Helo Indonesia

Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Seminar Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon

Kamis, 6 Juni 2024 01:28
    Bagikan  
Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Seminar Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon

Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Seminar Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan di Novotel

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Seminar Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peluang Perdagangan Karbon di Provinsi Lampung sebagai salah satu rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, di Hotel Novotel, Rabu (5/6/2024).

Perubahan iklim merupakan tantangan global yang memerlukan tindakan kolektif dan segera. Emisi gas rumah kaca yang terus meningkat menjadi penyebab utama pemanasan global, yang berdampak pada perubahan iklim yang ekstrim, degradasi lingkungan dan ancaman terhadap kesejahteraan manusia.

Gubernur Arinal menyebutkan, sebagai salah satu Provinsi dengan potensi alam yang besar, Lampung memiliki peran strategis dalam upaya pengurangan emisi gas rumah kaca di Indonesia.

Hal ini selaras dengan isu krusial yang menjadi fokus dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya, dimana di tahun 2024 ini, Indonesia mengambil tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”.

Tema ini menjadi pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan prinsip keadilan.

Provinsi Lampung dinilai memiliki potensi yang tinggi untuk meraup keuntungan dari skema perdagangan karbon. Gubernur mengungkapkan, hal itu lantaran Provinsi Lampung memiliki potensi sumber daya alam yang besar dan lengkap, baik dari sisi darat yang berpeluang antara lain Perkebunan, Kehutanan, Peternakan juga dari sisi kelautan melalui stok perairan wilayah laut.

Isu-isu lingkungan yang terjadi saat ini di Indonesia dan Provinsi Lampung pada khususnya tidak terlepas dari adanya perubahan iklim, dimulai dari suhu bumi yang kian memanas, menipisnya ozon dikarenakan kenaikan emisi gas rumah kaca, hingga bencana alam.

Gubernur selanjutnya mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung menjadikan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca sebagai Indikator Kinerja Utama Daerah dalam bidang lingkungan.(diskominfotik)