Helo Indonesia

Ajarkan Bermedia Sosial, USM Gelar Pelatihan Broadcasting dan Kontributor USM TV

Rabu, 16 Agustus 2023 07:18
    Bagikan  
Ajarkan Bermedia Sosial, USM Gelar Pelatihan Broadcasting dan Kontributor USM TV

PELATIHAN: Para peserta pelatihan broadcasting dan kontributor USM TV menyimak materi dari narasumber. Foto: Ist

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan pelatihan broadcasting dan kontributor USM TV untuk siswa SMA/SMK/MAN/Sederajat di Gedung Auditorium Ir Widjatmoko USM, Selasa (15/8/2023).

Ketua Pelaksana, Albert SE MM PhD mengatakan, kegiatan tersebut termasuk dalam serangkaian acara peringatan Dies Natalies Ke-36 USM dan memperkenalkan kampus kepada siswa-siswa SMA/SMK/Sederajat. Selain itu juga memberikan pengetahuan cara bermedia sosial yang baik kepada para siswa SMA.

''Kami bersinergi dengan kepala satuan humas serta USM TV untuk mempromosikan penerimaan mahasiswa baru, sehingga dengan pelatihan broadcasting ini, jangkauannya bertambah luas, dan semakin banyak masyarakat yang mengetahuinya serta peserta dapat mengetahui bagaimana cara bermedia sosial yang baik,'' katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut baru pertama kali diselenggarakan dengan jangkauan siswa SMA/SMK/Sederajat di area Kota Semarang dan sekitarnya. ''Kegiatan ini akan menjadi program tahunan. Kami berharap, tahun depan jangkauan lebih luas se-Jawa Tengah hingga di seluruh Indonesia,'' tuturnya.

Siswa-Siswi

Pelatihan tersebut diikuti siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat dan perwakilan mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) USM. Kegiatan yang berlangsung sehari itu menghadirkan narasumber Kaprodi Ilmu Komunikasi USM, Edi Nurwahyu Julainto SSos MIKom yang menyampaikan materi tentang ''Teknis Penulisan Berita''.

Selain itu juga Host dan Presenter Kompas TV, Cindy Aristi Dilapanga yang menyampaikan materi ''Teknik Reportase Berita TV'', dan Pimpinan Redaksi USM TV Adi Cahyo yang menyampaikan materi tentang ''Teknik Pengambilan Gambar dan Editing''.

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Rektor III USM Dr Muhammad Junaidi SHI MH. ''USM sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah dan hari ini membuktikan bahwa SDM di USM benar-benar tangguh. Kita tidak hanya memiliki SDM yang banyak, tetapi juga mengembangkan SDM yang lain, salah satunya kita merangkul para siswa SMA/SMK untuk mengikuti kegiatan pelatihan broadcasting dan penyiaran USM TV,'' ujar Junaidi.

''Kami punya banyak media salah satunya yaitu radio dan media terbaru kita adalah USM TV yang mencakup wilayah Jawa Tengah. Ini menjadi salah satu parameter kami untuk mengembangkan sumber daya yang ada di USM maupun sumber daya yang ada di tempat lain,'' tambahnya.

Junaidi berharap, kegiatan ini dapat mendukung proses pengembangan sumber daya manusia sehingga dapat maksimal pada masa mendatang. (ADE