Helo Indonesia

Lewat JMSI, Dubes Vietnam Sampaikan Keinginannya Bertemu Gubernur Arinal

Nabila Putri - Nasional -> Peristiwa
Rabu, 21 Juni 2023 22:52
    Bagikan  
(Foto Ist/Helo Indonesia Lampung)

(Foto Ist/Helo Indonesia Lampung) -

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Lewat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Duta Besar (Dubes) Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong menyampaikan keinginannya untuk bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Tolong koordinasikan, Duta Besar Vietnam sangat ingin bertemu Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersamaan dengan Kunjungan Persahabatan Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam (IVJA) pada 20-24 Juli 2023," kata Ketum JMSI Teguh Santosa.

Lewat video call (VC) saat rapat JMSI Lampung di Sekretariat Rumah JMSI, Jalan P. Emir M Nur, Kota Bandar Lampung, Rabu (21/6/2023), Teguh mengatakan Dubes Vietnam rencana membawa juga atase perdagangan dan dan asosiasi pengusaha di negara tersebut.

"Beliau (Ta Van Thong) menjadwalkan antara 24 sampai dengan 26 Juli 2023," katanya. Teguh rencana akan bertemu dengan sang duta besar untuk membahas lebih spesifik maksud keinginan mereka bertemu Gubernur Arinal, Kamis (22/6/2023),"

Ketua Pengda JMSI Provinsi Lampung Ahmad Novriwan dalam rapat tersebut memyampaikan bahwa Dubes Vietnam merespons kunjungan persahabatan pertama pascaterbentuknya Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam pada 14 April 2023 lalu.

Kunjungan persahabatan tersebut akan diawali dengan kunjungan para wartawan Vietnam dengam didampingi Sekretaris Dubes Vietnam, Do Mahn Dung. Turut serta pula Kanselor Komersial Vietnam (semisal Kadin Vietnam), Phamn the Cuong.

"Silahkan kawan-kawan JMSI Lampung menyesuaikan dan mengagendakan lebih detil kunjungan tersebut. Saya berharap bisa lebih efektif," kata Teguh Santosa.

Ketua Pengda JMSI Provinsi Lampung Ahmad Novriwan lantas melanjutkan memimpin rapat bersama pengurus JMSI Lampung. Ia menekankan agar agenda visitasi Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam ini bisa terlaksana dengan mengeksplore potensi komparatif Provinsi Lampung.

"Sehingga keunggulan demografi, geografis dan kekayaan alam Provinsi Lampung dapat tersampaikan dan disebarluaskan dengan baik oleh para wartawan Vietnam," ujarnya.

Pengurus Pusat JMSI, Herman Batin Mangku dalam rapat mengarahkan agar panitia penyambutan kunjungan persahabatan dapat menampilkan keunggulan dan kearifan lokal setiap daerah yang akan dituju. Di antaranya, Kabupaten Lampung Selatan, Kota Bandar Lampung, Kota Metro, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Pesawaran.

"Ingat juga agar mengemas acara kunjungan dengan pengenalan budaya, potensi pariwisata, UMKM, dan kekayaan alam Provinsi Lampung. Khusus budaya, kita hadirkan Bapak Ansyori Djausal, karena beliau merupakan rujukan sekaligus referensi budaya Lampung dan berasimilasinya keturunan Vietnam di Provinsi Lampung," kata Herman Batin Mangku. (RELIS)