudhoyono Kalahkan Puan Maharani, Menjadi Caleg Dengan Suara Terbanyak se-Indonesia

Andik Basuki mendapatkan 9.283 suara sedang Rahmat Agung mendulang 6.282 suara.

Diperkirakan bapak dan anak ini berhasil mendapatkan kursi dari Partai Golkar di DPRD Jombang.

Sebelumnya kedua bapak dan anak ini pada Pemilu 2019, keduanya juga lolos menjadi anggota dewan di Kabupaten Jombang.

Sedangkan dari Partai Gerindra yang lain, pasangan kakak dan adik juga maju sebagai Caleg DPRD Jombang dari Jombang 3 dan Jombang 4.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru Angkutan Umum Jurusan Tulungagung - Pacitan via JLS Dengan Harga Murah

Machwal Huda maju dari Dapil 3 Bareng, WOnosalam, Mojoagung dan Mojowarno sedangkan adiknya Machin dari Dapol 4 wilayah perak, gudo, Ngoro dan Bandarkedungmulyo.

Keduanya Caleg petahana Gerindra pada Pileg 2024 Machwal huda meraup suara sebanyak 7.033 suara dan adiknya Machin mendulang 8.168 suara, dipastikan keduanya kembali terpilih untuk anggota DPRD Jombang periode 2024-2029.

Baca juga: Drama Kecelakaan Mobil Terguling Rombongan asal Tuban di Tikungan Lawu Magetan

Seperti kita ketahui penghitungan suara KPU Jombang hingga saat sekarang sudah selesai dilakukan penghitungan suara, namun nama-nama Caleg yang lolos belum diumumkan.

KPU memberi waktu 3X24 jam untuk mengajukan perselisihan hasil pemilu (PHPU) kepada partaui politik, yang keberatan dari hasil penghitungan. **