Kunjungi RSUD Alimuddin Umar Lampung Barat, Presiden Joko Widodo Didampingi Pj. Gubernur Lampung Dorong Peningkatan Sarana Kesehatan

Jumat, 12 Juli 2024 14:29
Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar di Kabupaten Lampung Barat

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM --- Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar di Kabupaten Lampung Barat, Jumat (12/07/2024).

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimuddin Umar ini merupakan bagian dari agenda kerja presiden untuk memastikan peningkatan pelayanan kesehatan di daerah dan bertujuan untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut.

Usai panen kopi di Desa Kembahang, Kecamatan Batubrak, saat ditemui wartawan Presiden Joko Widodo mengungkapkan akan pentingnya penyediaan fasilitas medis canggih seperti CT scan di rumah sakit daerah. Dalam hal ini, Presiden juga mendorong pemerintah untuk dapat menyediakan ruangan bagi alat kesehatan tersebut.

"Yang paling penting semua rumah sakit yang saya kunjungi siapkan dulu ruangannya. Ruangan harus siap, pemda harus menyiapkan itu untuk CT scan, untuk cath lab, untuk mammogram, untuk x-ray yang modern, siapin dulu," tegasnya. Presiden juga melanjutkan bahwa alat kesehatan tersebut nantinya akan dikirimkan melalui Kementerian Kesehatan.

"Alatnya akan dikirim dari Kementerian Kesehatan. Tahun ini sebagian, tahun depan sebagian, semua kabupaten dan kota, dan MRI (Magnetic Resonance Imaging) untuk rumah sakit yang ada di Provinsi. Disini tadi, baru disiapkan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Barat, Widyatmoko Kurniawan, mengungkapkan bahwa saat ini RSUD Alimuddin Umar telah melayani banyak pasien, terutama peserta BPJS yang mencakup 80 persen dari total pasien. Dengan demikian, Widyatmoko Kurniawan menjelaskan bahwa RSUD Alimuddin Umar memerlukan alat CT scan untuk mempercepat diagnosa penyakit yang lebih kompleks.

"Kita termasuk jauh dari rumah sakit rujukan sehingga perlu untuk mengetahui tentang penyakit yang lebih dalam dengan CT scan,” ungkapnya. Selama melakukan kunjungan ke RSUD Alimuddin Umar, beberapa warga mengungkapkan kepuasannya atas fasilitas dan pelayanan yang diberikan RSUD Alimuddin Umar.

"Bagus sekali, sudah sering berobat, tidak ada kendala. Pelayanannya bagus,” ungkap Nurhaunima selaku pendamping pasien. Putri Arum, juga mengungkapkan kepuasan atas pelayanan kesehatan yang ada. Ia juga menyampaikan harapannya terhadap RSUD Alimuddin Umar pasca kunjungan Presiden di Rumah Sakit tersebut.

“Kalau bisa ditambah fasilitasnya. Contoh kayak spesialis saraf gitu kan kami jauh dari sini jaraknya 4 jam kalau mau ke spesialis saraf itu. Jadi kalau bisa di sini dibuka untuk CT scan sama untuk dokter spesialis sarafnya,” harapnya. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Berita Terkini