Helo Indonesia

Diklaim Zulhas Bergabung ke PAN, Begini Tanggapan Jokowi

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 11 Desember 2023 16:08
    Bagikan  
Kunjungan Presiden Jokowi ke NTT
Tangkapan layar

Kunjungan Presiden Jokowi ke NTT - Pembagian beras kepada masyarakat

HELOINDONESIA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut-sebut saat ini sudah bergabung dengan PAN (Partai Amanat Nasional). Hal itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dalam kampanye di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Terkait hal itu Jokowi buka suara soal pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Menurut dia, PAN merupakan salah satu yang bergabung dengan koalisi pemerintah yang dipimpinnya. Dia menganggap PAN sudah seperti keluarga. Begitupun sebaliknya, dengan PAN berkoalisi dengan pemerintah, dirinya juga merupakan keluarga PAN.

"PAN sudah masuk koalisdi pemerintah, jadi PAN itu masuk ke keluarga kita (Pemerintah). Kalau kita (Pemerintah) jadi keluarga PAN, 'kan juga ya sama saja kan. PAN masuk keluarga kita (pemerintah), kita (pemerintah) masuk keluarga PAN," kata Jokowi di Jakarta Utara, Senin, (11/12).

Baca juga: Respon Jokowi Soal Klaim Cak Imin Pernah Ditawari Jadi Menteri Pertahanan

Jokowi enggan berbicara lebih jauh soal pernyataan Zulikifli Hasan itu. Termasuk saat sejumlah awak media menanyakan soal dirinya sudah resmi bergabung dengan PAN, mantan Gubernur DKI Jakarta itu hanya tersenyum.

Presiden Joko Widodo tercatat sebagai kader PDI Perjuangan. Dalam beberapa kesempatan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut Jokowi adalah petugas partai.

Jokowi maju sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur Jakarta serta menjadi Presiden diusung PDIP.

Namun hingga kini Jokowi belum menegaskan dukungannya pada pasangan capres-cawapres yang diusung PDIP yaitu Ganjar -Mahfud MD. Apalagi anaknya Gibran maju jadi Cawapres mendampungi Prabowo.