Helo Indonesia

Bagian Depan Ambyar, Bus Wisata SMP Malang Tabrak Bak Truk Dari Belakang di Jalan Tol Berkecepatan Tinggi, Dua Tewas

Rabu, 22 Mei 2024 08:28
    Bagikan  
KECELAKAAN BUS
dokumen PJR Polda Jatim

KECELAKAAN BUS - Kecelakaan maut bus wisata rombongan pelajar SMP PGRI Wonosari, Kabupaten Malang di Tol Jombang-Mojokerto, Rabu (22/5/2024) malam

HELOINDONESIA.COM - Tabrakan maut bus wisata pelajar kembali terjadi, kali ini menimpa bus wisata rombongan pelajar SMP PGRI Wonosari, Kabupaten Malang di KM 695+400 jalur A ruas tol Mojokerto-Jombang, Selasa (21/5/2024) pukul 23:34 WIB malam.

Akibat kecelakaan itu dua penumpang meninggal dunia dan 15 orang penumpang lainnya luka-luka berat dan ringan.

Diketahui dua korban meninggal dunia adalah kenek bus dan seorang guru SMP PGRI Wonosari yang diperkirakan duduk di bangku depan.

Baca juga: Percikan Api Velk Ban Penyebab Kebakaran Bus Pahala Kencana di Tol Jombang Mojokerto KM 705

Korban meninggal kenek bus atas nama Edy Sulistiyono, warga Desa Bangle Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.

Sedangkan dari penumpang seorang guru bernama Edy Crisna Handaka, warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Dari 15 orang luka-luka itu, 5 orang diantaranya mengalami luka-luka berat dan 10 di antaranya luka ringan, sementara bagian depan bus hancur dan kaca depan ambyar.

Menurut informasi yang diperoleh dari petugas PJR mengungkapkan bus wisata mengangkut rombongan pelajar dengan jumlah penumpang sebanyak 33 orang.

Baca juga: Berisi 24 Ribu Liter Metanol, Ban Truk Meledak Hingga Membakar Tangki Bikin Panik Pengguna Tol Jombang-Mojokerto

Bus Pariwisata Bimorio W 7422 UP semula melakukan perjalanan dari Yogyakarta hendak ke Malang melintasi ruas Jalan Tol Jombang-Mojokerto.

Sesampai di KM 695 Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang tiba-tiba bus yang melaju cukup kencang tiba-tiba oleng ke arah kanan dan kiri.

Pada hal ketika bus sedang oleh di jalur lambat ada truk N 9674 UH yang dikemudian Arif Yulianto (37) warga Lawang, Malang berjalan dengan stabil dan tenang.

Namun bus yang oleng itu semakin tidak terkendali lantaran sang pengemudi diduga mengantuk hingga bus yang belaju oleng itu kemudian menabrak bagian bak belakang truk.

Baca juga: Begini Kronologi Kecelakaan Bus Wisata Asal Gunung Kidul di Tol Jombang Mojokerto

Kerasnya tabrakan bus ke bak truk membuah bagian depan bus Bimorio hancur berkeping-keping, hingga menyebabkan kenek yang berada di bangku depan sisi kiri meninggal di tempat kejadian.

Begitu juga dengan seorang guru yang diperkirakan duduk di belakang sang kenek juga turun meninggal dunia di tempat kejadian akibat kerasnya benturan bus ke bak truk.

Jika dilihat dari kondisi kerusakan bus rata-rata penumpang yang mengalami luka barah adalah deretan penumpang yang duduk di bangku depan atau dereten belakang penemudi dan kenek.

Baca juga: Hendak Dikirim ke Malang Truk Paket Sicepat Terbakar di Tol Madiun-Solo

Seperti terlihat dalam foto-foto yang dingunggah petugas PJR Jatim kodisi depan truk ambyar praktis bagian kaca dan dan seluru raka depan sudah terlibat berlubang tidak ada yang tersisa.

"Bus oleng ke kiri hingga melaju di jalur kiri dan menabrak truk Mitsubishi bermuatan gerabah, terjadi benturan sangat keras," ujar Kanit 3 PJR Polda Jatim, AKP Yudiono seperti dilansir beritajatim.com, Rabu (22/5/2024).

Menurut Yudiono, bahkan posisi terakhir kendaraan bus menempel di bak truk di jalur lambat atau jalur kiri menghadap ke arah timur jalan tol, begitu juga dengan bagian depan bus hancur. **