Helo Indonesia

Mbah Suratmi Wisudawan Tertua dari Magetan Berusia 116 Tahun, Bupati Magetan pun Sampai Cium Tangan

Kamis, 3 Agustus 2023 10:05
    Bagikan  
WISUDAWAN TUA
kominfo magetan

WISUDAWAN TUA - Bupati Magetan Suprawoto mencium tangan Mbah Suratmi, wisudawan tertua dari Magetan, Jawa Timur

HELOINDONESIA.COM - Puncak acara peringatan Hari Keluarga Nasional di Kabupaten Magetan, Jawa Timur benar-benar ditandai dengan acara istimewa, salah satunya acara wisuda Sekolah Selantang Magetan, Selasa (1/8/2023).

Bagimana tidak, lantaran dalam acara wisuda itu pesertanya adalah para siswa lanjut usia yang berjumlah 55 orang, yakni para lansia di Kabupaten Magetan, yang seluruhnya telah lulus Sekolah Lansia Tangguh atau Sekolah Selantang.

Dalam acara wisuda para siswa lansia tahun ini benar-bear istimewa dibanding pada wisuda pada tahun-tahun sebelumnya.

Di antara 55 wisudawan dari para lansia terdapat seorang wanita hebat berusia 116 tahun, dia adalah Mbah Suyatmi warga Desa Janggan, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan.

Baca juga: Begini Kronologi Pohon Tumbang yang Menimpa Bus Eka di Raya Ngawi-Maospati Magetan, Jawa Timur

Mbah Suyatmi dari anggota kelompok Mawar Indah Desa Janggan ini meskipun usianya sudah seabat lebih namun masih terlihat sehat dan bersemangat saat mengikuti prosesi diwisuda.

Wisudawan angkatan tahun 2023 ini, mendapatkan predikat menyenangkan dan berbahagia, sesuai yang diajarkan kepada para lansia, untuk bagaimana berbahagia dan bergembira, sekaligus mandiri dan produktif.

Kebahagiaan tak hanya dialami para lansia saat diwisuda, tetapi Bupati Magetan Suprawoto pun ikut berbahagian hingga memberikan ucapan selamat di cium tangan Mbah Suyatmi saat wisuda.

Baca juga: Mbah Soleh Jemaah Haji Tuna Netra Asal Magetan, Ingin Melihat Tanah Suci Dengan Hati

Bahkan Bupati sempat menanyakan apa resepnya hingga bisa panjang usia hingga mencapai umur satu abad lebih itu?

"Terima kasih kepada para lansia yang sudah memberi kebanggaan dan semangat bagi Magetan, pribadi njenenga luar biasa, yg meskipun sudah berumur, tetapi tetap bisa mandiri dan berkarya, semoga semangat bisa ditiru oleh yang muda-muda," ungkap Bupati Suprawoto.

Selain mewisuda lulusan Sekolah Selantang, bupati juga berkesempatan mengucapkan terima kasihnya kepada Dompet Dhuafa yang telah mendukung memdampingi pelaksanaan sekolah lansia tangguh ini.

Baca juga: Warga Sudah Meneriaki, Sebelum Mobil Luxio Disambar KA Dhoho, 127 Perlintasan KA di Daop 7 Madiun Tidak Ada Penjaganya

"Terima kasih, Dompet Dhuafa telah mendukung, mendampingi para lansia di Sekolah Selantang," ujar Bupati Suprawoto penerima penghargaan Satya Lencana Wirakarya dari Presiden Indonesia, di Banyu Asin.

Sementara aksi Bangga Kencana yang hari ini dilaksanakan merupakan puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, Hari Anak Nasional ke-39, Penetapan 164 Kampung Keluarga Berkualitas, dan Wisuda Sekolah Lansia Tangguh Tahun 2023.

Dimana pada tahun ini Kabupaten Magetan menorehkan beberapa prestasi antara lain:

- Juara Bangga Kencana Tingkat Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Magetan meraih juara harapan 2 (dua) pada kategori pasangan KB Lestari 20 tahun, yang di raih oleh pasangan ibu Suparti dan Bapak Heri Suwarno dari Nguntoronadi.

Baca juga: Keluar Sel Lapas Madiun, Polda Lampung Langsung Tangkap Penipuan Mobile Banking

- Juara Lomba kampung KB Tingkat Provinsi Jawa Timur.
Magetan menjadi juara 1, dalam kategori pengembangan pengelolaan kampung kb tingkat provinsi jawa timur. Yang diraih oleh Kampung KB Mawar” Desa Bedagung Kecamatan Panekan

- Penghargaan Tanda Kehormatan Presiden Satyalencana Wira Karya (SWK).
Penghargaan diberikan kepada Bupati Magetan dalam program pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana (bangga kencana) dan percepatan penurunan stunting.

Baca juga: Satu Kilo Sabu, Ganja dan Obat Jenis Trihexipenidhil Dimusnahkan Kejari Madiun Dengan Cara Seperti ini

- Juara 3 Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) tingkat Provinsi Jawa Timur.

- Penganugerahan Kabupaten/ kota Layak Anak Tahun 2023 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anakn( PPPA) RI pada dimana Kabupaten Magetan mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Madya. **