Helo Indonesia

Acungan Tangan Dua Jari Iriana Joko Widodo, Dikritik Cak Imin Memalukan Kampanye Menggunakan Fasilitas Negara

Kamis, 25 Januari 2024 21:55
    Bagikan  
DUA JARI
tangkapan layar

DUA JARI - Tangan istri Presiden Jokowi, Iriana Joko Widodo mengangkat tangan dua jari kepada masyarakat di Salatiga, Jawa Tengah saat warga berjajar di pinggir jalan membawa poster Paslon 03, Rabu (24/1/2024).

HELOINDONESIA.COM - Acungan tangan dua jari dari mobil Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja di Salatiga, Jawa Tengah diketahui adalah tangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Saat itu sejumlah warga pendukung Ganjar-Mahfud berjajar di pinggir jalan sambil membawa poster Paslon Nomor 3, untuk dipertontonkan arak-arakan pengawalan Presiden Jokowi.

Namun tiba-tiba ketika mobil Presiden Jokowi melintas di ruas jalan itu, cendela mobil terbuka kemudian keluar tangan yang mengacungkan dua jari.

Baca juga: Jadi Tim Sukses Prabowo-Gibran Khofifah Didesak Ksatria agar Mundur dari Ketum IKA Unair Surabaya

Diketahui tangan tersebut adalah tangan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sontak peristiwa itu mendapat tanggapan dari netizen termasuk Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar.

Calon Presiden dari pasangan Anies Baswedan itu mengkritik Presiden Jokowi dan Ibu Negara agar tidak menggunakan fasilitas negara saat berkampanye.

Sementara Presiden Jokowi ketika ditanya wartawan terkait acungan dua jari dikatakan itu adalah ibu, Jokowi hanya menjawab menyenangkan.

Baca juga: Presiden Boleh Kampanye Boleh Memihak, YLBHI: Rusak Demokrasi!

"Ya kan menyenangkan...menyenangkan....(jokowi kemudian tertawa)...tidak tahu...ya menyenangkan, kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," kata Jokowi seperti dilansir rekaman video channel youtube KOMPASTV, Rabu (24/1/2024).

Sementara Cak Imin berpendapat tidak seharusnya pejabat negara berkampanye dengan menggunakan fasilitas negara, hal itu memalukan.

"Ya kalau menggunakan fasilitas negara itu yang membahayakan. Jangan berkampanye menggunakan fasilitas negara, memalukan," ujar Cak Imin seusai bertemu pembudi daya ikan air tawar di Tulungagung, Kamis (25/1/2024).

Baca juga: Debat Cawapres Gibran Sebut Indonesia Swasembada Beras, Ketua Banggar Tidak ada Swasembada Beras Tahun 2019-2022

Ketika ditanya wartawan apakah ia khawatir jika Presiden Jokowi menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye Muhaimin mengatakan bia rakyat yang menilai.

Terkait tindakan itu Imin hanya bisa mengembalikan ke masyarakat, Cak Imin yakin masyarakat sekarang sudah cerdas dan bisa menilai tentang hal itu.

"Biarkan rakyat menilai dan Presiden memilih posisi yang dihormati atau tidak, rakyat sudah cerdas dan bisa menilai," tandasnya.

Baca juga: Pertunjukkan Laser Show dan Vieo Mapping di Taman Hiburan Pantai Kenjeran Surabaya, ini Rencanya

Seperti kita ketahui sebelumnya unggahan video viral di sosial media terkait tangan mengacungkan dua jari dari cendela mobil Presiden Jokowi.

Jokowi dan istrinya Ibu Iriana duduk di bagian bangku belakang saat berkunjung ke Salatiga, Jawa Tengah.

Namun tiba-tiba kaca mobil belakang terbuka dan terlihat tangan Ibu Negara Iriana mengeluarkan tangan kiri sambil mengankat dua jari saat mobil iring-iringan dalam pengawalan petugas.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru Angkutan Umum Jurusan Tulungagung - Pacitan via JLS Dengan Harga Murah

Sementara ketika sang Ibu Negara mengangkat tangan dan menandakan dua jari di pinggir jalan, tampak sejumlah warga yang membentangkan spanduk Ganjar-Mahfud.

Masyarakat yang dilintasi iring-iringan mobil Presiden Jokowi itu meneriakan nama Ganjar sambil membentangkan poster di tangan mereka.

Baca juga: Warga Perumahan Regency Pesona Puncak Permai Kediri Terisolasi Proyek Tol Kediri-Tulungagung, Ga Bahaya ta!

Menurut Presiden Jokowi mengangkat tangan salam dua jari Iriana adalah bentuk kesenangan bertemu rakyat.

"Menyenangkan. Menyenangkan. Ya enggak tahu (mengapa) menyenangkan. Kalau ketemu masyarakat kan menyenangkan," ungkap Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024). **